pandito
Sep 12 2009, 01:43 AM
NB : Ini untuk orang - orang yang masih mempercayai cerita Roro Jonggrang, tp untuk yg udah gak percaya juga bole baca dink.
Siapa orang Indonesia yang tidak mengetahui candi Prambanan? Ya, hampir setiap orang yang menghuni Indonesia ini pasti mengetahui candi ini. Tentu saja candi Prambanan begitu terkenal karena candi ini merupakan salah satu candi Hindhu yang termegah dari berbagai candi yang ada di Indonesia. Selain kemegahannya itu candi ini memiliki beberapa daya tarik lain sehingga membuat candi ini begitu terkenal, antara lain adalah cerita Ramayana yang sering dipentaskan di sana dan tentu juga cerita Roro Jonggrang yang sering kita dengar saat kanak kanak dahulu.
Cerita Roro Jonggrang ini sungguh terkenal. Cerita ini mengisahkan tentang putri dari Ratu Boko yang bernama Roro Jonggrang yang ditaksir oleh seseorang bernama Bandung Bandawasa. Tetapi perasaan Roro Jonggrang tidak sama dengan Bandung Bandawasa, dia tidak mencintai Bandung Bandawasa. Untuk mengakali Bandung Bandawasa, Roro Jonggrang meminta 1000 candi dalam semalam baru setelah itu dia boleh menikahi Roro Jonggrang. Namun, usaha Bandung Bandawasa untuk membuat candi itu digagalkan oleh Roro Jonggrang saat candi hanya kurang satu. Kemudian sebagai pengganti candi yang kurang satu itu, Bandung Bandawasa mengutuk Roro Jonggrang menjadi candi. Dan sekarang patung wanita yang berada di dalam candi Siwa yang merupakan bagian candi Prambanan itu dikenal sebagai Roro Jonggrang.
Ternyata cerita Roro Jonggrang yang menarik kita ikuti saat kanak kanak dulu membuat kontroversi bagi rakyat Indonesia. Banyak orang mempertanyakan kebenaran dari cerita Roro Jonggrang. Banyak orang mempercayainya karena menurut mereka pada jaman dahulu memang orang ada yang memiliki kekuatan mistis seperti Bandung Bandawasa. Ditambah lagi mereka percaya bahwa orang jaman dahulu tidak mungkin bisa mengangkat batu batu yang digunakan untuk candi itu dan juga membangun candi semegah itu. Dan ada juga orang yang tidak percaya karena menganggap hal seperti itu tidak rasional. Cerita itu juga membuat rumor rumor yang aneh, seperti rumor bahwa kutukan Bandung Bandawasa itu masih ada dan membuat banyak wanita yang tinggal di daerah Prambanan menjadi perawan tua, dan juga rumor bahwa setiap berpacaran di Prambanan pasti nantinya akan putus. Lalu apakah peristiwa Roro Jonggrang itu benar benar ada pada jaman dahulu?

Jika kita teliti lebih lanjut cerita Roro Jonggrang ini tidak benar adanya, hal itu pertama dapat dilihat melalui prasasti Siwagrha yang diperkirakan dibuat pada tahun 856 dengan bahasa Sansekerta dan tulisan Jawa Kuno. Dalam terjemahan itu diceritakan pembangunan sebuah candi yang diduga candi Prambanan. Disana disebutkan bahwa candi ini sebenarnya mulai dibangun pada masa pemerintahan Rakai Pikatan dan dalam prasasti itu tidak diceritakan sama sekali kisah tentang Roro Jonggrang dan Bandung Bandawasa. Terjemahan prasasti ini juga tidak menyebutkan bahwa candi ini dibangun oleh makhluk halus. Bahkan dalam prasasti ini yang menyebutkan bahwa candi ini dibuat juga oleh para pengukur tanah. Tentu sangat tidak mungkin makhluk halus bekerjasama dengan pengukur tanah untuk membangun candi ini.
Jika dengan bukti dari prasasti saja mungkin belum cukup. Karena kebenaran dari terjemahan itu belum pasti benar bukan? Sekarang bagaimana jika kita teliti kebenaran patung wanita yang berada di candi Siwa Prambanan. Benarkah patung itu patung Roro Jonggrang?
Ternyata setelah dibandingkan dengan patung wanita yang berada di Singasari patung ini memiliki banyak sekali kesamaan. Apalagi patung itu terlihat berdiri di atas kerbau sambil menggenggam suatu makhluk, gambaran patung itu sama sekali tidak ada hubungannya dengan cerita Roro Jonggrang. Tentu saja, karena patung itu ternyata bukan Roro Jonggrang. Patung itu adalah patung Dewi Durga, salah satu dewa yang disembah oleh umat Hindhu pada saat itu.

Dewi Durga adalah dewa yang konon adalah istri dari dewa Siwa. Dewi Durga dianggap oleh umat Hindhu saat itu sebagai dewa kemenangan. Menurut mereka Dewi Durga adalah jelmaan dewa yang diserahi senjata dari dewa dewa lain untuk mengalahkan para asura(raksasa) yang dapat menjelma menjadi apapun dan menyerang khayangan. Hal itu tampak dari patung wanita yang berada di Prambanan dan Singosari yang memegang banyak senjata yang mirip dengan senjata dewa dewa lain dan sedang berdiri di atas asura yang menyamar menjadi kerbau dan juga memegang roh asura yang sedang keluar dari kerbau itu.
Hal ini tentu semakin membuktikan bahwa cerita Roro Jonggrang itu tidak benar benar ada. Rumor rumor yang ada saat ini mungkin juga sebenarnya tidak ada. Rumor rumor itu mungkin hanya dibuat buat oleh manusia. Dan ternyata rumor kutukan itu tidak benar. Banyak juga orang telah berpacaran di Prambanan namun hubungannya tetap baik bahkan ada juga yang sudah menikah dan mempunyai anak sampai sekarang.
Jadi kesimpulannya cerita Roro Jonggrang itu sebenarnya tidak ada. Hendaknya cerita Roro Jonggrang ini dipercaya sebatas dongeng saja. Tidak perlu percaya sampai keterlaluan dan mempercayai rumor yang ada. Itu hanya membuat pikiran penuh saja dan membuat ketidaknyaman dalam bertindak.*danzon.wordpress.com
lurahpetir
Sep 12 2009, 11:31 AM
saya kira banyak orang juga sudah tau. hanya saya kira anda memilih judul terlalu offence gt. 'KEPALSUAN" kayanya tll offence deh
ridwanx
Sep 12 2009, 12:29 PM

hmmm... ternyata begitu yah....
tapi kira2 ada gak penggalan kesaksian dari org sekitarnya bhw 1000 kurang 1 candi ini kisahnya sudah diceritakan turun-
temurun dari moyangnya? lagian kisah yg diceritakan di relief candi2 itu ttg apa ya? maklum blon pernah kesana.
kecu98
Sep 13 2009, 10:05 PM
Sebetulnya cerita Roro Jonggrang hanyalah mitos belaka
Sebagai Tambahan aja ......
Arca perempuan yang ada di Candi Prambanan dan Candi Singhasari Namaya dalah Dewi Durga Mahisasuramahardini
Durga dalam perwujudan ini memiliki 8 buah tangan yang masing-masing memegang pusaka tertentu atau Mudra (sikap tangan) tertentu
Thanks bro
masguruh
Sep 16 2009, 09:31 PM
yg pertama kali nyebarin kisah roro jonggrang itu kira2 siapa ya bro..???
Buildingbridges
Sep 16 2009, 10:23 PM
Thanx atas infonya bro, dari segi sejarah amat menarik...
vitto corleone
Sep 17 2009, 01:21 PM
ya semua juga tahu lah klo roro jonggrang itu cuma cerita legenda ,sama halnya tentang legenda tangkuban perahu , masa kita mo percaya klo gunung itu muncul karena perahu yg ditendang sangkuriang....???
btw , cerita roro jonggrang dan sangkuriang memang setype kan......
jumai
Sep 17 2009, 02:08 PM
tamk's bro...........bagi kami yang bukan orang jawa belum mengetahui kebenaran itu.
jamin
Sep 17 2009, 04:23 PM
mungkin hampir sama peradabannya brow, jadi banyak kemiripannya gitu deh
IZRO'IL
Sep 17 2009, 08:59 PM
namanya jg legenda, dah ga aneh tu bro.. sebenrnya dg adanya candi seperti Prambanan atau Borobudur membuktikan kalo orang2 indonesia memiliki kemampuan yg hebat. candi2 tersebut jelas teknologi yg sangat mutakhir di jamannya.
san_andreas
Sep 19 2009, 02:26 PM
roro jongrang adalah karangan dari belanda agar anak cucu orang indonesia tidak mengetahui asal mula candi prambanan yang sesungguhnya, itu kata petugas museum di prambanan, dan masih banyak benda peninggalan candi yang sekarang berada di belanda
corpionman
Sep 19 2009, 08:05 PM
namanya juga legenda bro, tapi judulnya yang pakai kata2 "kepalsuan" kayaknya terlalu kasar bro...apapun itu nikmatilah sebagai kekayaan budaya indonesia tercinta ini...
peace all
samael
Sep 19 2009, 08:14 PM
wah mas..... jangan campur adukkan mitos dengan sejarah donk......
mukelo7
Sep 21 2009, 11:46 PM
nice info..namanya juga legenda masyarakat..justru itu memperkaya khasanah budaya indonesia
financebbs
Sep 22 2009, 10:27 AM
Thanks om, ya tau sendiri kan namanya juga manipulasi sejarah, hehehe
cend4n4
Sep 23 2009, 08:44 AM
Setuju. Judul topik ini terlalu berlebihan.
Dan cerita/mitos seperti ini masa lw percaya? Beda dengan sejarah yang memang ada bukti peninggalan maupun saksi.
Ini dongeng anak2 yang didongengin orang2 tua dulu.
Bukan sejarah.
ramera
Sep 25 2009, 09:13 AM
Thx sob, mungkin masih banyak lagi yg d rekayasa..
radityz
Sep 25 2009, 09:14 AM
keren bos , baru tahu saya...
thx
sondol
Sep 26 2009, 08:00 PM
Indonesia memang kaya akan seni, salah satunya adalah legenda/cerita rakyat.
Legenda bukanlah sejarah. Ia lahir karena adanya fenomena alam
atau sesuatu yang menakjubkan.
Kalo ditanya siapa yang ngarang.....yah susah juga.
Itu kan masuk cerita rakyat, yang ga jelas asal usulnya.
Tapi dari semua cerita rakyat pasti tersirat sebuah pesan/nilai.
Mungkin orang tua dulu kalo nasehatin anaknya lebih suka dan lebih ngena (bahasa apa neeh

)
kalo menggunakan dongeng.
Itu seeh menurut gw.
ogaokan
Sep 26 2009, 10:52 PM
oalahhhhhhhhhhhhhh.........
ngoten to...........
phayne_x
Sep 27 2009, 04:23 AM
saya pernah dengar cerita ttg patung itu dari teman saya di jogjakarta,dia bilang patung itu adlh patung roro jongrang yg di jelmakan spt dewi durga,krn pada masa itu para putra-putri raja sering di anggap sebagai jelmaan dewa atau dewi dlm agama hindu,jd bagi saya bukan hal yang aneh jk arca roro jongggrang ber "pose" sama dengan arce dewi durga,dan mslh prasasti itu sdh jelas2 TS sebutkan bahwa msh belum pasti isinya tentang pembuatan candi prambanan kan jd cerita pramabanan msh tetap jadi mitos bkn kepalsuan (tentu beda makna) menurut saya mitos itu sejarah yang bercampur dongeng (maybe)
nice_peeniz
Sep 29 2009, 09:59 AM
QUOTE (masguruh @ Sep 16 2009, 09:31 PM)

yg pertama kali nyebarin kisah roro jonggrang itu kira2 siapa ya bro..???
mungkin orang mabuk yg sok tau mencritakan crita ini kpada temennya yg mabok juga, lalu temennya yg mabok mncritakan crita ini k temennya lain yg mabok juga... dst..
gex_ayu
Sep 29 2009, 03:25 PM
ya cukup rational juga critanya...jadi mending diem aja...soalnya kalo mesti taw itu..tanya dengan kekuatan penembus waktu kale ya......
sama dengan kisah YOKO, tiobuki..di jaman cina,,,tidak ada tercatata dalam sejarah tentang keikut sertaan mereka tetapi..dia ada id masyarakat.......
kejayaan suatu bangsa pasti yg tercatat di sejarah adalah......pemimmpin saja..bukan prajurit
Persaten
Oct 2 2009, 03:55 PM
Tentu saja cerita Loro Jonggrang itu ASLI adanya.
Tapi cerita itu memang sebenarnya cuma sekedar cerita symbol, bukan kejadian sebenarnya. Ingat, budaya asli leluhur Nusantara ialah budaya simbol, bukan budaya lisan atau rasionalitas belaka. Disebutkan candi Prambanan adalah hasil karya Bandung Bondowoso, yang berarti Bandung : Usaha dan Bondowoso : keras/besar. Jadi Candi Prambanan dibangun oleh suatu usaha yang besar dan kuat, kalo jaman sekarang istilahnya Mega-Proyek.
kaiser_phoenix
Oct 2 2009, 04:40 PM
berarti yang namanya Bandung bondowoso yang memenuhi syarat Roro Jonggrang untuk membuat 1000 candi dalam satu malam juga ga ada? berarti candi prambanan itu dibangun oleh siapa? mohon pencerahannya bro
big n long
Oct 5 2009, 08:46 AM
Nama Bandung Bondowoso belum dapat dibuktikan keberadaannya jadi kemungkinan adalah seorang tokoh fiktif, sama seperti Gunadharma yang konon adalah arsitek dari Candi Borobudur.
Jangan melihat cerita Roro Jonggrang sebagai usaha untuk membohongi rakyat, pandanglah dia sebagai legenda yang memperkaya khasanah budaya Indonesia.
Kalau ingin membaca sekilas mengenai isi prasasti Siwagrha ataupun Rakai Pikatan, bro2 semua bisa membaca Sejarah Nasional Indonesia Jilid II karangan Marwati Djoened dkk. Buku ini adalah salah satu buku rujukan dalam penulisan sejarah Indonesia.
pongge
Oct 6 2009, 12:25 AM
wong jelas jelas dongeng kok masih dibilang palsu,....?????
kan sama spt "damarwulan","brama kumbara",dkk.
fahliga
Oct 8 2009, 08:45 AM
mantep boz.....
baru tau nih....
ogodoto
Oct 12 2009, 05:07 AM
Kalau orang orang sakti yang di jaman relatif lebih modern (di jaman kolonial nih misalnya) berubah jadi gaban eh salah jadi meriam, tombak keris gitu gimana yah bro? Ada yang pernah dengar?
lesex
Oct 19 2009, 01:03 AM
itung2 wat cerita sebelom tidur lah.....
paijo84
Oct 20 2009, 04:40 AM
manteb gan infonya
alunk
Oct 22 2009, 04:05 PM
apa karena masyarakat Indonesia menyukai mimpi? saatnya kita meluruskan cerita agar generasi muda kita tidak dicekoki oleh cerita² yang membodohi...
rockrider13
Oct 26 2009, 10:13 PM
apa salahnya dengan legenda, tidak ada maksud untuk membodohi koq
dengan adanya legenda ini malah kita bisa menikmati keindahan candi prambanan karena legenda ini melekat dengan candi prambanan itu sendiri.
soal sejarahnya ya itu dari sisi keilmuan ya, sedangkan legenda adalah budaya
badass77
Oct 27 2009, 08:32 AM
TSnya locak nich.., anak tetangga gue yang baru SD kelas 1 juga tau kalo kisah Roro Jonggrang itu cuman mitos.., itu cuman hikayat aja dulss...
blackspidy
Oct 29 2009, 12:18 PM
QUOTE (san_andreas @ Sep 19 2009, 03:26 PM)

roro jongrang adalah karangan dari belanda agar anak cucu orang indonesia tidak mengetahui asal mula candi prambanan yang sesungguhnya, itu kata petugas museum di prambanan, dan masih banyak benda peninggalan candi yang sekarang berada di belanda
setuju bro ... kalo pengen tau banyak bukti-bukti sejarah kerajaan indonesia semua ada di museum belanda. Tapi mungkin ceritanya sudah diputar balikan.
aeni
Nov 6 2009, 11:03 PM
setelah saya baca dari awal, saya lihat ini hanya dugaan saja bahwa prasasti Siwagrha itu diceritakan pembangunan sebuah candi yang diduga candi Prambanan. Memang betul seperti @TS cerita ini hanya dongeng saja, karena selama ini seingat saya tidak pernah ada cerita ini dalam pelajaran/kuliah sejarah.
Tapi yang saya sangat kecewa dengan @TS, menurut saya sudah judulnya terlalu kasar @TS juga tidak bisa memberikan penjelasan buat yang masih bingung...... bukan hanya di thread ini saja tapi juga kebanyakan thread yang dibuat hanya cuma posting, terus kayak ga di cek lagi apa ada orang yang masih bingung tanya atau gimana.......
Saran saya buat @TS kalo mau buat thread apalagi sejarah, setidaknya dicek lagi apa ada yang bingung dan bertanya. Jadi tidak asal copas terus ditaruh di room sejarah, tanpa ada dukungan bukti yang cukup.
terakhir, permintaan maaf kalo ada perkataan saya menyinggung.
loginku
Nov 8 2009, 03:21 AM
walau udah tau itu legenda..tapi nice info..apalagi pake bukti2
boppy
Nov 8 2009, 12:50 PM
Candi??? Tahun berapa ni bro???

Peace aja dah..
SUNLE
Nov 8 2009, 10:24 PM
sebuah legenda biarla jadi cerita penyerta, bener salahnya gak masalah...
kalo ada fakta baru kan lebih bagus, bukan berarti menghilangkan legenda
jadimafia
Nov 9 2009, 01:58 AM
hmmm..gw baru tau nih justru..
lion.heart
Nov 12 2009, 03:37 PM
aku rasa memang bukan prambanan, but Candi sewu yang letaknya di utara prambanan
PuJaNggA90m
Nov 12 2009, 08:05 PM
Cerita Roro Jonggrang pernah denger se dulu zamannya masih kanak2...lupa sekali ( jadi no comment de )
phunix
Nov 17 2009, 01:03 PM
namanya juga cerita rakyat kk
ya buktinya pun hanya dari mulut ke mulut
kita sendiri tidak pernah tahu kebenarannya
maha dewa
Nov 17 2009, 01:15 PM
namanya jg cerita masa kecil yg blm tau kebenarannya
eifeldoang
Nov 18 2009, 12:41 PM
...stiap daerah pasti mempunyai cerita rakyat,atau dongeng yang berkembang di daerahnya.
Begitu juga roro jonggrang,adalah sebuah cerita rakyat jawa,mwnambah kaya suatu daerah akan kebudayaannya,jadi jangan terlalu berlebihan dalam menaggapi dongeng tersebut....
Miss Angel
Nov 18 2009, 10:41 PM
Ooo...............gitu ya!
Gw br tau, waktu sekolah dulu gw g pernah dengerin guru sejarah!
This is a "lo-fi" version of our main content. To view the full version with more information, formatting and images, please
click here.