apabisa
May 26 2007, 08:07 PM
Yunani memiliki kesinambungan sejarah lebih dari 5,000 tahun. Bangsanya, disebut Hellenes, setelah mendiami sebagian besar dari daerah Laut Hitam (Efxinos Pontos) dan Laut Tengah menjelajah daerah sekitarnya, menyusun negara bagiannya, membuat perjanjian-perjanjian komersil, dan menjelajah dunia luar, mulai dari Caucasus sampai Atlantic dan dari Skandinavia samapi ke Ethiopia. Sebuah expedisi terkenal dari gabungan daerah-daerah maritim Yunani ( Danaë atau penduduk laut ) mengepung Troy seperti dinarasikan didalam sebuah karya sastra Eropa besar pertama, Homer's Iliad. Bermacam-macam penduduk Yunani ditemukan sepanjang Laut Tengah, Asia Kecil, Laut Adriatik, Laut Hitam dan pantai Afrika Utara akibat dari penjelajahan untuk mencari tempat dan daerah komersil baru.
Selama periode Kalsik (Abad ke 5 S.M.), Yunani terdiri dari daerah-daerah bagian kecil dan besar dalam bermacam-macam bentuk internasional (sederhana, federasi, federal, konfederasi) dan bentuk-bentuk internal (kekerajaan, tirani, oligarkhi, demokrasi konstitusional, dan lain-lain) yang paling terkenal ialah Athena, diikuti oleh Sparta dan Thebes. Sebuah semangat kebebasan dan kasih yang membara membuat bangsa Yunani dapat mengalahkan bangsa Persia, adikuasa pada saat itu, didalam peperangan yang terkenal dalam sejarah kemanusiaan- Marathon, Termopylae, Salamis dan Plataea.
Pada paruh kedua abad ke 4 S.M., banyak daerah-daerah bagian di Yunani membentuk sebuah Aliansi (Cœnon of Corinth) yang dipimpin oleh Alexander Agung sebagai Presiden dan Panglima (Kaisar) dari Aliansi, Raja dari Macedonia ("Yunani takabara" dalam bahasa persia kuno) menyatakan perang dengan Persia, membebaskan saudara-saudara mereka yang terjajah, Ionian, dan menguasai daerah-daerah yang diketahui selanjutnya. Menghasilkan sebuah masyarakat yang berkebudayaan Yunani mulai dari India Utara sampai Laut Tengah barat dan dari Rusia Selatan sampai Sudan.
Pada tahun 146 S.M., Aliansi diatas jatuh ke bangsa Romawi. Pada tahun 330, ibukota negara bagian Romawi berdiri didaerah baru, Roma Baru atau Konstantinopel, sebuah bentuk popular, sebuah nama untuk memperingati Kaisar Romawi, pada saat itu, Konstantin Khloros (Konstantin Agung). Para ahli sejarah sejak abad ke 19 lebih memilih, untuk alasan referensi, menamakan periode terakhir sebagai Bizantium dengan tujuan untuk membedakan 2203 tahun wilayah Romawi menjadi dua periode. Selama periode kedua dunia budaya Yunani klasik dari Yunani Kuno berubah menjadi dunia modern masyarakat barat dan kristen. Kata Bizantium diambil dari wilayah yang sudah ada sebelumnya (Bizantium, dengan Megara sebagai Metropolis) dimana ibukota baru berada, Konstantinopel.
Setelah ibukota dan wilayah jatuh ketangan Turki pada tahun 1453, bangsa Yunani berada dibawah kekuasaan Ottoman hampir selama 400 tahun. Selama masa ini bahasa mereka, agama mereka dan rasa identitas diri tetap kuat, yang menghasilkan banyak revolusi untuk kemerdekaan meskipun gagal.
Pada tanggal 25 Maret 1821, bangsa Yunani memberontak kembali, kali ini berhasil, dan pada tahun 1828, mereka mendapatkan kemerdekaannya. Sebagai sebuah negara baru yang hanya terdiri dari sebagian kecil dari negara modern mereka, perjuangan untuk membebaskan seluruh daerah yang dihuni oleh bangsa Yunani berlanjut. Pada tahun 1864, kepulauan Ionian disatukan dengan Yunani; tahun 1881 sebagian dari Epirus dan Thessaly. Crete, Kepulauan Aegean Timur dan Macedonian ditambahkan pada tahun 1913 dan Thrace Barat tahun 1919. Setelah Perang Dunia II kepulauan Dodecanese juga dikembalikan ke Yunani.
Saat ini, Yunani merupakan negara anggota Uni Eropa (1981) dan sistem moneter-keuangan-ekonomi Euro.
Sir Bilungakoe
May 27 2007, 11:34 AM
Yunani sebagai kerajaan sudah lama berlalu
Tetapi Yunani sebagai budaya .... ADALAH PENGUASA DUNIA SAAT INI.
Kerajaan Yunani Alexander menanamkan budaya lewat Helenisme dan perkawinan antar bangsa di antara prajuritnya dengan perempuan setempat.
Kerajaan Romawi melanjutkan budaya Yunani tetapi melembagakannya dalam pemerintahan, militer dan politik.
Romawi menghasilkan kerajaan-kerajaan Eropa dan kerajaan gereja Vatikan.
Sekarang Uni Eropa bersatu lagi ... dan kekuatan Vatikan juga luar biasa.
Jadi Yunani adalah pemenang dalam pertarungan GEOPOLITIK internasional.
yastari
Jun 10 2007, 03:12 AM
Pagan MESIR dan Pagan Yahudi adalah penguasa Dunia. Cari bukti-buktinya bosss...
Allelujah Haptism
Jun 10 2007, 09:34 AM
QUOTE
Pagan MESIR dan Pagan Yahudi adalah penguasa Dunia. Cari bukti-buktinya bosss...
maksud LO

ngomong yang jelas donk
yastari
Jun 10 2007, 11:52 AM
Ada yang namanya Biarawan Zion-Ksatria Templar-Fremasonry-Yahudi Internasional. Semuanya bisa terungkap dari The Da Vinci Code. Mereka inilah yang menggenggam dunia.
Cuma aliansi mereka inilah yang saat ini benar-benar kuat. Wilayah USA adalah dalam genggaman mereka.
yastari
Jun 10 2007, 11:54 AM
Leonardo Da Vinci adalah salah satu dari Grandmaster mereka.
Sir Bilungakoe
Jun 10 2007, 06:55 PM
@yastari : Tapi Da Vinci Code adalah murni FIKSI

Jadi jangan dihubung-hubungkan dong .....
Kalau dari sejarah justru kaum Yahudi itu sering diserbu oleh ksatria-ksatria perang salib ... termasuk ksatria templar. Lalu gak ada hubungannya juga dengan Masonry (kecuali kalau mereka bisnis kali

). Masonry sendiri banyak menyusup ke dalam gereja.
Jadi FIKSI = KENYATAAN ... hati-hati ambil keputusan kalau baca fiksi
Heil Cяew
Jun 10 2007, 11:06 PM
yastari suka ngga jelas nih orangnya...

ini sejarah bro... kalo ngambil kutipan yang jelas dong..
semua sejarah itu berdasarkan fakta.. bukan fiksi!
yastari
Jun 12 2007, 07:36 PM
QUOTE
@yastari : Tapi Da Vinci Code adalah murni FIKSI Jadi jangan dihubung-hubungkan dong .....
Kalau dari sejarah justru kaum Yahudi itu sering diserbu oleh ksatria-ksatria perang salib ... termasuk ksatria templar. Lalu gak ada hubungannya juga dengan Masonry (kecuali kalau mereka bisnis kali ). Masonry sendiri banyak menyusup ke dalam gereja.
Jadi FIKSI = KENYATAAN ... hati-hati ambil keputusan kalau baca fiksi
QUOTE
yastari suka ngga jelas nih orangnya...
ini sejarah bro... kalo ngambil kutipan yang jelas dong.. semua sejarah itu berdasarkan fakta.. bukan fiksi!
Gini lho mas-mas...Sejarah yang ditulis sebagai SEJARAH, sebagai sekumpulan info utuh itu lebih banyak kacaunya sebab hanya menuliskan fakta-fakta kejadian yang kering disertai tanggal2 dan nama-nama. Tapi lebih banyak hal, dibalik kejadian dan nama2 itu yang tidak terungkap. Sejarah kan tidak berhenti, selalu dan perlu dicatat kembali dengan munculnya fakta-fakta baru. Ksatria Templar itu orang2 Yahudi, mereka masuk ke Gereja Vatikan buat menguasai dan mendorong perang Salib. Sebab di Jerussalem adalah tanah tujuan dan tersimpan harta karun (tidak selalu berarti materi).
Ada namanya Dossier Secret (Dokumen Rahasia) yang ada di perpustakaan di Perancis yang mengungkap kegiatan Biarawan Zion dan Ksatria Templar.
Pada Periode Paus John XXIII di Vatikan berkuasa Grandmaster Biarawan Zion juga sedang bergelar John XXIII padahal masa pengangkatan mereka lebih dulu si Grandmaster Biarawan Zion. Berarti si Paus John XXIII inilah yang ikut2an memakai gelar tersebut. Dan ini aneh, sebab tidak ada kamusnya seorang Paus memakai gelar John sebelumnya.
Nah kalo Vatikan saja dikuasai, apalagi negara yang cuma sebatas wilayah dan kepentingan2 ekonomi di dalamnya. Pemilik utama Federal Reserve Bank di Amerika itu Yahudi semua. Nah Amerika ini hutang semua pada Federal Reserve Bank (liat sejarah berdirinya Federal Reserve Bank). Liat juga logo2 di dalam mata uang US$ 1 . Kita tahu Dollar adalah mata uang paling signifikan di dunia.
Soal Yunani, no comment lah, sebab buatku sejarah Yunani itu dikemukakan dan dibukukan semata-mata sebab letaknya di Eropa dan segala perjalanan keemasaannya steril dari wilayah2 lain. Di Afrika ada Mesir, Di Asia ada Babylonia, India, China.....Aku meragukan kebudayaan Yunani lebih tinggi dari mereka.
eoshicute
Jun 20 2007, 01:09 AM
@yastari
sorry ya bro

tapi pernyataan2 yang loe tulis kayaknya gara2 kebanyakan baca novel deh

QUOTE
Gini lho mas-mas...Sejarah yang ditulis sebagai SEJARAH, sebagai sekumpulan info utuh itu lebih banyak kacaunya sebab hanya menuliskan fakta-fakta kejadian yang kering disertai tanggal2 dan nama-nama.
loe tau dari mana banyak kacaunya ??mana buktinya ?? gwa jauh lebih mempercayai sejarah yang ditulis, karena minimalnya mereka bisa memberikan bukti bukti yang bisa mmbuat gwa percaya, sementara pernyataan loe cenderung kearah pernyataan tanpa bukti yang bisa dipercaya
shusaku
Jun 20 2007, 08:54 AM
iya tuh emang tuh orang suka ngomongnya ngawur, waktu omongin sejarah jepang dulu juga ga karuan aja
Sir Bilungakoe
Jun 20 2007, 02:41 PM

@Yastari ... Novelnya ditaruh dulu dong ... terus minimal baca Wikipedia deh ... atau buku sejarah umum biar gak kena gerutuan berkepanjangan
kaythree
Jun 25 2007, 10:50 AM
wew... pada berdebat tentang pengaruh geopolitik ya?
Kalo menurut gw sih yang paling the best pengaruh geopolitiknya orang INdonesia, terutama kerajaan Majapahit..dengan Mahapatih Gajahmada dan Sultan Hayam Wuruknya. Sampai Filipina and Asia Tenggara.. boo

ORang Indonesia juga banyak di Madagaskar (gara2 dijadiin budak sama Belanda) hehehehe, keren ga tuh...
MAJU INDONESIA
elgordo_77
Jun 28 2007, 12:03 AM
Wa wa wa..
untung masih baca da vinci code ya?
dari pada saya kalo ngomongin yunani ya inget nya anime Saint Seiya...

Ya sejarah tu tergantung dari rezim yang berkuasa sih..jd ada sebagian hal yang kadang tampak "abu-abu"..
drve_ch
Dec 15 2007, 02:02 AM
wahh peace damai euyyy
Satria ZX
Dec 23 2007, 01:32 AM
QUOTE(elgordo_77 @ Jun 28 2007, 12:03 AM) [snapback]475809[/snapback]
Wa wa wa..
untung masih baca da vinci code ya?
dari pada saya kalo ngomongin yunani ya inget nya anime Saint Seiya...

Ya sejarah tu tergantung dari rezim yang berkuasa sih..jd ada sebagian hal yang kadang tampak "abu-abu"..
nah yg ini ane sutuju
sejarah itu emang banyak yg bisa dimanipulasi untuk kepentingan tertentu suatu kelompok. meskipun gw ga banyak bisa memberikan conto secara konkret, kita berkaca aja sama kejadian G 30 S/PKI & SUPERSEMAR.
sejarah Yunani mungkin banyak berhubungan sama Atlantis.
apabisa
Jan 1 2008, 10:38 PM
[/quote]
Soal Yunani, no comment lah, sebab buatku sejarah Yunani itu dikemukakan dan dibukukan semata-mata sebab letaknya di Eropa dan segala perjalanan keemasaannya steril dari wilayah2 lain. Di Afrika ada Mesir, Di Asia ada Babylonia, India, China.....Aku meragukan kebudayaan Yunani lebih tinggi dari mereka.
[/quote]
meragukan dalam hal apa??? pakar sejarah aja... ngomongnya ga gitu....
Eber
Apr 20 2008, 08:09 AM
Saya coba kembali ke topik ya.
Hal yang saya ketahui tentang Yunani:
Yunani merupakan salah satu pionir pendidikan terbuka untuk semua kelas masyarakat. Seiring dengan waktu, mereka mengalami kemunduran dan kebanyakan hasil kemajuan pemikiran mereka diadopsi oleh Romawi. Namun ketika Eropa memasuki Dark Age, kemajuan-kemajuan ini seolah hilang tidak berbekas sampai akhirnya buku-buku yang menunjukkan kemajuan pemikiran Yunani "digali" dan diterapkan oleh kebudayaan Islam. Maka lahirlah sistem edukasi yang luar biasa teraturnya di berbagai wilayah yang dikuasai Islam. Prinsip-prinsip eksperimen dikembangkan dan universitas-universitas mereka menjadi tujuan utama. Di masa Renaissance, Eropa menyadari ketertinggalan mereka dari dunia Islam. Mereka pun mulai bersemangat dengan menganggap bahwa kemajuan Yunani adalah kemajuan nenek moyang mereka dahulu. Mereka pun memulai kembali "penggalian" mereka pada buku-buku Yunani dan banyak mengadopsi kemajuan-kemajuan dunia Islam. Ketika dunia Islam juga mulai tenggelam, mereka menjadi pengusung baru kemajuan Yunani ini. Universitas yang mereka buat semakin banyak dan tersebar hingga sekarang ini.
woolgatherer
Apr 20 2008, 11:16 AM
nice post bro
baliant
Apr 21 2008, 03:38 PM
QUOTE (elgordo_77 @ Jun 28 2007, 12:03 AM)

Wa wa wa..
untung masih baca da vinci code ya?
dari pada saya kalo ngomongin yunani ya inget nya anime Saint Seiya...

Ya sejarah tu tergantung dari rezim yang berkuasa sih..jd ada sebagian hal yang kadang tampak "abu-abu"..
ane setuju kalo ngomongin yunani gau ingat
jagoan ane saint seiya dan kawan" perjuangan nya hebat banget
SAINT SEIYA (kuda pegasus)
SAINT RYU (Naga dari jepang)
SAINT YOGA (Bebek apa angsa ya dari siberia)
SAINT ANDROMEDA (termasuk galaksi)
DAN SAINT PHONIX (yang ini jagoan ane manusia sakti burung ...... ...... phonix)
-CaLsOniX-
Jun 10 2008, 06:49 AM
boleh bro sejarahnya, tapi kenapa gw lebih tertarik pd mitos dewa"nya yah, mungkin gara" keren dan heroik kali yah..
Arphexad
Jun 10 2008, 11:05 AM
Yunani memang terlihat sangat maju dibanding dengan bangsa2 lain pada zamannya (sekitar abad 1 SM). Tetapi mereka masih memiliki banyak kekurangan. Salah satunya mereka adalah orang-orang rasis. Diskriminasi terhadap suku bangsa non-Yunani sangat sering terjadi di negara-negara kota yang mereka miliki (mungkin ini yang menyebabkan sebagian orang eropa zaman sekarang banyak juga yang rasis walau mereka menganut demokrasi dan persamaan, beda dengan kita orang timur yang mayoritas memiliki toleransi tinggi).
Namun, semangat rasisme mereka sedikit menurun ketika Alexander the Great dari Makedonia menaklukkan berbagai peradaban dunia. Alexander mulai menyebarkan nilai-nilai kesetaraan antar suku dan bangsa.
yukiohduelz
Jun 22 2008, 04:28 PM
QUOTE (Sir Bilungakoe @ May 27 2007, 11:34 AM)

Yunani sebagai kerajaan sudah lama berlalu
Tetapi Yunani sebagai budaya .... ADALAH PENGUASA DUNIA SAAT INI.
Kerajaan Yunani Alexander menanamkan budaya lewat Helenisme dan perkawinan antar bangsa di antara prajuritnya dengan perempuan setempat.
Kerajaan Romawi melanjutkan budaya Yunani tetapi melembagakannya dalam pemerintahan, militer dan politik.
Romawi menghasilkan kerajaan-kerajaan Eropa dan kerajaan gereja Vatikan.
Sekarang Uni Eropa bersatu lagi ... dan kekuatan Vatikan juga luar biasa.
Jadi Yunani adalah pemenang dalam pertarungan GEOPOLITIK internasional.

secara gak langsung sich kaya gitu.
hehehhehe
shiwa
Aug 29 2008, 03:48 PM
ceritakan tentang spartan juga donk kk...!
FREAK
Aug 30 2008, 12:50 PM
hmmm...
gw cuman tertarik ma si Achilles...
apa bener si 'clone' nya HERACLES ini matinya karena kena panah tumit nye. .. ?!
kevin.88
Aug 6 2009, 12:58 PM
bro tanya kalo soal negara Athena dan Sparta itu apa merupakan bagian jg dari sejarah Yunani?
kesetrum
Aug 7 2009, 02:06 PM
QUOTE (yastari @ Jun 12 2007, 07:36 PM)

Soal Yunani, no comment lah, sebab buatku sejarah Yunani itu dikemukakan dan dibukukan semata-mata sebab letaknya di Eropa dan segala perjalanan keemasaannya steril dari wilayah2 lain. Di Afrika ada Mesir, Di Asia ada Babylonia, India, China.....Aku meragukan kebudayaan Yunani lebih tinggi dari mereka.
gw juga sependapat dengan hal ini

di mesir ada piramid dan sphinx
di babylonia ada tugu hukum hammurabi dan taman gantung.
di china ada great wall dan kebudayaannya masih bertahan sampe skarang
di amerika ada aztec dgn perhitungan astronominya.
di yunani ada juga, tp banyak yg hancur krn negara ini sering di landa gempa.
dll
tp kalo soal sistem pemerintahan yunani adalah rajanya dan soal kemiliteran ada romawi.
ridwanx
Aug 7 2009, 04:12 PM
QUOTE (yastari @ Jun 12 2007, 07:36 PM)

QUOTE
@yastari : Tapi Da Vinci Code adalah murni FIKSI Jadi jangan dihubung-hubungkan dong .....
Kalau dari sejarah justru kaum Yahudi itu sering diserbu oleh ksatria-ksatria perang salib ... termasuk ksatria templar. Lalu gak ada hubungannya juga dengan Masonry (kecuali kalau mereka bisnis kali ). Masonry sendiri banyak menyusup ke dalam gereja.
Jadi FIKSI = KENYATAAN ... hati-hati ambil keputusan kalau baca fiksi
QUOTE
yastari suka ngga jelas nih orangnya...
ini sejarah bro... kalo ngambil kutipan yang jelas dong.. semua sejarah itu berdasarkan fakta.. bukan fiksi!
Gini lho mas-mas...Sejarah yang ditulis sebagai SEJARAH, sebagai sekumpulan info utuh itu lebih banyak kacaunya sebab hanya menuliskan fakta-fakta kejadian yang kering disertai tanggal2 dan nama-nama. Tapi lebih banyak hal, dibalik kejadian dan nama2 itu yang tidak terungkap. Sejarah kan tidak berhenti, selalu dan perlu dicatat kembali dengan munculnya fakta-fakta baru. Ksatria Templar itu orang2 Yahudi, mereka masuk ke Gereja Vatikan buat menguasai dan mendorong perang Salib. Sebab di Jerussalem adalah tanah tujuan dan tersimpan harta karun (tidak selalu berarti materi).
Ada namanya Dossier Secret (Dokumen Rahasia) yang ada di perpustakaan di Perancis yang mengungkap kegiatan Biarawan Zion dan Ksatria Templar.
Pada Periode Paus John XXIII di Vatikan berkuasa Grandmaster Biarawan Zion juga sedang bergelar John XXIII padahal masa pengangkatan mereka lebih dulu si Grandmaster Biarawan Zion. Berarti si Paus John XXIII inilah yang ikut2an memakai gelar tersebut. Dan ini aneh, sebab tidak ada kamusnya seorang Paus memakai gelar John sebelumnya.
Nah kalo Vatikan saja dikuasai, apalagi negara yang cuma sebatas wilayah dan kepentingan2 ekonomi di dalamnya. Pemilik utama Federal Reserve Bank di Amerika itu Yahudi semua. Nah Amerika ini hutang semua pada Federal Reserve Bank (liat sejarah berdirinya Federal Reserve Bank). Liat juga logo2 di dalam mata uang US$ 1 . Kita tahu Dollar adalah mata uang paling signifikan di dunia.
Soal Yunani, no comment lah, sebab buatku sejarah Yunani itu dikemukakan dan dibukukan semata-mata sebab letaknya di Eropa dan segala perjalanan keemasaannya steril dari wilayah2 lain. Di Afrika ada Mesir, Di Asia ada Babylonia, India, China.....Aku meragukan kebudayaan Yunani lebih tinggi dari mereka.
Hari gini masih telan novel fiksi???? ini sejarah bunk...
emangnya tulisan JRR Tolkien bisa dijadiin asal usul sejarah manusia?
mamas_angel
Aug 11 2009, 08:49 PM
terlebihh
dan ternyata negara yunani paling banyak melakukan "hubungan"
setiap minggunya
mantappp
ternyata benar" dewa pekerja
heheh
Denke14
Oct 21 2009, 05:28 PM
Yunani memang banyak melahirkan tokoh2 hebat di berbagai bidang.
donigilbert
Oct 28 2009, 09:32 AM
nice thread bro...
buat org2 bs diskusi...
hahaha...
LAUT TANAH
Oct 31 2009, 02:09 PM
yang ng ngertix...dalam perjalanan waktu...kenapa bangsa Yunani ama Turki kaga pernah akur hingga saat ini
This is a "lo-fi" version of our main content. To view the full version with more information, formatting and images, please
click here.