Jump to content



 

 

Cara Mencegah dan Mengatasi Rem Blong


1 reply to this topic

#1 Rakkana

    ~JengkolHolic Sebenarnya~

  • Moderator
  • 15,294 posts
Click to view battle stats

Posted 14 March 2011 - 06:18 PM

Cara Mencegah dan Mengatasi Rem Blong



Posted Image



Rem yang tidak berfungsi atau biasa disebut rem blong, tidak hanya terjadi pada kendaraan berukuran besar seperti bus dan truk, tetapi juga mobil penumpang. Permasalahan rem seperti itu mendominasi penyebab kecelakaan di jalan raya.

Ada beberapa penyebab. Beberapa kecelakaan menunjukkan, penyebab rem blong ternyata bukan hanya disebabkan oleh kanvas rem atau piston rem yang rusak saja. Rem blong, juga disebabkan oleh kualitas minyak rem, selang yang bocor, atau masalah di booster rem. Seperti apa permasalahan tersebut serta bagaimana mencegahnya? Bagaimana pula mengatasi kondisi rem blong saat kendaraan melaju?

Berikut penjelasan mengenai penyebab rem blong:

1. Master rem bocor

Penyebab masalah ini biasanya karet sil piston master yang sudah aus seiring dengan umur pemakaian atau karena faktor kontaminasi antara minyak rem, udara, dan air yang ada di tabung reservoir minyak rem. Akibatnya, minyak rem yang sudah busuk karena kontaminasi itu menyebabkan karet sil cepat rusak atau getas dan pecah.

Sehingga saat pedal rem diinjak tidak mampu menekan angin atau istilahnya ngempos alias blong. Sebab fungsi sil itu memompa minyak agar memberi tekanan hidrolis yang menggerakkan sepatu rem pada model rem tromol atau menekan rem cakram.

Sebagai langkah pencegahan sangat dianjurkan untuk menguras minyak rem dan menggantinya saban enam bulan dan maksimal satu tahun sekali.

2. Saluran minyak rem tersumbat

Penyebab lainnya adalah, lubang suplai minyak rem dari tabung reservoir minyak rem ke dalam silinder master rem tersumbat kotoran. Ukuran lubang suplai ini hanya 1-2 milimeter. Sehingga bila minyak rem kotor, potensi lubang tersumbat sangat besar.

Bila hal itu terjadi, maka sistem kerja tekanan hidrolis minyak rem ke sistem pengereman tidak akan terjadi. Akibatnya rem tidak berfungsi dan mobil pun tetap bablas kendati pengemudi telah menginjak rem dalam-dalam.

Cara mudah untuk mengetahui gejala ini adalah, dengan menginjak pedal kopling dan rem secara bersamaan. Bila pedal rem telah diinjak dalam-dalam hingga menyentuh lantai tetapi mobil tetap melaju, itu berarti master rem kempos.

Bila mengalami hal itu segera hentikan mobil. Kemudian lakukan pengocokkan rem. Caranya hidupkan mesin mobil dan posisi gigi netral dan injak pedal rem berulang kali, hingga terasa pedal normal kembali, kemudian bawa mobil ke bengkel.

3. Suhu panas

Penyebab lain yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah, suhu yang sangat panas pada peranti pengereman baik di bagian master maupun selang atau pipa saluran minyak rem. Suhu yang pans tidak hanya menyebabkan kualitas minyak rem menurun tetapi juga menyebabkan karet sil dan selang minyak cepat aus dan bocor.

4. Kanvas dan piston rem aus

Keausan pada dua peranti itu umumnya dikarenakan oleh umur pemakaian, tetapi bisa juga karena cara perlakuan yang salah. Kerap melakukan pengereman yang mendadak dan terlampau sering adalah satu diantara beberapa penyebab utama.

Selain itu kanvas yang kotor juga bisa menyebabkan rem tidak pakem. Sebab kotoran yang menempel di kanvas menjadikannya licin kala sepatu rem (bila rem mobil menggunakan rem tromol) dan piston (bila rem cakram) menjepit kanvas. Akibatnya, mobil tetap melaju kendati pengemudi berkali-kali menginjak pedal rem.

Oleh karena itu sangat disarankan melakukan pemeriksaan dan membersihkan perangkat tersebut saban enam bulan sekali. Atau idealnya setiap mobil telah berjalan 10 ribu kilometer, dan tidak tergantung waktunya yang pasti setelah menempuh jarak itu.


Nah, masalahnya, bagaimana jika rem Anda blong di saat kendaraan tengah melaju?

Bila rem mobil Anda blong alias tidak berfungsi kala mobil melaju kencang, jangan panik. Mengendalikan emosi adalah yang utama, setelah itu lakukan langkah-langkah ini secara cermat dan cepat, namun tetap tenang.

Berikut tips mengatasi rem blong saat kendaraan masih melaju:

1. Lakukan pengocokkan rem secepat mungkin, yaitu dengan menginjak pedal rem berkali-kali sembari mengurangi kecepatan mobil.

2. Bila rem tetap kempos meski pedal rem telah dikocok, maka kurangi gigi perseneling secara perlahan. Pastikan, kendaraan di depan dan belakang Anda masih dalam jarak yang aman.

Cara ini harus dilakukan secara hati-hati, sebab bila mendadak dan penurunan posisi gigi dilakukan secara drastis maka mesin akan jebol.

3. Bila telah berhasil menurunkan posisi gigi dan laju kendaraan mulai berkurang, berusahalah menepi secara perlahan. Bila telah mencapai tepi jalan, lakukan pengereman dengan menggunakan rem tangan. Tapi ingat, cara itu harus dilakukan secara hati-hati. Bila tidak maka mobil akan terpelanting.

Namun bila langkah itu tidak mungkin Anda lakukan karena jarak kendaraan lain baik yang ada di depan maupun belakang mobil Anda terlalu dekat, maka carilah obyek benda mati yang untuk menghentikan mobil.

Jangan menabrak secara tegak lurus, tetapi serempetkan kendaraan ke tebing, semak-semak, atau separator dengan posisi menyamping sehingga memungkinkan mobil berhenti secara perlahan.

Semoga bermanfaat...

++

Sumber



#2 PROJECT-D

    BlueFame Flooder

  • Members
  • PipPipPipPipPipPip
  • 2,499 posts
Click to view battle stats

Posted 16 March 2011 - 12:53 PM

nice info..

yg penting bagaimana mengontrol diri biar ngga panik sblm beraksi, terlebih jika bawa penumpang.. :HeHe:

Edited by PROJECT-D, 16 March 2011 - 12:56 PM.






BlueFame.Com A Blue Alternative Community for Peace, Love, Friendship, and Cyber Solidarity © 2006 - 2011
All Rights Reserved Unless Otherwise Specified

BlueFame Part Division
BlueFameStyle | BlueFame Upload | BlueFame Radio | BlueFameMail | Advertise here!

BlueFame DMCA Policy