RaDa PesoNg!!
Jul 31 2007, 04:55 PM
indonesia rupanya pernah menjajah sebuah negeri
negeri tersebut adalah.....
TIMOR TIMUR!!
indonesia menjajah negeri ini bukan karena kemauan sendiri!! tetapi karena si suruh ama amerika. karena pas waktu pengambilan alih kekuasaan titmtim aoleh partai apodeti dkk melawan fretilin yg merupakan partai besar. (klen pikir aja, masa partai kecil macam apodeti dkk bisa jadi partai terkuat. padahal suara mereka kalau di satukan tak lebih dari 40%) kalo kalian lihat video integrasi timtim ke indo, yang kalian liat pasti bukan orang timtim. orang timtim kan macam orang papua. di video itu yg membawa bandera indo adlah kebanyakan muka jawa dan berambut cepak (alias abri). bukti lainnya sebelum integrasi itu, datang mentri luar negri as. amerika meminta tolong pada soeharto untuk menghalau paham komunis yang di anut fretilin. karena itu amerika mencegah agar timtim tidak menjadi maskas komunis ke 2 di asia tenggara setelah vietnam!!
bagaimana analisa w ?!!
Heil Cяew
Jul 31 2007, 05:20 PM
Yap benar sekali yang anda katakan diatas.
Timor Timur atau Timor Leste (sekarang) memang pernah menjadi jajahan Indonesia.
Perlu diperhatikan lagi pada tahun-tahun awal perang dingin 1975 dimana Portugal mulai menarik pasukannya dari Timor Timur dan terjadi kevakuman kekuasaan disana maka Indonesia selaku negara tetangga yang lebih besar perlu memikirkan langkah tegas karena efek domino dari komunis ditakutkan akan menyeberang ke Indonesia.
Hal yang cukup menjadikan alasan mengapa Indonesia melakukan invasi ke Timor Timur dan mengambil alih kekuasaan, sedangkan dukungan dari Amerika Serikat sangat jelas.
QUOTE(U.S. President Gerald Ford - 1975)
"We will understand and will not press you on the issue. We understand the problem and the intentions you have." Kissinger added: "It is important that whatever you do succeeds quickly [because] the use of US-made arms could create problems." U.S. arms sales to Indonesia continued under subsequent U.S administrations including that of Bill Clinton, although it did eventually discontinue U.S. support of Suharto's regime. As "Timor Timur", the territory was declared the twenty-seventh province of Indonesia in July 1976. Its nominal status in the UN remained that of a "non-self-governing territory under Portuguese administration."
Dengan melakukan penjajahan kepada Timor Timur sebenarnya kita melakukan pengkhianatan kepada UUD 1945
QUOTE(Undang Undang Dasar 1945)
Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu adalah hak segala bangsa, dan oleh sebab itu maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan.....
Yah apa mau dikata, sejarah berkata demikian...
The Legend
Jul 31 2007, 08:59 PM
ya gpp lah udah kejadian.. itung2 skali2 menjajah drpd dijajah terus
enclaim
Aug 1 2007, 01:17 AM
Ya... dgn memboroskan dana begitu besar buat SEROJA dan trus sokong APBD gila2an ke TIMTIM ,hanya untuk dikianati di kemudian hari....
SAATnya kita berpikir ulang .... BUAT APA NDENGERIN AMERIKA ama CSnya....!?? bikin sengsara ajah.
saatnya sejarah kita benahi.. walaupun PEMERINTAH gak pernah mau akuin..tp tugas rakyat yg harus tahu...!?
negara2 yg selama ini diisukan baik dalam sejarah2 maupun berita2 propaganda di dalam negri yg disinyalir akan menghancurkan INDONESIA semacam SOVIET ,RRC justru tidak sekejam yg kita bayangkan...
Negara2 yg kita elu2kan sebagai NEGARA SAHABAT INDONESIA...justru malah BIANGnya kemunduran Republik ini.
BIlangnya sahabat... tp njeret UTANG ampe MATEK...
TIMTIM hanya akan jd KAMBING PERAHAN AUSTRALIA... sama kayak PAPUA NEW GUENEA...
OhYesOhNo
Aug 1 2007, 04:10 AM
Personally, no offense
Secara pribadi gw sih, Indonesia itu mau jalan A atau B, itu adalah negara gw
whatever will be, thats my country where i lived in, we have to accept that whatsoever
Rangkaian kejadian politik sebelum Timtim bergabung ke Indonesia, well, it's long story ...
We should ask the former of 2nd president of Indonesia, ini juga kalo bisa.....hehehe
There's a lot of political intrigue and compensation
But, kalo misal sy jadi orang militer.. hmmm
saya pun akan menjaga kestabilan politik Indonesia,
dgn mereduksi pengaruh ideologi komunis atau lainnya yg membahayakan kestabilan politik Indonesia
apapun caranya, akan ditempuh, better to sacrificed a few than we sacrificed our country
Itulah dulu, diantara pilihan yang paling buruk, itu lah yg terbaik,
Pisss !!!
enclaim
Aug 1 2007, 05:32 AM
@
mereduksi ideologi komunis...
better to sacrifice a few then our country....? a few kata loe... berapa juta nyawa melayang akibat reduksi "komunis ini ha..?" dampaknya masih ada sampe sekarang...
ke ingonaran sebagian besar generasi muda..yg menelan mentah2 MITOS KOMUNIS yg digemborkan orde baru...!?
lu ada bukti kalo KOMUNIS meronrong STABILITAS negara ?....
ayo bikin treat KOMUNIS di INDONESIA... kite beda disitu...
asrock987
Aug 1 2007, 06:19 AM
@enclaim
mereduksi ideologi komunis...
better to sacrifice a few then our country....? a few kata loe... berapa juta nyawa melayang akibat reduksi "komunis ini ha..?" dampaknya masih ada sampe sekarang...
ke ingonaran sebagian besar generasi muda..yg menelan mentah2 MITOS KOMUNIS yg digemborkan orde baru...!?
lu ada bukti kalo KOMUNIS meronrong STABILITAS negara ?....
ayo bikin treat KOMUNIS di INDONESIA... kite beda disitu...
maksod lo...................?????
Heil Cяew
Aug 1 2007, 08:00 AM
@enclaim: ngomong yang jelas nak.. jangan bikin provokasi ngga jelas aja...
itu bukan enclaim namanya..
Sir Bilungakoe
Aug 1 2007, 09:04 AM

thread Timor-Timur koq jadi thread Komunis

Kalau @enclaim mau ajak debat soal komunis ... bikinlah thread di sejarah tentang sejarah komunis misalnya ... atau malah sejarah PKI

jangan di sini .... KEMBALI KE TOPIK

Gw setuju bahwa dalam masalah TIMOR-TIMUR kita udah salah besar.
Soeharto dan kroni Orde Barunya yang memerintah kala itu sudah menjadi antek bagi Amerika Serikat untuk mencegah teori domino komunis di Timor-Timur.
Tentang fretilin, sosialis timor-timur, dsb ... kayanya sudah pernah ada debat.
Fretilin di mata Amerika waktu itu memang dianggap terlalu kiri dan mengganggu Amerika sehingga lebih baik Soeharto yang fasis (militeristik) daripada fretilin yang kiri menguasai Timor-Timur.
Tapi seiring waktu ... Amerika tidak lagi terlalu takut dengan komunis karena sudah mengalahkan mereka dalam aliansi dengan Tahta Suci Vatikan (Holy Treaty, Paus Yohanes Paulus II dan Ronald Reagen tahun 1980-an). Jerman Timur runtuh, Polandia runtuh dan akhirnya Uni Soviet runtuh dan pecah belah. Kini kepentingan Amerika berbeda .... Timor-Timur yang digadaikan ke Indonesia .... diminta balik

karena punya potensi minyak yang luar biasa

Amerika sekarang punya anak emas baru di pasifik. Namanya Australia. Sekarang si anak emas ini yang disuruh merebut Tim-tim dari Indonesia yang sudah semakin sulit diatur karena Soeharto terlalu rakus

Akhirnya Tim-tim direbut pada jaman Habibie setelah lebih dahulu Soeharto terdongkel

Tim-tim jadi sepenggal kisah kelabu dalam sejarah politik bebas aktif Indonesia
joest
Aug 2 2007, 07:41 PM
pokoknya.. soeharto dapet timtim geraldford dapet emas di tembagapura. indonesia dapet krisis amerika dapet beli perusahaan strategis dengan harga murah, juga tenaga kerja dan tenaga ahli dengan bayaran murah. bis tu aceh, papua, riau, kaltim mulai digoyang. sulawesi tenggara (poso memiliki cadangan mineral) dan maluku (kekayaan lautnya luarbiasa, alut laut kepulauan indonesia yang biasa dilewati jalur perdagangan). tapi knapa yang digoyang provinsi yang notabene penmilik kekayaan alam ya? yang salah ya qt sendiri. sentralistik. anti koreksi dan kultus ma pemimpin. skarang mlongo aja keok diejek malaysie di sipadan-ligitan. malah ditambahin ambalat pula! blom singapura negara nakal yang klo qt org jkt kencingin aj tenggelem.
situ_ok?
Aug 2 2007, 10:49 PM
hmm..
ya liat2 doang ternyata ada yang menarik
mau comment ntar malah nambahin rame dan dinilai flamming
uda males rame
biarlah pendapat orang masing2 berjalan sebagaimana mereka anggap benar dah
jadi pendapat gw gw simpan sendiri
bersabar, mendengarkan, dan menahan diri menuntut banyak kedewasaan dan kebijaksanaannonton mode on
Sir Bilungakoe
Aug 3 2007, 09:58 AM
@situ :
Udah gak usah nonton doang ... gabung aja

Gak usah sakit hati kalau ada pendebat yang keras .... itu biasa dalam dunia debat mendebat

Jadi kedewasaan dan kebijaksanaan juga muncul dari kuping yang tebal saat debat mendebat

*Nonton mode situ_ok di offkan*
sahaweatuh
Aug 3 2007, 10:12 AM
indonesia emang ngejajah timor-timur, tapi keuntungannya lebih dikit daripada kerugiannya.
air susu di balas dengan air tuba. hik hik hik
situ_ok?
Aug 3 2007, 10:16 AM
hehehe
gw gak sakit hati
cuma beda debat sama bertengkar itu laen banget
plus gw lebih males bikin orang sakit hati ma gw nanti
ya sedikit pendapat dari gw:
1. liat per"debat"an diatas ada sedikit unsur "right or wrong is my country"
menurut gw itu salah besar, baik negara maupun manusia itu seharusnya kalo benar diteruskan kalo salah dibenerin
bukannya bener salah = bener karena apa yang dilakukan negaraku adalah pasti selalu bener
2. mengenai penjajahan secara keseluruhan menurut gw bukanlah hal yang terlalu buruk kalau kedua belah pihak berlaku dengan semestinya, tentu saja gw gak bilang penjajahan itu baik tapi coba lihat dari sisi yang lain
"seorang anak kecil tentu saja membutuhkan orang dewasa untuk menuntunnya menuju kedewasaan kan?"
indonesia sendiri belum cukup dewasa karena "ketika dia menjadi anak kecil orang dewasa yang disampingnya tidak pernah menuntunnya menuju kedewasaan dan hanya menyuruhnya bekerja tanpa bertanya" sedangkan negara2 yang tidak pernah dijajah adalah "anak kecil yang mencari pengalaman hidup sendiri dan dewasa dengan sendirinya oleh perjalanan hidupnya"
3. dulu memang indonesia telah "menjajah" tim tim dengan dukungan amerika
tapi dibalik semua itu sebenernya ada makna dalam pada masing2 tujuan
baru2 ini gw ketemu sama seorang profesor di kereta api (dia kebetulan duduk di sebelah gw) dan gw merasa malu sama dia karena setelah pembicaraan yang panjang (sekitar 7 jam) banyak pendapat gw yang ternyata salah selama ini
dia saat ini adalah orang yang bisa memberikan pandangan baru ke gw pada apa yang terjadi di indonesia masa silam dan masa kini
dan ketika gw bertanya satu pertanyaan simple ke dia mengenai 2 ideologi yang diperdebatkan diatas dia juga menjelaskan secara detail dan itu sungguh di luar dugaan (sampe2 gw yang anak ekonomi aja malu di buatnya)
sori kalo ini sedikit off topic
Ah kirain mana yg dijajah.
Ga usah jauh˛lah, ampe sekarang juga rakyat Indonesia masih dijajah kok ama pembesarnya
dennyamz
Aug 4 2007, 10:17 AM
@ 300 setujuuuuu....
INDONESIA BLUM MERDEKA...
RaDa PesoNg!!
Aug 4 2007, 11:46 AM
@joest
QUOTE
pokoknya.. soeharto dapet timtim geraldford dapet emas di tembagapura. indonesia dapet krisis amerika dapet beli perusahaan strategis dengan harga murah, juga tenaga kerja dan tenaga ahli dengan bayaran murah. bis tu aceh, papua, riau, kaltim mulai digoyang. sulawesi tenggara (poso memiliki cadangan mineral) dan maluku (kekayaan lautnya luarbiasa, alut laut kepulauan indonesia yang biasa dilewati jalur perdagangan). tapi knapa yang digoyang provinsi yang notabene penmilik kekayaan alam ya? yang salah ya qt sendiri. sentralistik. anti koreksi dan kultus ma pemimpin. skarang mlongo aja keok diejek malaysie di sipadan-ligitan. malah ditambahin ambalat pula! blom singapura negara nakal yang klo qt org jkt kencingin aj tenggelem.
jangankan di kencingi, kita ludahin aja da tenggelam tu singapura!!
malaysia sok preman dia (mentang2 dekingnya inggris). padahal padukannya aja pake celana pendek.
w pernah ke di ceritain tentang malaysia. polisi malaysia klo baris berbaris lucu lho!!
lucunya kenapa? pas itu komandonya kayak gini
bersigap = bersiap
hentak-hentak bumi = jalan di tempat
tengkulai = istirahat di tempat
kek gitu aba-abanya
(kembali ke topiK)!!
worldsex
Aug 4 2007, 03:50 PM
sebenernye kita nggak 100 persen ngejajah timtim karena fretilin ngebuat manuver duluan yaitu merebut kekuasaan di timtim padahal kesepakatan dengan partai2 lain (udt apodeti kota trabalistha) musti ada pemilu dulu !! partai2 lain merasa di kadalin sama fretilin minta bantuan indonesia utk ngusir fretilin dari dilli !!
situ_ok?
Aug 4 2007, 04:48 PM
hmmm.....
lo triple kill 3x kalo di dota ini
tujuannya apa nih post hal yang sama sampe 5x??
lo kira ini MSN??
enclaim
Aug 6 2007, 09:57 AM
@atas
ini salah replay kali.... kok bawa2 dota ..........
situ_ok?
Aug 6 2007, 12:21 PM
@atas gw
kemarin si @worldsex itu nulis hal yang sama 5x
sekarang uda di apus
d4rktwelve
Aug 9 2007, 11:04 PM
sampe sekarang masi rusuh aja tuh di timtim...
bagusan kembali ke indonesia...
bah_kangkung
Aug 11 2007, 07:40 AM
QUOTE(ponco @ Jul 31 2007, 08:59 PM) [snapback]533502[/snapback]
ya gpp lah udah kejadian.. itung2 skali2 menjajah drpd dijajah terus
Tul coi ane setuju itu sekali" ngejajah ke dari pd di jajah terus. wekekekekekke............

malah kalo bisa mah sekalian cobain tuh jajah ke inggris/amrik ke biar kerenan gitu loch..wekekekkekekeke......
a2n
Aug 23 2007, 02:43 PM
sekarang sih uda ga jaman lg penjajahan,...
mnurut aq bagusnya damai aja.....
bagi2 duit buat rakyat...
pemerintah adem rakyat senang
klo gus dur bilang...GITU AJA KOQ REPOT
...peace...
kaythree
Aug 29 2007, 10:43 PM
nimbrung yax..
Sebenernya Indonesia salah menjajah Timor Timur waktu itu. Boleh dibilang dari segi ekonomi bahwa Timtim tidak menguntungkan apa-apa. Coba de liat sekarang, timtim tidak punya sda yang bisa bersaing di dunia internasional.. Banyak juga rakyat timtim yang malah lari ke NTT (wilayah Indonesia) karena dinegaranya sendiri penuh dengan chaos.
Lebih baik uang yang waktu itu dipakai buat perang dikasi ke rakyat aja.
Tapi kalo diliat dari segi positifnya, waktu itu Indonesia jadi disegani oleh tetangga-tetangganya. Militer Indonesia waktu jamannya penjajahan timtim termasuk kuat, tidak seperti sekarang.. Sekarang Indonesia loyo dan militernya sudah ketinggalan jaman, jadi negara tetangga tidak segan lagi kepada Indonesia. Coba liat, masak wasit dipukul sama aparat hukum tetangga pemerintah tetangga tsbt tdak mau minta maaf.. Lha piye toh mas?!!
deb_6898
Aug 31 2007, 10:22 AM
udalah bro... kan lihai juga indonesia bisa menjajah walaupun negeri ini bekas jajahan
agent007
Aug 31 2007, 10:53 AM
QUOTE (Sir Bilungakoe @ Aug 1 2007, 09:04 AM)

Tapi seiring waktu ... Amerika tidak lagi terlalu takut dengan komunis karena sudah mengalahkan mereka dalam aliansi dengan Tahta Suci Vatikan (Holy Treaty, Paus Yohanes Paulus II dan Ronald Reagen tahun 1980-an). Jerman Timur runtuh, Polandia runtuh dan akhirnya Uni Soviet runtuh dan pecah belah. Kini kepentingan Amerika berbeda .... Timor-Timur yang digadaikan ke Indonesia .... diminta balik

karena punya potensi minyak yang luar biasa

sedikit nimbrung bos! setau ane aussie skrg kecewa berat. coz cadangan minyak di Tim2 ternyata gak banyak (bahkan kalo nekat diambil, biaya produksi lbh mahal dr hasilnya!) n nyambung ke aussie. jd kalo di tim2 dieksplor, tambang2 minyak di aussie habis. kok bisa gitu ya? atau jgn2 mereka sengaja nyaplok tim2 krn mempertahankan minyak itu ya?
Veni Vidi Vici
Sep 5 2007, 01:27 AM
kalau dibilang dijajah sepertinya lebih benar kalau Indonesia yang di luar Jawa di jajah oleh orang2 jawa. Karena sistem ekonomi yang lebih memberatkan pengusaha yang berkerja sama dengan pejabat untuk mengali kekayaan negara untuk kantong mereka.
smart_SMURF
Sep 17 2007, 05:43 PM
ohhh
fadyansyah
Sep 17 2007, 06:38 PM
ahhh tim-tim cuma ngabisin duit indonesia ajj brooo...
minyak nya jg kaga seberapa di sono....
trefba
Sep 26 2007, 11:33 AM
mohon koreksi bro and sis ,setahuku timtim belum jadi negara waktu itu , yang ada adalah sisa jaman kolonial portugis , dimana timtim dianggap sebagai bagian dari portugis . nah sekitar akhir 60 s/d awal 70an situasi politik di portugis sedang kisruh yang berimbas ke masalah politik luar negeri mereka . Akhirnya timbul keputusan untuk melepaskan Timtim dari kekuasaan Portugis .
Pada jaman itu memang timtim sudah maju dalam hal demokrasi , ini terbukti dengan banyaknya parpol yang berdiri .
Sebenarnya saat portugis pergi timtim sedang masa transisi untuk menjadi negara , Pada saat itulah para petinggi ABRI waktu itu melihat peluang untuk menganeksasi timtim dengan jalan mengirimkan pasukan elit kita ke sana ( kopashanda a.k.a kopassus ) atau dikalangan militer waktu itu di sebut pasukan jeans ( karena mereka memakai jeans sebagai seragam mereka ) . Pengambilalihan titmtim sebenarnya berlangsung sekitar 2 tahun sebelum mereka menyatakan diri bergabung dengan RI tahun 76 , Dimana para pasukan ini bertugas untuk membentuk jaringan pendukung RI di timtim . Jadi sebenarnya memang banyak rekayasa dalam penyatuan timtim dengan RI ( didalamnya termasuk pembantaian anggota parpol yang menolak bergabung dengan RI )
Saya tidak berusaha menyalahkan RI karena buat saya RI adalah negaraku yang tercinta yang akan ku bela.
Tapi yang mau ku sampaikan adalah tidak adanya usaha pemerintah untuk membalut rakyat timtim , bukannya membangun malah lebih menindas rakyat timtim sehingga pada saat mereka diberi peluang oleh Pak Habibie mereka memilih merdeka .Sampai saat ini saya menganggap itu adalah kesalahan pemerintah kita , karena sudah begitu banyak saudara atau keluarga kita yang jadi korban Operasi Seroja . Kok begitu saja dilepas .
Saya bisa menyampaikan begini karenakebetulan dulu waktu sekolah saya berteman akarab dengan cucu dari gubernur timtim pertama ( Araujo ).
sekali lagi mohon koreksi dari bro and sis
JustTry
Oct 9 2007, 07:16 AM
perlu jadi bahan renungan juga.. kita yang tinggal di jawa sebenernya menjajah negeri sendiri.
ga heran ada gerakan GAM sama RMS. bukan brarti wa setuju nusantara dipecah belah..
tapi kenyataannya, kontribusi Aceh ke kemerdekaan indonesia tu gede banget. cuma Aceh yang waktu itu punya kapal terbang, dipinjemin ke Soekarno. tapi waktu jaman Soeharto, yang mereka dapet cuma ampas minyak bumi doang.
rakyat irian jaya, cuma dapet pasir doang, sementara amrik dapet emas berlimpah. buat nutupin kekosongan cadangan emas yang waktu itu abis gara" perang ma vietnam.
masih banyak lagi kebodohan" kita yang secara ga kita sadarin, sebenernya kita ngejajah pulau" laen.
Karena kita bukan di pihak yang terjajah.
coba kita pikir ulang lagi. nyatanya pulau yang berkembang tu JAWA dan BALI.
JAWA dulu disebut, baru BALI. baru akhir" ini ada tambahan SUMATERA.
ga percaya? coba aja ente" pada liatin iklan" di televisi. apalagi kalo produk" baru. pasti deh, lokasinya cuma di Jawa, Sumatera dan Bali.
tul gak?
uyabrup
Jan 1 2008, 10:14 PM
right or wrong this is my country..
jablay jowo
Jan 18 2008, 10:22 PM
hmhmhmhmhmh gw ikut baca aja ah .....
drum_chupid
Jan 20 2008, 11:36 PM
ya udeh lah yg lalu bia lah berlalu
kata suara si BCL gitu lohh
lebay
bozan
Mar 19 2008, 08:32 AM
indonesia menjajah timor-timor?
bukan menjajah kaleee?
kalo menjajah seharusnya untung bukan malah buntung kaya gini!

sorry no offend
annonymus
Mar 21 2008, 06:56 AM
Mari Jajah Malaysia
boy budi
Mar 28 2008, 02:00 PM
kamu dapat angka dari mana yg mengatakan bahwa APODETI adalah partai kecil? itu hanya propaganda FRETELIN dan NGO anti Indonesia. Saat itu di TH 76 tidak ada refrendum untuk menunjukan Partai mana yg besar.
Indonesia tida menjajah TIMTIM, penjajah mana yg membangun negri jajahan yg dulunya 0 tidak memiliki infrastruktur lengkap diubah dalam sekejab, padahal Portugal yg menjajah selama 450 thn tidak membangun apa2. Dulu pada masa di jajah Portugal hanya ada 2 sarjana, tetapi sejak Integrasi dengan Indonesia jumlah sarjana Timtim ribuan orang.
Orang Timtim berbeda sekali dengan orang Papua, coba anda lihat wajah ALFREDO REINALDO, XANANA GUSMAO, HERCULES, EURICO GUTERES, apakah hitam sekali seperti orang papua? lihat juga Marie ALKATIRI (peranakan Arab), lihat juga yg putih seperti PEDRO CARASCALO, atau RAMOS HORTA. JADi org TIMTIM itu mirip sekali dengan orang2 BRASIL, yg etnisnya campuran akibat poltik kolonial PORTUGAL yg selama masa jajahannya suka membuang para pemberontak di satu wiayah ke wilayah lain.
Saya BANGGA SEBAGAI ORANG INDONESIA, DAN BANGGA BAHWA INDONESIA TELAH BERBUAT BANYAK UNTUK TIMTIM SELAMA 23 TAHUN.
israstamaniac
Mar 28 2008, 03:19 PM
still a few of province now a day felt that they had been invation by indo
==KENCOER==
Mar 28 2008, 03:31 PM
kakek, bokap dan gue sendiri udah dijajah ma pemerintah gue sendiri selama 32 tahun
idan
Apr 1 2008, 03:52 PM
waduh, keren jg niy indonesia yh,,
genduuut
Apr 4 2008, 09:09 PM
Indonesia punya prestasi juga. pernah jadi penjajah
perkasa.jantan
Apr 6 2008, 07:12 PM
memang benar, indonesia adalah negara aggresor dalam case timor timur, nasib baik kita tdk membayar pampasan perang, spt yg dilakukan jepang & belanda setelah PD II
dankris
Apr 7 2008, 06:33 PM
mungkin iya mungkin tidak......
tidaknya :
gak mungkin negeri jajahan dibela setengah mati sampai sekaranga bikin seperti duri dalam daging, diungkit2 mulu sama dunia.
iya (Indonesia menjajah Titmtim) :
lumayan bisa nambah luas area Indonesia termasuk Zona Ekonomi EklusifnYA.....
sakti~~mandraguna
Apr 7 2008, 06:51 PM
betul, emang dulu

Indonesia pernah "mencaplok" tim-tim,
we must admit that, gently speaking..it's history now..
yang penting sekarang uda lepas merdeka, tapi kalo bisa daerah nyang lain jgn ikut lepas dung ?
manstein
Apr 7 2008, 09:58 PM
Right or Wrong... I still love my Country Indonesia
ipeh
Apr 11 2008, 10:45 PM
gw ikut bro annonymus aja hehehehe..
Exori
Apr 12 2008, 12:16 PM
ikutan aja ahhhh

binun mau commen apa..
RAPIER
Apr 13 2008, 02:10 AM
wah thread yg menarik nich
jd pengen nimbriuung, sorry bukannya gw offence disini ok
gini, kalo soal timor timur, sebetulnya kenapa australi ngerebut timor timur...... coba dipikir... amerika punya pangkalan militer di asia di jepang dan philipina yg nota bene sekarang sudah ditarik mundur alias negara yg bersangkutan dah nggak mengijinkan amrik bwt pangkalan disana. so australiangerebut tim tim dikarenakan australia & amrik
ingin punya pangkalan militer di asia tenggara, walaupun rencana itu kyknya gagal total ( selain soal minyak buni yg jelas) dan kalo menurut gw australia tuh mang punya rencana lain dengan ngerebut timor timur..... ya taulah mungkin bro semua bisa liat apa sich sebetulnya kekayaan alam yg australia bisa banggain? selain itu katanya tim tim tuh tanahnya ada kandungan uranium ( he he he uranium .. kalo denger nama mineral ini ...... tau kan bwt apa ) yang ternyata tidak terlalu bnyk sperti di batam, yg kalo ditambang bisa habis sekali tambang alias sumbernya hanya sedikit,
tapi menurut gw sich bukan hya itu aja deh faktor kenapa tim tim direbut australia, ada yg australia inginkan dari negara kita .. .entah apa .. itu jg masih misteri, yg jelas kejadia nyata aja sewaktu bom bali ... jelas khan bali itu milik negata indonesia, teirtory indonesia, nah sewaktu ada kejadian itu, kok tiba tiba seenaknya polisi australia masuk ke indonesia, padahal sebetulnya polisi australia, itu yurisdiksinya di australia khan.... so ngapain dia ke indonesia. itu khan tugasnya polisi indonesia.
devanta
May 26 2008, 03:24 PM
hore...bangsaku brani...besok kita ganyang malingsia skali lg ......
This is a "lo-fi" version of our main content. To view the full version with more information, formatting and images, please
click here.