Jump to content



 

 
Photo

Tempat kumpul Room Info Kerja & Job Request


  • Please log in to reply
84 replies to this topic

#1 The Legend

The Legend

    ~ HalfLife ~

  • Retired MOD
  • 9,943 posts

Posted 14 June 2008 - 06:27 PM

Bro/sis, Topik ini dibuat dengan tujuan sharing purpose only & tujuannya untuk menambah wacana terutama member2 yg sedang mencari kerja. Mari kita sharing/cerita pengalaman kerja apa aja sewaktu bro/sis melamar kerja.
Kliatannya asik juga bisa tau perjalanan bro/sis berjuang mencari kerja Peace.gif


gw dulu deh BigGrin.gif

Dulu melamar di salah satu bank Swasta nasional, rekruitmennya sampe diumumkan di koran gede banget.. gw mikir wah ini pasti yg ikut banyak. Pengen coba tp ragu soalnya dah yakin saingannya banyak, tp ya udahlah.. coba2.

Lamarannya dibawa & langsung wawancara, bener juga pdhl datengnya udah pagi jam 9 tp dapet no urut udah dua ratusan lebih axehead.png
ya udahlah.. sabar nungguin sambil ngisep rokok.. akhirnya.. the time is cum.. yeaah.. gw diinterview, sempet 2 kali gagal, tp akhirnya ada bukaan lg di luar kota, nekat ikut lg yg ke 3 kali HeHe.gif
ditanyain ini itu soal perbankan.. duh banyak yg lupa soalnya itu semua teori yg gw dapet pas kuliah dulu.. tp intinya bukan itu yg jadi titik berat interview, klo gw liat itu cuma sekedar intermezo aja yg dia liat & gali saat itu sebatas pengalaman kerja gw sebelumnya, sejauh mana gw memahami & menguasai kerjaan sebelumnya. Akhirnya lolos interview, dilanjutkan psikotest minggu depan, kebeneran sblmnya udah dapet bocoran psikotest dari temen yg udah duluan ketrima jd ngerjainnya agak santai BigGrin.gif

Lulus psikotest lusanya lsg Medical Test, semua diperiksa : test darah, rekam jantung, ronsen, urine, mata, telinga, gigi.
Lulus semuanya lgs dikirim pendidikan 2 minggu, itu udah statusnya kontrak jadi Karyawan dengan masa percobaan 3 bln, setelah itu pengangkatan karyawan tetap smile.gif
  • 1

#2 .OYON.

.OYON.

    shadowless sword

  • Moderator
  • 16,128 posts

Posted 16 June 2008 - 03:09 AM

Menambahkan @GodFather, mudah2 an bisa menambah khasanah di thread ini.

Dalam seeking jobs dan bisa meraih 1 kesempatan yg bisa dibilang itu adalah sekali dalam seumur hidup, ada beberapa hal yg perlu diperhatikan ketika akan menghadapi interview berlangsung.
1. Tidur yang cukup
2. Penampilan rapi dan sesuai pada tempatnya
3. Datang lebih awal dan lakukan survey waktu tempuh beberapa hari sebelum hari H.

Dalam proses penerima karyawan baru, biasanya melalui beberapa tahapan, yaitu: pengumpulan surat applicants, penyortiran, pemanggilan calon karyawan, proses interview, proses test skill dan kemampuan, kesehatan dan negosiasi.

Saya akan menggarisbawahi 2 hal, yaitu interview phase dan negotiation phase.

Fase interview:
Di sini ada beberapa hal yg secara psikologis yg biasanya diajukan sr terselubung oleh pihak perusahaan, dalam mencari karyawan yg cocok untuk bekerja di persh tersebut. Di sini tips untuk bisa melalui hal2 tsb...
1. Pertahankan kontak mata dgn interviewer, jgn sampai kehilangan atau tidak fokus, hal ini menimbulkan kesan tidak PD akan kemampuan diri sendiri.
2. Berilah jawaban yg lugas, tegas dan singkat; jangan mengada2 dan menambah masalah dgn tidak jujur, akan fatal akibatnya. Ingat, interviewer memang bekerja tiap hari dgn berbagai type orang, dan dia pasti tahu mana yg berkata jujur/tidak.
3. Jangan plintat plintut dalam memberi suatu jawaban terhadap suatu masalah, kemukakan dgn tegas dan fixed, sehingga mencerminkan bahwa anda memang bisa dipercaya sbg problem solver, bukan beban.
4. Jual lah diri anda dalam waktu yg singkat ketika interview berlangsung, jangan biarkan jawaban mengambang, sehingga anda akan tersingkir dalam kompetisi kerja.

Fase Negosiasi
Tentunya hal ini berbicara tentang uang bukan? plus jaminan kerja, tunjangan, asuransi, cuti dsb.
Disinilah dituntut kelihaian anda bermain psikologis dgn sang interviewer, ada beberapa hal disini yg perlu diperhatikan.

1. Anda meminta gaji berapa?
jawab: sesuai dgn standar perusahaan plus kmampuan dan pengalaman sy bekerja.
Jika anda cukup berani menyebutkan angka, silahkan. Tapi kemukakan, alasan atas dasr apa meminta "angka" sekian, tunjukan hasil prestasi kerja anda dan pernah berpastisipasi apa anda sebelumya di tempat kerja sebelumnya.
Ingat, perusahaan hanya peduli dengan hasil, mereka tidak peduli dgn kisah sedih hidup anda. Jadi, jgn sekali2 menjual kisah hidup untuk mendapatkan gaki tinggi, karena smua orang bisa melakukannya. Prestasi? tidak smua orang bisa berprestasi.
2. Kapan anda mulai bekerja?
Jawab: Segera <--- ini ketahuan butuh duit
Jawab: Saya akan merapikan urusan sy dahulu, beri waktu 1-2 hari untuk menjawab pertanyaan Bapak <--- jual mahal
Jawab: Saya pikir2 dulu Pak <--- anda sdg menjalani interview dgn persh yg lain dan menunggu mana yg lebih baik
3. Anda bersedia ditempatkan di luar kota sewaktu2?
ini untuk mengetahui, apakah anda penakut, punya kluarga yg tidak bisa ditinggal jauh bepergian ataukah anda tipe pencari aman kerja kantoran atau bisnis people yg mau mengambil resiko dan mau maju.
4.Sudah berapa lama anda bekerja di persh2 sebelumnya?
untuk mencari tahu, apakah anda seseorang yg loyal atau tidak

Akhir kata, berusahalah setegas mungkin, cepat dah tidak bertele2, dan buatlah kesan yg bagus di mata pewawancara.

Salam,
OhYesOhNo

Peace.gif peace Peace.gif





  • 1

#3 Loveiswaiting

Loveiswaiting

    >>the Pharmacist<<

  • Elite Member
  • 863 posts

Posted 18 June 2008 - 10:08 PM

makasi infonya bro...doakan gw segera dapet kerjaan...kalo ntar dapet gaji berlebih...mngkin bisa jadi Elite member...hihihihi...
  • 0

#4 ant_

ant_

    BlueFame Hotter

  • Members
  • PipPipPipPip
  • 552 posts

Posted 02 July 2008 - 06:09 PM

Me too.....prend
  • 0

#5 dadho

dadho

    Youth BlueFame

  • Members
  • PipPipPip
  • 255 posts

Posted 21 July 2008 - 11:10 AM

berjuang terus...
  • 0

#6 Liger_ZerO

Liger_ZerO

    Youth BlueFame

  • Members
  • PipPipPip
  • 55 posts

Posted 05 August 2008 - 11:58 PM

waduh gw blum punya cerita/bahan bwat sharing nih...
coz masih nganggur nih.
gak dapet2 kerja`an.

btw tanks bwt sharing nya ya boz.
gw pasti nyobain ntar lok dah nemu kerjaan.

abiznya kemarin naruh surat lamaran di 5 tempat hasilnya : Tunggu panggilan
sampek pegel nie kaki jalan ke sana le sini.
naek turun angkot. mana duit cekak lagi.....

pokoknya hari kemaren tu hari yg melelahkan....
<lo ko` malah curhat sih.....................> axehead.png axehead.png axehead.png


  • 0

#7 yachubugz

yachubugz

    t e c h n o c r a t

  • Members
  • PipPipPipPipPipPip
  • 2,494 posts

Posted 16 August 2008 - 06:50 PM

Sedikit tambahan bro.. semoga gw gak salah tempat..

Sekarang ini banyak banget penipuan.. terus terang gw juga pernah beberapa kali kena, untungnya gw tanya2 dulu ama temen N googling bwt cari info perusahaan yang mo gw masukin..

Bukan bermaksud men-judge baik atau buruk..
Tapi kita kerja untuk cari duit bukan ngeluarin duit..

Pesen gw, ati2 dan lebih cermat dalam melihat perusahaan, baik yang mau kalian masukin ataupun yang manggil kalian untuk interview atau test.

MLM, Penyalur, OutSourcing
Menurut gw ketiganya merugikan walaupun mungkin gak semuanya begitu.

Maaf, ya kalo ada salah kata..
Gw gak berani sebutin perusahaan2nya soalnya takut gak boleh.

Semoga bermanfaat bwt para PENCAKER...

Merdeka.. indonesia.gif
  • 0

#8 Guest_abas_*

Guest_abas_*
  • Guests

Posted 17 October 2008 - 02:13 AM

bisa buat masukan,trims.

#9 fredy_loa0572

fredy_loa0572

    BlueFame ABG

  • Members
  • PipPip
  • 40 posts

Posted 25 October 2008 - 12:28 PM

Bro nih gua kasih tambahan nih perusahan lagi butuh marketing

PT. Stargroup
Jl. Baratajaya IX/50, Surabaya

Bergerak dibidang asuransi

moga moga bisa membantu
  • 0

#10 bledug devil

bledug devil

    Youth BlueFame

  • Members
  • PipPipPip
  • 84 posts

Posted 25 October 2008 - 11:04 PM

ok bosssssss
  • 0

#11 The Legend

The Legend

    ~ HalfLife ~

  • Retired MOD
  • 9,943 posts

Posted 26 October 2008 - 04:13 PM

QUOTE (yachubugz @ Aug 16 2008, 06:50 PM) <{POST_SNAPBACK}>
Sedikit tambahan bro.. semoga gw gak salah tempat..

Sekarang ini banyak banget penipuan.. terus terang gw juga pernah beberapa kali kena, untungnya gw tanya2 dulu ama temen N googling bwt cari info perusahaan yang mo gw masukin..

Bukan bermaksud men-judge baik atau buruk..
Tapi kita kerja untuk cari duit bukan ngeluarin duit..

Pesen gw, ati2 dan lebih cermat dalam melihat perusahaan, baik yang mau kalian masukin ataupun yang manggil kalian untuk interview atau test.

MLM, Penyalur, OutSourcing
Menurut gw ketiganya merugikan walaupun mungkin gak semuanya begitu.

Maaf, ya kalo ada salah kata..
Gw gak berani sebutin perusahaan2nya soalnya takut gak boleh.

Semoga bermanfaat bwt para PENCAKER...

Merdeka.. indonesia.gif

emang skrg dah banyak perusahaan yg psang iklan di koran, intinya klo di iklan informasinya kurang jelas mending ga usah aja, & klo sampe dapet panggilan interview tp kita ditarik duit meskipun nominalnya kecil brarti itu tepu2.
Pernah gw nganterin temen interview, pas nyampe buat interview dimintain duit 10rb, alesannya buat uang administrasi. eh ujung2nya malah jd jualan produk door to door alias jalan kaki pake dasi.
Bukannya gw rendahin salesman, justru kerjaan gw berawal dari situ. Tp yg jd point di sini adalah kejelasan perusahaan pencari kerja, klo udah ditarikin duit berapapun nominalnya mending mundur aja langsung. Itu brarti perusahaan fiktif yg cuma cari untung dari uang masuk interview aja, staff kantornya sih pakaian rapi semua berdasi mirip kantor beneran. so be careful Peace.gif
  • 0

#12 N1GHT 4NG3L

N1GHT 4NG3L

    Youth BlueFame

  • Members
  • PipPipPip
  • 210 posts

Posted 02 November 2008 - 12:56 AM

thanks banget atas infonya ommm
  • 0

#13 movick_25

movick_25

    BlueFame Hotter

  • Members
  • PipPipPipPip
  • 517 posts

Posted 04 November 2008 - 09:40 AM

bro ad lowongan daerah jatim ga bro?
kasih info ya!!
teknik bro!!
  • 0

#14 susahamat

susahamat

    Squadron Caboel Team Oranye JKT

  • Elite Member
  • 2,208 posts

Posted 04 November 2008 - 10:01 AM

ko ga ada yg sharing lagi ya??


  • 0

#15 The Legend

The Legend

    ~ HalfLife ~

  • Retired MOD
  • 9,943 posts

Posted 05 November 2008 - 06:43 PM

ok, saya kasih Tips aja nih :

Langkah ke-1 : Tetapkan Tujuan Anda

Positioning Diri
Adalah sebuah langkah untuk melihat kembali kepada diri Anda, seperti apa posisi saat ini, apakah : Anda sekarang masih bekerja dan merencanakan untuk berganti perusahaan dengan level/jabatan yang sama? Anda sekarang masih bekerja dan merencanakan untuk berganti perusahaan dengan level/jabatan yang lebih tinggi? Anda sekarang pernah bekerja dan sekarang sedang menganggur? Anda seorang yang fresh graduate atau baru lulus sebuah sekolah? Anda merencanakan berganti industri dengan posisi yang sama atau lebih tinggi? Dengan posisi Anda saat ini, tentu akan berpengaruh pada bagaimana cara Anda menyusun sebuah resume.

Sebagai contoh :
1. Apabila Anda sedang merencanakan untuk berganti perusahaan, namun dilevel atau jabatan yang sama, misalnya Anda seorang programmer diperusahaan jasa keuangan dan merencanakan untuk pindah kerja ke perusahaan consumer goods. Bila itu tujuan Anda, maka kekuatan yang harus Anda tonjolkan adalah : aplikasi keilmuan Anda dalam sistem perusahaan jasa keuangan tersebut. Jangan Anda menonjolkan aktivitas sehari-hari yang rutin Anda lakukan. Apalagi bila calon perusahaan Anda mempersyaratkan keahlian dalam ilmu tertentu (program tertentu).

2. Bila Anda berkeinginan untuk meningkatkan karir menjadi posisi yang lebih tinggi, maka akan lebih mudah melamar diperusahaan yang mempunyai industri yang sama. Tetapi tidak menutup kemungkinan Anda bisa mendapatkan posisi yang lebih tinggi di industri yang berbeda. Bila demikian, maka Anda harus menekankan pada kemampuan manajerial, bukan lagi pada prestasi-presetasi pribadi.

3. Apabila Anda sekarang dalam posisi menganggur, tetapi pernah berkerja, juga dalam posisi ini Anda disarankan untuk lebih menekankan pada keahlian dan kemampuan Anda. Karena meskipun Anda sudah lama bekerja selama sekian tahun, namun sudah lama menganggur, maka akan lebih baik Anda menggunakan resume yang menonjolkan keahlian dan kemampuan, dibandingkan dengan data histories pengalaman kerja.

4. Bila Anda seorang yang baru lulus, tentu saja ada dua pilihan yang perlu dicoba, yaitu langsung masuk pada jajaran manajerial (biasa disebut management trainee) atau level teknis terlebih dulu. Karena apabila Anda masuk ke level teknis tentu nantinya proses seleksi akan berbeda dengan level manajerial. Untuk level manajerial, resume yang dibuat tidak terlalu penting kecuali persyaratan usia dan Indeks Prestasi Akademik. Namun untuk level teknis, misal tenaga pemasaran/front liner dsb, resume harus lebih meyakinkan recruiter bahwa Anda mempunyai kemampuan menjalankan tugas di level tersebut.

5. Demikian juga bila Anda merencanakan berganti industri, misalkan Anda saat ini bekerja sebagai seorang tenaga pemasaran dengan menjual mobil, dan ingin bekerja di sebuah bank, juga sebagai tenaga pemasaran. Tentu saja dengan kondisi seperti ini resume yang dibuat akan berbedar dengan resume pada poin2 di atas. Dalam menyusun resume, Anda harus lebih menekankan pada prestasi penjualan produk, dan aktivitas2 yang berhubungan dengan pemasaran.
  • 0

#16 The Legend

The Legend

    ~ HalfLife ~

  • Retired MOD
  • 9,943 posts

Posted 05 November 2008 - 06:45 PM

Langkah ke-2 : Menganalisa Iklan Lowongan Kerja

Selanjutnya setelah melihat posisi diri Anda saat ini, maka selanjutnya Anda harus menganalisa iklan yang dibuat oleh recruiter. Tujuan menganalisa iklan adalah untuk memudahkan Anda membuat resume yang tepat.

BENTUK IKLAN UNTUK RESUME KRONOLOGIS
1. Biasanya mengutamakan minimal umur dalam menempati jabatan tertentu. Contohnya, untuk menempati jabatan manajer, usia minimal 30 tahun, atau Direktur dengan usia minimal 40 tahun.
2. Demikian juga dengan minimal pendidikan. Misalnya, untuk level manajer minimal pendidikan S2, dsb
3. Dalam menempati sebuah jabatan, dipersyaratkan telah menempati jabatan yang sama selama sekian tahun. Misalnya, posisi manajer pemasaran dipersyaratkan telah menjadi seorang manajer sales atau marketing minimal 3 tahun.

Kata-kata kunci dalam Iklan Kronologis
1. Berpengalaman selama “X” tahun di posisi yang sama. Misal, Perusahaan memerlukan Anda karena telah menempati posisi Manajer Produksi selama misalnya 5 tahun.
2. Strong Leadership. Diperlukan seorang kandidat yang mempunyai kemampuan memimpin anak buah cukup lama (berkaitan dengan di atas)
3. Pendidikan minimal Perusahaan menekankan persyaratan pendidikan tertentu misal (SMU/DIII/S1/S2)
4. Indeks Prestasi Minimum (IPK) Biasanya dalam iklan ditekankan persyaratan IPK minimum untuk membedakan posisi manajerial dan non manajerial. Misal 2,75 untuk tenaga penjual dan IPK 3,00 untuk supervisor atau manajer. 5. Berpengalaman di Industri tertentu. Perusahaan memprioritaskan kandidat yang berasal dari industri yang sama, misalnya industri minuman “ABC” membutuhkan seorang manajer pemasaran, maka mereka mencari seorang yang berpengalaman sebagai manajer pemasaran di perusahaan kompetitor yang berpengalaman selama “x” tahun.

Kata-kata kunci dalam Iklan Funsional
1. Berkompeten
Mempunyai kemampuan dibidang yang dibutuhkan, bukan karena jabatan tetapi karena kemampuan
2. Exellent (sangat baik)
Bisanya perusahaan memprsyaratkan seseorang mempunyai keahlian dalam : written/tulisan, personality/kepribadian, communication skill atau mahir dalam berkomunikasi dengan pelanggan, Negotiating skill atau mampu melakukan negosiasi dengan supplier.
3. Pengalaman / Experience in
Pengalaman dalam bidang-bidang tertentu
4. Mengerti
Biasanya digunakan untuk kata lain pengalaman atau menguasai
5. Menguasai (alat, program, dll)
Adalah kata-kata yang sering digunakan pada iklan fungsional karena perusahaan menginginkan kandidat yang ahli dalam hal teknis
6. Berpenampilan menarik
Biasanya untuk posisi pekerjaan yang berhubungan langsung dengan konsumen/nasabah seperti front liner, customer service, SPG
7. Berjiwa dinamis
Artinya kandidat akan selalu berhubungan dengan orang lain dan berhubungan dengan ketahanan fisik.
8. Berkepribadian menarik
Karena posisi yang dibutuhkan adalah seorang yang berhubungan dengan orang lain, maka dibutuhkan seorang yang ramah, sopan, murah senyum dsb.
  • 0

#17 The Legend

The Legend

    ~ HalfLife ~

  • Retired MOD
  • 9,943 posts

Posted 05 November 2008 - 06:46 PM

Langkah ke-3 : Pilih Gaya & Tipe Resume

Pilih Sesuai Kebutuhan Anda
Setelah membaca beberapa istilah seperti : fungsional atau kronologis, berikut ini adalah penjelasan yang lebih mendetil. Menurut standar Internasional, terdapat 3 tipe umum dlam gaya penulisan resume, yaitu :

Resume Kronologis / chronologica resume
Resume Fungsional / functional resume
Resume Kombinasi / combination resume

MANA YANG SEBAIKNYA ANDA GUNAKAN?
Cara menentukan mana yang cocok dengan Anda adalh dengan memperhatikan kriteria gaya penulisan dengan kondisi yang sebenarnya Anda miliki. Hal ini disebabkan karena resume adalah alat pemasaran pribadi Anda, sehingga Anda harus menggunakan alat yang tepat sehingga memunculkan kekuatan. Keputusan untuk menyertakan Anda dalam tahapan seleksi berikutnya (interview) tergantung dari hasil scanning resume yang dilakukan oleh recruiter, yang biasanya hanya dalam hitungan detik saja.

RESUME KRONOLOGIS / CHRONOLOGICAL RESUME
Resume ini menonjolkan item pererjaan dan pendidikan, dimulai dari yang terakhir sampai beberapa tahun kebelakang. Disebut kronologis karena penulisannya berdasarkan data historis selama beberapa tahun kebelakang.
Resume kronologis adalah resume yang fokus utamanya adalah pengalaman kerja dan tanggung jawab serta presetasi yang diperoleh. Para recruiter pertama kali akan memperhatikan lamanya Anda bekerja apada suatu tempat dan akan bertanya mengapa Anda pindah dari perusahaan satu ke perusahaan yang lain.

GUNAKAN RESUME KRONOLOGIS APABILA :
Anda memiliki sejarah kerja yang mengesankan
Anda tidakmempunyai waktu menganggur yang panjang
Anda jarang pindah pekerjaan
Anda mencari pekerjaan lain, tapi masih dibidang yang sama
Anda bekerja pada perusahaan yang bonafid

KEUNTUNGAN / ADVANTAGES :
Lebih umum digunakan
Mudah dibaca dan diikuti
Menggambarkan stabilitas pekerjaan
Menggambarkan pertumbuhan yang stabil dalam tanggung jawab yang diemban.
Memberikan penjelasan mengenai jenis pekerjaan dan presetasi yang dicapai.

KEKURANGAN RESUME KRONOLOGIS :
Terlalu menekankan pada orientasi pekerjaan
Akan mengurangi performance Anda bila pekerjaan tidak ada relevansinya dengan yang dilamar
Akan mengurangi nilai apabila terlalu sering pindah pekerjaan.

You should use your resume's letterhead for your cover letter.
  • 0

#18 The Legend

The Legend

    ~ HalfLife ~

  • Retired MOD
  • 9,943 posts

Posted 05 November 2008 - 06:48 PM

Langkah ke-4 : Bentuk Dan Format Resume

Langkah ke-4.2 : Bagaimana Membuat Sebuah Resume / Cv
1. Format Global
Resume yang Anda buat harus sesuai dengan kebutuhan. Aturan dasar yang sederhana adalah : “1 (satu) halaman meliputi kurang lebih dari 10 pengalaman kerja. Maksimum halaman yang lazim digunakan adalah 2 halaman, kadang-kadang lebih dari 3 halaman juga dimungkinkan apabila pihak recruiter memang memintanya, misalnya : nama-nama relasi dan kontak bisnis yang dimiliki, atau pengalaman kerja yang lebih dari 10 tahun (terutama untuk posisi senior atau level direktur)

2. Pahami Arti Sebuah Resume
Anda harus berfikir bahwa resume yang Anda buat adalah gambaran positif mengenai diri Anda, beberapa ahli mengatakan resume adalah media promosi diri Anda. Apabila Anda membuat sebuah resume yang baik, rapi , enak dilihat, mudah dibaca, maka Anda akan mempunyai banyak kesempatan untuk proses seleksi lanjutan. Resume adalah sebuah alat seleksi dimana resume yang dinilai baik, menarik dan memenuhi syarat di tahap awal akan mengalahkan resume yang buruk dan tidak menarik. Karena begitu vitalnya peran resume bagi Anda, maka perencanaan yang cermat dan teliti sangat dibutuhkan.

3. Gabungkan Informasi
Gabungkanlah semua informasi mengenai diri Anda. Identifikasi kemauan dan prestasi kerja yang telah dimiliki. Lalu pilih format yang sesuai, dan mintalah pendapat ahli atau rekan sebagai koreksi. Sebelum Anda menulis sebuah resume yang efektif, Anda harus membuat koleksi penilaian diri, mengidentifikasi dan menuliskan semua data pribadi, keahlian, pengalaman kerja dan lain-lain. Tidak perlu khawatir mengenai format atau bentuk jadinya, tujuan utama dari aktifitas ini adalah untuk mengidentifikasi informasi yang sesuai/relevan.

Catatan :
Pertama kali Anda harus menentukan apa saja yang akan masuk ke dalam resume, hal ini akan memudahkan untuk memilih format yang digunakan untuk mempromosikan keahlian Anda pengalaman kerja nantinya. Pokok-pokok utama yang ditulis akan memeudahkan Anda untuk mengumpulkan data pendukung seperti :
Nama dan Alamat (Name & Address)
Pendidikan (Educations)
Pengalaman Kerja (Working Experience)
Ketertarikan/Minat (Interest)
Aktifitas yang saat ini dilakukan (Recent Activities)
Prestasi yang diraih (Awards)
Hal-hal lain yang mendukung (Miscellaneous)
Referensi (Reference)

4. Ringkaslah Kualifikasi yang Anda Miliki
Dalam membuat suatu ringkasan mengenai kualifikasi, perlu diperhatikan latar belakang pekerjaan yang tentunay dengan kebutuhan perusahaan / recruiter. Misalnya dalam mempekerjakan seorang tenaga pemasaran tentu saja yang pertama kali dilihat adalah pengalaman kerja dan keahliannya (skill). Jadi apabila Anda mempunyai beberapa keahlian, fokuskanlah hanya pada yang dibutuhkan oleh recruiter.

5. Cobalah Beberapa Kali
Mungkin Anda akan mencoba untuk beberapa kali sebelum menemukan hasil yang memuaskan, hal ini lebih disebabkan karena resu adalah cerminan kepribadian kita. Tipe dan gaya resume memperlihatkan pada pembaca apakah kita rapi atau beraentakan, boros atau hemat dan sebagainya. Rancangan yang paling mudah adalah dengan mengcopy atau meniru gaya rancangan yang cocok dengan selera atau kepribadian kita. Tapi harus juga memperhatikan tujuan dan kondisi Anda saat ini.

6. Langkah Lain yang Disarankan
Pertama, lihatlah iklan atau lowongan kerja yang ditawarkan kepada kita, kemudian amati posisi yang ditawarkan apakah sesuai dengan diri kita. Selanjutnya catat keahlian, level pendidikan atau hal lain yang dipersyaratkan. Dan akhirnya rancangan sebuah resume yang bisa memenuhi semua persyaratan yang diperlukan dengan memilih tipe atau model resume.

7. Buatlah Menarik
Buatlah resume semenarik mungkin, karena kita sedang melakukan personal promotion kepada recruiter. Gunakan komputer untuk menghasilkan bentuk resume standar. Dengan komputer, Anda akan mempunyai banyak sekali kemudahan ntuk membuat resume yang berkualitas. Anda bisa menggunakan pilihan huruf (font) dan kombinasi warna serta mudah dalam melakukan koreksi. Untuk hasil cetakan, sangat disarankan untuk menggunakan printer laser jet, karena kualitasnya sangat baik. Untuk keperluan E-mail, kombinasi warna sangat disarankan, tetapi jangan sampai terlalu norak. Demikian pula untuk kertas, sebaiknya menggunakan kertas ukuran kwarto 80gr. Kertas ukuran folio tidak disarankan karena kana sangat banyak informasi yang disajikan dalam satu halaman atau bahkan banyak ruangan yang tersisa apabila informasi terlalu sedikit. Ketebalan kertas juga mempengaruhi., kertas di bawah 80gr akan terliat kurang keras dan berkesan mudah terlipat. Aturlah agar dalam satu halaman pembaca mudah mengerti maksud yang Anda sampaikan. Karena resume menyangkut masalah mood pembaca, usahakan untuk tidak menggunakan terlalu banyak atribut seperti symbol-simbol dan informasi yang tidak perlu yang mengakibatkan recruiter malas membaca.

8. Hindari Kesalahan
Gunakan bantuan teman atau keluarga Anda untuk memeriksa apakah ada kesalahan dalam pengejaan, struktur bahasa, pemborosan kata-kata atau keliru dalam penulisan angka. Pastikan merka menyetujui hasil kerja Anda, untuk itu periksalah berulang-ulang sampai pada kata akhir : “sempurna!”.

9. Membuat Resume yang Baik Menyita Waktu & Dana
Sebuah resume yang efektif berarti menggunakan kata-kata tepat. Resume yang efektif akan berkesan powerful. Untuk merancang resume tersebut Anda harus meluangkan waktu khusus, duduk di meja atau di depan kompoter untuk mendapatkan formulasi yang tepat. Sangat tidak mungkin untuk mendapatkan sebuah rancangan yang baik dalam satu kesempatan. Untuk mendapatkan sebuah resume yang sempurna harus melalui proses yang panjang. Proses mencoba, melihat milik orang lain, menilai dan mencari ketepatan gaya resume dapat menyita waktu, bisa harian, bulanan bahkan tahunan. Untuk itu perlu juga Anda melibatkan pihak lain untuk membantu mendapatkan resume yang efektif dan profesional, untuk menyingkat waktu namun tetap harus berkorban rupiah.

10. Stimulasi Isi Resume
Untuk menguji apakah resume Anda sesuai dengan harapan recruiter, beriekut ini adalah beberapa pertanyaan yang bisa dijawab dengan menggunakan resume.
Apakah Anda mampu menyelesaikan permasalahan-permasalahan perusahaan?
Apa yang menyebabkan Anda lebih baik dari kandidat lain?
Bagimana Anda mampu menyesuaikan diri dengan pekerjaan?
Apakah Anda mempunyai komitmen kuat dalam bekerja?
Apakah Anda akan mampu meningkatkan profit dan growth bisnis perusahaan?

Apa yang sebaiknya tidak dimasukkan ke dalam curriculum vitae/resume Anda ?
1. Jangan memasukkan informasi pribadi seperti :
Usia atau umur Anda, cukup tempat dan tanggal lahir. Tempatkanlah usia atau umur Anda di lembar surat lamaran, bukan di resume.
Status pernikahan
Jumlah dan usia anak Anda
Permasalahan mencari pekerjaan
Betapa sulitnya hidup Anda.
2. Jangan masukkan kelemahan yang Anda miliki.
Ketidakmampuan fisik (cacat, handicap)
Ketidakmampuan dalam berhubungan dengan orang lain
Kelambanan dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan baru.
3. Hal-hal lain yang tidak dianjurkan :
Tinggi/berat badan dan foto, kecuali diminta oleh recruiter.
Menceritakan hal-hal yang negative mengenai pekerjaan atau rekan kerja/atasn pada perusahaan sebelumnya.
  • 0

#19 The Legend

The Legend

    ~ HalfLife ~

  • Retired MOD
  • 9,943 posts

Posted 05 November 2008 - 06:50 PM

JOBProfile

JOBProfile adalah sebuah resume singkat yang lebih spesifik menjelaskan kegiatan apa saja yang telah Anda lakukan selama bekerja. Resume ini lebih menekankan kepada kemampuan atau keahlian dalam suatu bidang pekerjaan tertentu.

Selain itu JOBProfile juga mempermudah recruiter dalam membandingkan bidang pekerjaan yang akan dijalani dengan yang telah dilaksanakan. Sesuai dengan namanya resume ini hanya fokus pada pengalaman kerja dan tidak ada segmen lain seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Karena jenjang pendidikan, hobi, prestasi, refrensi tidak diperlukan.

Sorang recruiter pasti akan menginterview calon pelamar untuk mendapatkan informasi menganai apa yang mereka kerjakan selama bekerja, dan untuk selanjutnya akan membandingkan dengan yang telah dilakukan oleh perusahaan mereka. Terlebih lagi apabila perusahaan tempat Anda bekerja adalah pesaing dari perusahan recruiter.

JOBProfile terdiri dari :
1. Nama lengkap
2. Alamat dan nomor telepon/HP atau e-mail
3. Nama perusahaan, jabatan dan lamanya menjabat
4. Nama program atau penugasan
5. Perincian secara global dari program/penugasan

Sebagai contoh :
Andi 28 tahun adalah seorang supervisor marketing disebuah perusahaan consumer goods, yang khusus menjual produk permen market leader. Dia sudah 4 tahun diposisi tersebut, karena kesempataan untuk menempati posisi manajer marketing sangat susah diperoleh, ybs merencanakan untuk berkarir di tempat lain yang lebih menjanjikan dan menantang yaitu diperusahaan competitor.
Di perusahaan yang lama, 2 tahun pertama bertanggung jawab dalam pencapaian sales perusahaan khususnya dalam support salesnya. Beda dengan non technical sales sebelumnya, di 2 tahun terahkir dia diberikan tanggung jawab sebagai seorang supervisor sales khusus di modern market yang bertanggung jawab meningkatkan omset penjualan untuk produk-produk permen di minimarket/supermarket/hypermarket dan sejenisnya. Untuk melamar posisi baru Andi harus memberikan gambaran yang jelas pada recruiter menganai apa saja yang telah dia lakukan. Berikut gambaran JOBProfile milik Andi.
  • 0

#20 The Legend

The Legend

    ~ HalfLife ~

  • Retired MOD
  • 9,943 posts

Posted 05 November 2008 - 06:52 PM

Langkah Ke-5 : Transformasikan Dengan Benar

Untuk mendapatkan resume yang terbaik, maka Anda harus bisa mentransformasikan segala hal tentang diri Anda kepada satu tujuan, yaitu mendapatkan kesempatan untuk tes seleksi. Tentu saja tidak mudah untuk bisa melakukan itu. Perlu panduan dan latihan yang khusus, namun bila Anda telah mengetahui kuncinya, maka menyusunnya akan semudah membalikkan telapak tangan. Seseorang dengan pengalaman kerja yang banyak, apabila tidak bisa mentransformasikan pengalaman kerjanya akan dengan mudah dinilai tidak relevan atau kurang relevan untuk menempati posisi yang dilamarnya, dibandingkan dengan calon pelamar dengan pengalaman kerja yang lebih sedikit tetapi relevan. Untuk bisa relevan dengan posisi yang dilamar, tentu saja tidak semua orang secara alamiah bisa melakukan. Tentu saja bila Anda seorang asisten manajer pemasaran perusahaan rokok dan bertujuan melamar sebagai asisten manajer pemasaran di perusahaan rokok kompetitor, Anda akan dikatakan “relevan dengan posisi yang dilamar”. Atau Anda seorang auditor disebuah perusahaan akuntan publik, melamar para sebuah perusahaan sebagai auditor, maka Anda juga dikatakan relevan. Tetapi tentu saja kondisi dilapangan tentu tidak seperti yang diharapkan. Betapa sering terjadi sebuah posisi di sebuah perusahaan, diperebutkan oleh lebih dari 50 kandidat dengan berbagai latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja. Maka untuk menjadi relevan di mata recruiter adalah sesuatu yang penting dan menjadi keharusan, apalagi dengan melihat puluhan juta angkatan kerja yang masih belum mendapatkan kesempatan untuk bekerja. Langkah-langkah yang harus dilakukan dalam usaha mendapatkan resume yang relevan adalah :

1. Tuliskan diri & pengalaman kerja apa saja yang selama ini Anda miliki, secara diskripsi.
Maksudnya adalah menuliskan secara bebas apa saja yang pernah Anda alami dan rasakan sewaktu bekerja dulu.
2. Pilih kata-kata kunci yang tepat
Adalah menggunakan kata-kata kunci di industri perusahaan tempat melamar. Misalnya, untuk level teknis, kata-kata kuncinya adalah : kemampuan melobi, interpersonal skill, kerja sama tim, pencapaian target, dsb. Sedangkan untuk level manajerial, kata kuncinya adalah : memimpin, mengkoordinasi, mengatur, kerja sama tim, dll.
3. Pilih pengalaman kerja atau keahlian yang kira-kira diperlukan dalam menjalankan posisi pekerjaan yang ditawarkan.
Keahlian atau kemampuan yang diperlukan untuk suatu jabatan tertentu. Misalnya meskipun Anda mempunyai reputasi bagus dalam pencapaian pribadi (target), namun yang harus ditonjolkan adalah kemampuan dan pengalaman dalam memimpin, mengatur, mengkoordinasikan, meskipun tidak terlalu dominan.
  • 1




BlueFame.Com A Blue Alternative Community for Peace, Love, Friendship, and Cyber Solidarity © 2006 - 2011
All Rights Reserved Unless Otherwise Specified

BlueFame Part Division
BlueFameStyle | BlueFame Upload | BlueFame Radio | BlueFameMail | Advertise here!

BlueFame DMCA Policy