Jump to content



 

 

kenapa harus ada aturan sih?


33 replies to this topic

#21 Vjtepe

    BlueFame Typer

  • Members
  • PipPipPipPipPip
  • 831 posts
Click to view battle stats

Posted 10 June 2008 - 03:00 PM

kl peraturan dilanggar buat apa peraturan --a

#22 smaxhellxa

    BlueFame Hotter

  • Members
  • PipPipPipPip
  • 452 posts
Click to view battle stats

Posted 10 June 2008 - 03:20 PM

tapi, menurut gw, tanpa aturan pun lo tau apa yang terbaik buat lo sendiri maupun ke masyarakat,

contohnya: kalo lo cukup normal, lo nggak mungkin kencing di rumah tetangga lo,

sebenarnya, di dalam kondisi anarki yang tanpa aturan pun, manusia bisa hidup damai,

kalo setiap manusia bisa mengakomodasi hak dan kewajibannya supaya nggak ngelanggar hak dan kewajiban orang laen

saat kebersamaan dan kebebasan di junjung tinggi, yang namanya aparatus negara dan segala aturannya tidak diperlukan lagi.


#23 putro

    Youth BlueFame

  • Members
  • PipPipPip
  • 107 posts
Click to view battle stats

Posted 10 June 2008 - 03:30 PM

harusnya kita atur diri kita sendiri
baru ngatur orang lain

#24 mosa

    Youth BlueFame

  • Members
  • PipPipPip
  • 132 posts
Click to view battle stats

Posted 11 June 2008 - 07:27 PM

Peraturan tuh sabagai standarisasi kehidupan bagi manusia. Peraturan dibuat agar semua menjadi tertib dan hidup menjadi lebih tentram. Kehidupan antar umat manusia lebih menjadi tenang dan kejadian-kejadian yang tidak diinginkan tidak akan terjadi. Tetapi yang namanya manusia ada yang pro dan ada juga yang kontra terhadap peraturan yang dibuat. Kembali lagi kepada diri manusia iu sendiri...apabila mental dia atau pikiran dia peraturan yang dibuat hanyalah hal yang sepele maka mereka akan melanggar dan mengabaikan adanya suatu peraturan tersebut. Maka dari itu terjadilah pelanggaran dan kehidupan anatar manusia yang kurang harmonis.

#25 sasa2003

    Youth BlueFame

  • Members
  • PipPipPip
  • 100 posts
Click to view battle stats

Posted 12 June 2008 - 02:33 PM

ya itulah di budaya kita memang masih harus dipandu dengan aturan-aturan..........

#26 fr3akz

    Youth BlueFame

  • Members
  • PipPipPip
  • 131 posts
Click to view battle stats

Posted 12 June 2008 - 03:36 PM

kayaknya di indonesia itu peraturan buat dilanggar dah dari sd aja pasti da ngelanggar wkaawkwakaw

#27 B_doT InsIde

    [ Front Anti Patah Hati ]

  • Members
  • PipPipPipPipPipPip
  • 1,871 posts
Click to view battle stats

Posted 12 June 2008 - 03:56 PM

kalo orang udah hidup tanpa aturan
pasti banyak yang bugil dijalan, berak di lapang basket, ngnt*t di lapang sepak bola, pokoknya ancur deh

lo tau kan kalo binatang itu hidup bebas semaunya??
nah, dengan adanya aturan bisa dibedain mana manusia mana binatang

bijak mode : ON

#28 demon_crazy

    Tukang Daging

  • Members
  • PipPipPipPipPip
  • 897 posts
Click to view battle stats

Posted 12 June 2008 - 04:49 PM

aturan ada karean ada yang buat. kalo ngak ada yang buat maka tidak ada aturan. begitu aja repot :gus pur mode on:

#29 pikolo

    ~The Green Warrior~

  • Elite Member
  • 2,700 posts
Click to view battle stats

Posted 18 June 2008 - 12:10 PM

di Hutan Ini Rajanya...
Jadi smua Perlu ada aturanya...
Klu mau Dilanggar Jg ada aturanya Kok...Biasaaaaaaaa indonesia.gif










#30 sumbet

    ~tetep wong ganteng~

  • Members
  • PipPipPipPip
  • 574 posts
Click to view battle stats

Posted 18 June 2008 - 01:38 PM

klo g da tu namanya PERATURAN
ntar kayak hutan

#31 smaxhellxa

    BlueFame Hotter

  • Members
  • PipPipPipPip
  • 452 posts
Click to view battle stats

Posted 18 June 2008 - 02:13 PM

tapi,

lo ngrasa gak sih kalo banyak dari aturan yang dibuat itu tidak logis.,

malah, kalo gw liat di sekolah2, tata tertib itu malah jadi kungkungan kreativitas murid. Sekolah nggak boleh ini-itu, sekolah harus gini, sekolah harus gitu, jadinya pemikiran murid jadi nggak kreatif lagi. Mungkin aturan2 yang kaya gini yang bikin jebolan sekolah indonesia itu terlalu teoritis dan nihil praktek.

just my humble opinion, no offense.

#32 kumbangjantan

    Youth BlueFame

  • Members
  • PipPipPip
  • 126 posts
Click to view battle stats

Posted 30 June 2008 - 11:35 PM

menurut gua, semua peraturan itu dibuat, untuk di langgar........beneran lho Whistle.gif

#33 dizeltech

    Youth BlueFame

  • Members
  • PipPipPip
  • 147 posts
Click to view battle stats

Posted 01 July 2008 - 02:07 AM

Wedew pertanyaan Filsafat Hukum ini, salah satu mata kuliahku dulu.
Kenapa harus ada aturan?
1. Menurut ajaran Theologi
Seperti yang bro raiguru katakan :
QUOTE
kalo aturan itu memang ada karna manusia konon di ciptakan untuk memenuhi/menjalankan aturan,..

bahkan Adam and Eve juga waktu di surga di kasih aturan,.. salah satunya yaitu jangan makan buah quldi (yang akhirnya mereka langgar,...)

Sebagian besar peraturan yang ada didunia ini adalah aturan dari Kitab Suci, seperti jangan membunuh, jangan mencuri, jangan berdusta, dsb.
Pada dasarnya Tuhan memiliki salah satu sifat, yaitu memberi perintah, larangan dan anjuran serta hukuman bagi orang yang melanggar.
Perintah, larangan dan hukuman merupakan unsur-unsur yang membentuk aturan, jadi manusia mengenal aturan dari Tuhan dan manusia diperintahkah untuk mentaatinya.
Kenapa harus ada aturan? Jawaban menurut ajaran ini karena Tuhan yang membuat aturan tersebut.
2. Menurut teori kekuasaan.
Negara memiliki bermacam-macam keistimewaan, salah satunya adalah membuat peraturan yang mengatur seluruh rakyatnya. Keistimewaan negara untuk membuat peraturan tadi bisa dikatakan kekuasaan negara untuk membuat aturan.
Setiap aturan yang dikeluarkan oleh negara wajib dipatuhi oleh rakyatnya suka/tidak suka, bila tidak dipatuhi maka juga disediakan hukuman/sanksi.
Kenapa harus ada aturan? Jawaban menurut ajaran ini karena negara yang menginginkan/membuat aturan tersebut.
3. Menurut teori keadilan
Bisa dikatakan manusia merupakan sumber masalah, manusia yang satu dengan yang lain mempunyai berbagai macam kepentingan yang terkadang berbenturan satu sama lainnya.
Jaman dulu dikenal istilah hukum rimba, dimana yang kuatlah yang menang. Setiap ada permasalahan antara manusia yang satu dengan yang lain diselesaikan dengan perkelahian. Tidak perduli siapa yang benar atau salah, pokoknya yang menang itulah yang benar.
Cara ini dianggap tidak adil, karena seringkali pihak yang benar tertindas. Pihak yang benar bahkan tidak berani menuntut atas perbuatan pihak yang semena-mena tersebut.
Semakin majunya peradaban manusia membuat manusia berpikir harus ada suatu cara untuk menyelesaikan masalah tersebut. Singkat cerita ditemukanlah sebuah cara yang dianggap bisa memberikan keadilan dan cara itu kita sebut aturan.
Aturan itu bisa juga dibilang hukum yang diwakili oleh pengadilan (walaupun jaman dulu pengadilan bentuknya tidak seperti sekarang ini, dimana hakim pada jaman dulu pada umumnya adalah penguasa atau raja).
Jadi setiap ada masalah antara 2 orang atau lebih, mereka datang ke pengadilan untuk mencari penyelesaian yang adil.
Kenapa ada aturan? Menurut ajaran ini karena manusia mencari keadilan melalui aturan, dalam bahasa hukumnya bisa disebut kepastian hukum - cara yang pasti untuk menyelesaikan masalah karena cara ini mengatur semua orang tanpa terkecuali.
4. Menurut teori sejarah hukum
Awal mula hukum terbentuk manusia belum punya seseorang yang memiliki kekuasaan penuh seperti raja. Pada masa ini manusia belum mengenal adanya negara seperti sekarang, mereka hidup secara berkelompok dimana setiap kelompok memiliki seorang pemimpin. Sering timbul masalah antara anggota kelompok maupun dengan kelompok manusia yang lainnya. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka kelompok yang satu dengan kelompok yang lain mengadakan perjanjian untuk menyelesaikan masalah, dimana perjanjian tersebut kita sebut dengan aturan. Perjanjian tersebut kita sebut aturan karena beberapa alasan yaitu perjanjian itu dipatuhi oleh kelompok manusia tersebut layaknya aturan dan apabila dilanggar maka ada hukuman (ingat unsur-unsur aturan sebelumnya).
Kenapa ada aturan? Menurut ajaran ini karena manusia membuat aturan tersebut dan berjanji untuk mematuhinya.
5. Menurut ajaran saya pribadi Laughing.gif
Kenapa ada aturan?
Kurang lebih seperti pendapat-pendapat sebelumnya di thread ini. Aturan itu punya banyak fungsi, jadi setiap manusia membutuhkan aturan. Fungsinya antara lain, menciptakan keteraturan/ketertiban, memberikan rasa aman bahwa hak-hak kita sebagai manusia dilindungi, menyelesaikan masalah - walaupun terkadang menimbulkan masalah malahan Laughing.gif)

Aturan dibuat untuk dilanggar?
Tentunya yang buat aturan ga berharap seperti itu. Kita ambil contoh dari teori nomor 1, bahwa aturan dibuat oleh Tuhan. Apakah Tuhan membuat aturan supaya manusia melanggar? Ga kan, tapi supaya manusia mematuhinya dan selamat masuk sorga.

Rasanya ada satu teori lagi, soalnya inget-inget ada 5 teori. Harap maklum catatan kutinggal di rumah kakek jadinya ga bisa lengkap.

#34 Liger_ZerO

    Youth BlueFame

  • Members
  • PipPipPip
  • 55 posts
Click to view battle stats

Posted 18 August 2008 - 05:04 PM

@dizeltech.

sip dah bro pendapat loe....

btw emang bener ya peraturan di buat untuk di langgar??





BlueFame.Com A Blue Alternative Community for Peace, Love, Friendship, and Cyber Solidarity © 2006 - 2011
All Rights Reserved Unless Otherwise Specified

BlueFame Part Division
BlueFameStyle | BlueFame Upload | BlueFame Radio | BlueFameMail | Advertise here!

BlueFame DMCA Policy