Jump to content



 

 

Kesalahan Utama Pemancing


30 replies to this topic

#1 OmRoy

    BlueFame MetaData

  • Elite Member
  • 737 posts
Click to view battle stats

Posted 07 July 2009 - 11:56 AM

Kesalahan Yang Sering Anda Lakukan Dalam Memancing

Banyak dari kita melakukan kesalahan - kesalahan ini saat memancing, yang menyebabkan tujuan memancing kita untuk mendapatkan ikan sasaran gagal. Yang pertama kali anda lakukan setelah anda memancing adalah sebuah evaluasi, apakah teknik memancing anda sudah benar, dan apakah segala sesuatunya berjalan sesuai dengan baik. Baik anda yang memancing di alam maupun di kolam pancing, semuanya tentu saja membutuhkan teknik evaluasi, mungkin saja anda melakukan beberapa kesalahan dalam memancing seperti berikut :

- Salah dalam umpan. Umpan yang anda gunakan tidak sesuai dengan yang disenangi ikan. Biasanya banyak orang membawa banyak umpan untuk memancing di kolam, atau sudah meraciknya di rumah, ada baiknya anda mencari bocoran informasi tentang target sasaran anda nanti, jenis apa yang menjadi maskot, ikan tersebut berasal dari daerah mana, terkadang menentukan asal ikan kita akan mendapat informasi berharga makanan apa saja yang di konsumsi ikan di daerah asalnya. Untuk yang memancing di perairan umum bawalah umpan yang sesuai dengan target sasaran anda, misalnya anda mencari ikan nila, maka anda membawa umpan lumut yang merupakan kesukaan ikan ini, dengan mencelupkannya pada rebusan bekicot misalnya maka umpan ini merupakan favorit ikan nila.

- Salah jam atau waktu, ikan memiliki kebiasaan waktu dalam hal makan, jenis ikan lele, sidat dan ikan gabus memiliki pola makan aktif pada malam hari, contoh lagi ikan nila dan mujair aktif pada siang hari. Dengan memilih waktu makan yang tepat, maka proses pemancingan dapat menghasilkan lebih banyak dari yang anda kira. Mungkin ada bagusnya anda mempelajari sifat dan kebiasaan makan ikan dari buku - buku dan juga sifat biologis ikan.

- Kondisi lokasi memancing kurang mendukung. Penyebabnya adalah terlalu banyak tanaman air atau terlalu banyak Lumpur. Ikan lebih menyukai kondisi air yang sedikit ada tanaman air dan juga kondisi air yang cukup bening. Kondisi terbaik adalah jika warna air cukup hijau karena kandungan ganggang atau lumut, namun tidak terlalu keruh. Ikan juga tidak menyenangi lumpur, kandungan lumpur yang terlalu banyak menyebabkan kandungan oksigen berkurang dan ikan menjadi tidak aktif dalam mencari makan. Ikan akan cenderung berada di dasar kolam dan tidak mau makan. Pelajarilah kondisi air sebelum anda memancing, baik jika anda mau memancing di kolam atau memancing di perairan bebas.

Memancing memang bukan sebuah pekerjaan yang rumit, dengan sedikit evaluasi dari hasil pemancingan anda tentu saja anda akan mendapatkan ikan target anda dengan hasil yang maksimal.

#2 marimas

    BlueFame ABG

  • Members
  • PipPip
  • 36 posts
Click to view battle stats

Posted 10 July 2009 - 01:44 PM

Thanks pencerahannya Om

#3 godfromthehell

    Youth BlueFame

  • Members
  • PipPipPip
  • 192 posts
Click to view battle stats

Posted 10 July 2009 - 01:47 PM


QUOTE
Salah dalam umpan. Umpan yang anda gunakan tidak sesuai dengan yang disenangi ikan.


tapi kayaknya udah bener tapi koq ,gak bisa- bisa yah om

#4 cowokganteng

    BlueFame Flooder

  • Members
  • PipPipPipPipPipPip
  • 1,669 posts
Click to view battle stats

Posted 12 July 2009 - 07:54 PM

mancing dl ah...dah dpt pencerahan nih

#5 senyum

    BlueFame Typer

  • Members
  • PipPipPipPipPip
  • 1,123 posts
Click to view battle stats

Posted 15 July 2009 - 10:26 AM

mancing ae kok ribet yah ... pantes ga pernah dapat sad.gif

#6 Persidmania

    The Smiling Killer

  • Elite Member
  • 4,574 posts
Click to view battle stats

Posted 17 July 2009 - 04:53 PM

QUOTE
- Kondisi lokasi memancing kurang mendukung. Penyebabnya adalah terlalu banyak tanaman air atau terlalu banyak Lumpur. Ikan lebih menyukai kondisi air yang sedikit ada tanaman air dan juga kondisi air yang cukup bening. Kondisi terbaik adalah jika warna air cukup hijau karena kandungan ganggang atau lumut, namun tidak terlalu keruh. Ikan juga tidak menyenangi lumpur, kandungan lumpur yang terlalu banyak menyebabkan kandungan oksigen berkurang dan ikan menjadi tidak aktif dalam mencari makan. Ikan akan cenderung berada di dasar kolam dan tidak mau makan. Pelajarilah kondisi air sebelum anda memancing, baik jika anda mau memancing di kolam atau memancing di perairan bebas.


Ane sering salah tempat kalau mau mancing.. mungkin gara2 sering nyari tempat yang baru buat mancing...

Makasih infonya bro... bisa dipake rujukan nih.... BigGrin.gif

#7 m3t4l

    BlueFame Hotter

  • Members
  • PipPipPipPip
  • 564 posts
Click to view battle stats

Posted 24 July 2009 - 06:33 PM

tapi ingat, kesalahan terbesar yang sama sekali tidak boleh dilakukan oleh pemancing adalah.....

........alat pancing tertinggal dirumah LMAO.gif

#8 D'Tamboonerz

    Youth BlueFame

  • Members
  • PipPipPip
  • 63 posts
Click to view battle stats

Posted 25 July 2009 - 03:42 PM

kalau kesalahan terbesar dan selalu berulang2...setelah ngeset stopper, pelampung, kili2, kail...tinggal lempar eh lupa timahnya...bongkar lagi dah...

#9 jumai

    BlueFame Hotter

  • Members
  • PipPipPipPip
  • 578 posts
Click to view battle stats

Posted 27 August 2009 - 02:09 PM

thank's untuk infonya om, gimana kalo disungai yang sering banjir???????????????????

#10 dicky_a

    Youth BlueFame

  • Members
  • PipPipPip
  • 106 posts
Click to view battle stats

Posted 06 September 2009 - 06:27 PM

kalo mancing ikan mas galatama, biar dapet yg gede pake umpan apa bro? Soalnya bomnya rata2 pake pelet


#11 bunciskoplak

    Youth BlueFame

  • Members
  • PipPipPip
  • 108 posts
Click to view battle stats

Posted 07 September 2009 - 10:53 PM

yaaah faktor nasib kelihatannya juga nentuin tuh bro, soalnya aku sering apes kalo ikut lomba mancing ikan tombro

#12 manman

    Youth BlueFame

  • Members
  • PipPipPip
  • 83 posts
Click to view battle stats

Posted 02 November 2009 - 03:00 PM

mancing itu rejeki-rejekian kadang dapet banyak kadang sedikit yang penting
bersukur apa adanya dan jangan menyerah

#13 paluiokeh

    Youth BlueFame

  • Members
  • PipPipPip
  • 150 posts
Click to view battle stats

Posted 16 February 2010 - 03:33 PM

Hmmmmm, klo udah di kasih pencerahan tapi masih Boncos juga alias kaga dapet2, Brarti blon rejeki...

#14 paluiokeh

    Youth BlueFame

  • Members
  • PipPipPip
  • 150 posts
Click to view battle stats

Posted 16 February 2010 - 03:34 PM

Hmmmmm, klo udah di kasih pencerahan tapi masih Boncos juga alias kaga dapet2, Brarti blon rejeki...

#15 DUD1

    Youth BlueFame

  • Members
  • PipPipPip
  • 102 posts
Click to view battle stats

Posted 26 February 2010 - 12:53 PM

tergantung dikasih rejeki bos hehehheheh

#16 dungdee

    Youth BlueFame

  • Members
  • PipPipPip
  • 95 posts
Click to view battle stats

Posted 20 December 2010 - 06:33 PM

kesalahan umpan kyknya ane paling sering tu... dapetnya cuman kulit gosong pas pulang

Edited by dungdee, 20 December 2010 - 06:35 PM.


#17 dombretshake

    BlueFame Hotter

  • Members
  • PipPipPipPip
  • 317 posts
Click to view battle stats

Posted 09 January 2011 - 02:48 PM

kalo mancing di laut kira2 gmn bro? kesalahan apa yg perlu di hindari?

#18 am2_ca

    BlueFame ABG

  • Members
  • PipPip
  • 37 posts
Click to view battle stats

Posted 10 January 2011 - 10:19 PM

emang beda umpan palsu sama umpan gitu2 apa sih,
apa cuma ikan tertentu aja yg doyan makan ikan juga?..

kalo menurut gw sih,
1% skill
99% mujur

heheh, kiding kk...

#19 nugie86

    Youth BlueFame

  • Members
  • PipPipPip
  • 117 posts
Click to view battle stats

Posted 30 May 2011 - 04:16 PM

tambah lagi kalo mancing jangan pas lagi ombak gede .... :chaong:

#20 rifkiusmanhakim

    Mungkin Tukang Spam

  • Members
  • 2 posts
Click to view battle stats

Posted 09 June 2011 - 01:01 PM

ikutan gabung yahhh... dan nih mau tanya karena ane pemancing pemula...cuman ane suka mancing nya tengah laut di atas bagan..tempat nelayan ngejaring ikan rebon atau teri..dan cumi... saya suka disitu dengan kedalam antara 30 m sampai 50 meter...yang saya mau tanyakan... kalau untuk kail jarak nya berapa dari dasar laut nya...(umpan apa juga yang bagus )





BlueFame.Com A Blue Alternative Community for Peace, Love, Friendship, and Cyber Solidarity © 2006 - 2011
All Rights Reserved Unless Otherwise Specified

BlueFame Part Division
BlueFameStyle | BlueFame Upload | BlueFame Radio | BlueFameMail | Advertise here!

BlueFame DMCA Policy