Jump to content



 

 

= Tips, Trick & Saran Tentang F & B =


76 replies to this topic

#1 Rakkana

    ~JengkolHolic Sebenarnya~

  • Moderator
  • 15,127 posts
Click to view battle stats

Posted 01 February 2011 - 08:58 AM

Thread ini khusus buat kalian yg ada info, tips, saran ato pertanyaan seputar makanan & minuman ! so segala ilmu yg kalian punya tumpahkan di sini ! ato klo ada yg tdk diketahui yah nanya di sini ntar temen2 yg ngerti bisa bantu jawab yah ! :thumbsup:

Thanks All


#2 Rakkana

    ~JengkolHolic Sebenarnya~

  • Moderator
  • 15,127 posts
Click to view battle stats

Posted 01 February 2011 - 08:58 AM

Agar Rasa Kopi Tetap Nikmat

Bagi sebagian orang, meminum secangkir kopi dapat memberikan kenikmatan tersendiri dan menjadi ''teman'' yang menyenangkan di berbagai suasana. Rasa kopi akan semakin nikmat bila disimpan dan diolah dengan cara khusus.

KOPl kini telah menjadi bagian dari gaya hidup, khususnya bagi┬░mereka yang tinggal di kota besar. Apalagi dengan semakin banyaknya kafe khusus kopi dan inovasi dalam pembuatan kopi, sehingga melahirkan semakin banyak pecandu kopi di dunia ini.

Patut diketahui, kesegaran kopi lama kelamaan dapat menghilang karena faktor waktu, udara, kelembaban, suhu panas dan cahaya, sehingga rasanya pun berubah. Oleh karena itu, diperlukan trik khusus agar kualitasnya tetap terjaga, antara lain dengan:

Menyimpan kopi

Simpan kopi di dalam tempat tertutup dan letakkan di tempat dingin dan kering, dengan suhu sekitar 50-70 derajat Fahrenheit atau sekitar 5┬░Celsius. Jangan menaruh di dekat kompor, oven atau daerah yang mungkin terkena sinar matahari dan lampu karena suhunya bisa saja terlalu panas clan memengaruhi kualitas kopi.

Sebaiknya, jangan menyimpan kopi ke dalam frezeer. Namun bila membeli dalam jumlah banyak, pisahkan sebagian kecil-yang akan digunakan sehari-hari- dan masukkan sisanya ke dalam plastik kedap udara clan simpan di dalam freezer. Namun bila sekali dikeluarkan dari freezer, jangan dimasukkan kembali karena perubahan suhu yang terjadi akan menimbulkan lembab sehingga memengaruhi kualitas kopi Segera letakkan kopi tersebut di tempat kering clan dingin.

Biasakan untuk membeli kopi hanya sebatas kebutuhan selama seminggu atau 2 minggu. Dengan begini, Anda talk perlu menyimpan kopi terlalu lama dan kesegarannya pun tetap terjaga.

Membuat Kopi

Bila Anda menggunakan coffee maker, pastikan bahwa tempat tersebut bersih dari sisa-sisa kopi sebelumnya karena hal itu dapat menimbulkan bau apak clan mengubah rasa kopi.

Untuk menikmati rasa clan aroma yang maksimal dari kopi, gunakanlah air yang berkualitas. Apabila air di rumah mengandung zat besi, gunakanlah penyaring air clan jangan menggunakan air sulingan karena dapat mengubah rasa kopi tersebut.

Terakhir, gunakanlah air yang telah mendidih agar seluruh rasa kopi lebih tajam saat diminum. Tunggulah sekitar 30-60 detik sebelum menuangkannya ke dalam gelas.

++

#3 Rakkana

    ~JengkolHolic Sebenarnya~

  • Moderator
  • 15,127 posts
Click to view battle stats

Posted 01 February 2011 - 08:59 AM

ingat ingat !!!
batas akhir minum kopi adalah jam 18:00,
atau kwalitas tidur anda malam nanti akan menurun,

tapi bagi yang sudah addicted tentu gak berlaku lagi.... :ShameOnYou:

#4 Rakkana

    ~JengkolHolic Sebenarnya~

  • Moderator
  • 15,127 posts
Click to view battle stats

Posted 01 February 2011 - 09:01 AM

Cara Menyeduh Kopi agar aromanya lebih mantap

Cara Menyeduh kopi agar aroma kopinya bisa benar-benar keluar adalah :

1. tuang kopi tanpa gula ke dalam gelas / cangkir
2. tuangkan air mendidih kira2 1/4 gelas/cangkir kemudian aduk pelan hingga
keluar busanya.
3. Tambahkan Air Panas hingga air mencapai 3/4 gelas/cangkir,aduk sekali lagi
kopi Kita ini.
4. Baru ditambah gula dan air panas sampai penuh kemudian di aduk lagi.

Cara ini imaksudkan untuk mengelurkan aroma kopi, kuncinya adalah (langkah 2 dan 3 diatas )saat disiram air panas untuk pertama kalinya kopi jangan dicampur gula.Karena gula ini akan menghambat keluarnya aroma kopi.


Semoga bermanfaat

#5 Rakkana

    ~JengkolHolic Sebenarnya~

  • Moderator
  • 15,127 posts
Click to view battle stats

Posted 01 February 2011 - 09:06 AM

Hati - Hati Mencampur Teh Dengan Susu

Penambahan susu dapat menghilangkan khasiat teh yang sesungguhnya. Orang yang meminum teh berharap dengan khasiatnya, teh dapat mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke namun hanya jika dilakukan tanpa menambahkan susu kedalamnya. Hal ini berdasar penelitian Dr Verena Stangi.

Teh meningkatkan aliran darah dan kemampuan arteri untuk rileks namun penelitian di Rumah Sakit Charite di Universitas Berlin menemukan bahwa susu mengurangi dampak perlindungan terhadap penyakit jantung.

Stangi dan timnya menemukan bahwa protein yang disebut kasein dalam susu dapat menurunkan jumlah komponen dalam teh yang dikenal sebagai catheins yang meningkatkan perlindungan terhadap serangan jantung.

"Karena susu tampaknya mengubah aktivitas biologi dari komponen teh, tampaknya manfaat anti-tumor teh juga dapat terkena dampaknya," kata Stangi. "Saya kira ini penting bahwa kita mempelajari kembali hubungan antara konsumsi teh dan pencegahan terhadap kanker, untuk melihat jika itu sebuah masalah," tambah dia.

Ini aku dapat dari beberapa Sumber yang aku lupa....jadi bagi mempunyai sumber ini,aku minta maaf sebelumnya kalau aku tidak menyebutkan identitas Anda.

Semoga Bermanfaat.

#6 Rakkana

    ~JengkolHolic Sebenarnya~

  • Moderator
  • 15,127 posts
Click to view battle stats

Posted 01 February 2011 - 09:07 AM

Kopi Joss

Mungkin kawan2 pernah dengar atau meminum atau bahkan pecandu minuman yang bernama Kopi Joss.
Kalau misalnya belum pernah sama sekali, Kopi Joss adalah kopi yang dalam penyajiannya dimasuki bara arang yang merah.

Aku ada sedikit masukan bagaimana membuat Kopi Joss yang benar2 Joss....

Rebus air yang dicampur kopi sampai mendidih menggunakan arang kayu.
Maksudnya agar kawan2 tdk repot cari bara arangnya dan juga karena panasnya lama jadi kopinya lebih matang dan aromanya lebih keluar.
Setelah itu tuang di gelas atau cangkir, tambah gula sesuai selera.
Ambil bara arang kayu yang masih merah, kemudian masukkan ke dalam kopi Anda dan Kopi Joss Anda sudah siap dikonsumsi.


Semoga Bermanfaat.

#7 Rakkana

    ~JengkolHolic Sebenarnya~

  • Moderator
  • 15,127 posts
Click to view battle stats

Posted 01 February 2011 - 09:11 AM

Memilih Makanan Kaleng

Kemajuan zaman dan semakin banyaknya wanita yang bekerja membuat konsumsi makanan kaleng semakin meningkat. Pasalnya, selain mudahnya cara penyajian, jenis masakan dalam kaleng yang beredar di pasaran pun sudah sangat beragam. Di pasaran, kita bisa dengan mudah menemukan berbagai macam makanan kaleng, baik produksi dalam negri maupun yang impor. Dalam memilih makanan kaleng, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan. Terkadang konsumen tidak memperhatikan kondisi dari makanan kaleng tersebut, apakah masih layak dikonsumsi atau tidak.
Berikut beberapa tips untuk memilih makanan kaleng yang baik:
1. Pilih makanan kaleng yang kalengnya masih bagus (tidak penyok). 2. Pilih makanan kaleng yang tutup (seal)-nya masih bagus (tertutup rapat).
3. Usahakan tidak membeli makanan kaleng yang berjarak 3 bulan sebelum tanggal kadaluarsa. Bila sudah telanjur membeli, Anda masih dapat mengonsumsinya, sebab batas waktu konsumsi makanan kaleng umumnya 3 bulan sesudah tanggal kadaluarsa.
4. Sebelum membeli makanan kaleng, perhatikan bagian atas/tutup makanan kaleng. Bagian atas/tutup makanan kaleng harus cekung, tidak boleh menggelembung. Apabila Anda menemukan makanan kaleng yang bagian atas/tutupnya menggelembung, sebaiknya jangan dibeli. Penggelembungan ini terjadi karena adanya produksi gas oleh mikroorganisme, yang berarti terjadi pertumbuhan mikroorganisme.

#8 Rakkana

    ~JengkolHolic Sebenarnya~

  • Moderator
  • 15,127 posts
Click to view battle stats

Posted 01 February 2011 - 09:12 AM

TIPS Menghilangkan Rasa Pahit pada pare

Rasa pahit pare sering membuat kita males untuk mengkonsumsi sayuran / buah satu ini. Tapi jangan kawatir, aku punya tips untuk menghilangkan rasa pahit pare tanpa mengurangi kelezatan dan gizi yang dikandungnya.

Urapi Pare yang sudah diiris2 dengan garam sampai layu, kemudian cuci dengan air bersih sampai bersih. Setelah itu pare siap dimasak sesuai selera dan rasa pahitnya telah lenyap.


Semoga Bermanfaat.

#9 Rakkana

    ~JengkolHolic Sebenarnya~

  • Moderator
  • 15,127 posts
Click to view battle stats

Posted 01 February 2011 - 09:23 AM

JANGAN GUNAKAN SUMPIT SEKALI PAKAI

Ini adalah kasus nyata, jika suatu saat anda mempunyai kesempatan, cobalah untuk merendam sumpit sekali pakai sekitar 3 - 5 menit di air
panas.
Dan anda akan melihat deterjen pemutih larut di air panas dari sumpit sekali pakai. Jika anda dapat menyiapkan sumpit sendiri dari rumah, ini tidak saja ramah lingkungan (kayu) tapi juga untuk kebaikan anda sendiri.

Dalam suatu kampanye kesehatan di An Ning, Profesor Chew mengingatkan masyarakat untuk tidak menggunakan sumpit sekali pakai, mengingat sebagian besar sumpit sekali pakai dibuat dan diimpor dari China.
Sebelum diproduksi, bahan dasarnya (kayu) telah tumbuh bersama kuman yang mengubah warna bahan (akibat jamur). Pada proses awalnya, bahan diberi cairan kimia untuk mengawetkannya. Setelah itu dicuci dengan pemutih (yang dipercaya ribuan kali di atas standar). Dan apa yang terjadi? Bahan-bahan kimia ini dapat menyebabkan kanker, karsinogen.Profesor Chew tidak lagi menggunakan sumpit sekali pakai sejak ia datang ke sebuah pabrik pembuatan sumpit sekali pakai saat 5 tahun yang lalu. Agar tidak lupa, ia membawa sumpit sendiri di tasnya yang bisa dipakai berulang-ulang.

#10 Segho_Lover

    Komentator BlueFame

  • Elite Member
  • 1,743 posts
Click to view battle stats

Posted 02 February 2011 - 10:09 AM

Tipa Memilih dan Memasak Kerang

Kerang banyak digunakan di dapur Barat maupun Asia. Dagingnya lembut dan citarasanya lezat.

Merupakan salah satu bahan pangan laut yang rendah lemak, rendah garam, tinggi protein dan kaya asam lemak omega-3.

Agar hasil masakan kerang tidak mengecewakan, ada baiknya kita ikuti petunjuk berikut ini.

- Pilih kerang yang segar. Cirinya: baunya tidak busuk, tidak berlendir, dan kulit atau cangkangnya masih terkatup.

- Sikat kulit kerang satu persatu sampai lumpur dan kotoran yang melekat hilang. Bilas dengan air mengalir sampai bersih.

- Jika ingin menyimpan kerang segar, sebaiknya bungkus dalam plastik atau wadah bertutup rapat, lalu simpan dalam lemari pendingin (freezer). Dengan cara ini kerang tahan selama 2 minggu sampai 1 bulan.

- Jangan sekali-kali menyimpan kerang dalam rendaman air. Kerang jadi cepat busuk.

- Gunakan bumbu-bumbu beraroma tajam (misalnya: lengkuas, daun jeruk, serai, daun kemangi, jahe) saat memasak kerang. Tujuannya untuk mengurangi bau amis kerang.

***

Semoga bermanfaat.
:Peace:

Edited by Segho_Lover, 02 February 2011 - 10:10 AM.


#11 Rakkana

    ~JengkolHolic Sebenarnya~

  • Moderator
  • 15,127 posts
Click to view battle stats

Posted 02 February 2011 - 12:03 PM

Tips seputar Madu

1. Madu jangan dicampur langsung dengan air panas. Madu memiliki kandungan enzim-enzim, yang mana enzim-enzim ini akan mudah rusak atau hilang pada suhu tinggi, sehingga manfaatnya hampir tidak ada bila madu dicampur langsung dengan air panas.

2. Madu jangan disimpan di dalam kulkas. Di dalam kulkas, kandungan air pada madu akan bertambah yang menyebabkan kemurnian madu menjadi turun.
3. Botol madu yang meletup (ditandai bunyi ‘pop‘ ) saat dibuka menandakan kualitas madu kurang bagus. Letupan ini disebabkan adanya gas yang dihasilkan oleh proses fermentasi gula yang bersenyawa dengan zat lain sehingga menghasilkan gas yang terkumpul di dalam botol.

4. Madu asli memang memiliki warna beraneka ragam, tergantung jenis bunga yang dihisap lebah ketika membuat madu. Contohnya madu dari pohon kapuk berwarna coklat gelap. Madu dari pohon apel berwarna coklat cerah, dsb.

5. Untuk mengecek apakah madu asli atau merupakan campuran gula dan air, cara pengujiannya cukup mudah. Siapkan segelas air, kemudian tuang madu ke dalam gelas tersebut. Madu asli akan langsung mengendap, sedangkan yang telah dicampur gula dan air akan menyebabkan madu larut ke dalam air, sehingga terlihat bahwa madu palsu langsung bersenyawa (sebagian larut) bersama air.

semoga bermanfaat.

#12 Rakkana

    ~JengkolHolic Sebenarnya~

  • Moderator
  • 15,127 posts
Click to view battle stats

Posted 04 February 2011 - 10:40 AM

Cara menggoreng kerupuk supaya benar-benar crispy


Kalau Anda suka menggoreng kerupuk sendiri, saya punya pengalaman yang menarik berkaitan dengan hal tersebut yang semoga bisa menjadi tips berharga buat Anda juga. Bukan pada proses menggorengnya yang saya amati cukup berperan dalam kerenyahan kerupuk namun proses penjemuranlah yang banyak berperan.

Biasanya kita langsung menggoreng kerupuk mentah tanpa menjemurnya terlebih dahulu. Memang kerupuk mentah yang dijual di pasaran sudah melewati proses penjemuran terlebih dahulu. Namun jangan lupa bahwa kita hidup di iklim tropis yang kelembabannya cukup tinggi. Artinya kadar air dalam udara atau kebasahannya tinggi. Hal ini akan berpengaruh pada kualitas jemuran kerupuk. Oleh karenanya, seberapa bagus kemasan kerupuk yang Anda beli, haruslah kemudian Anda jemur lagi. Kalau memungkinkan, jangan sampai ada jeda antara waktu mengangkat kerupuk dari jemuran dengan proses penggorengannya. Sehingga begitu diturunkan langsung digoreng.

Waktu paling optimal untuk melakukan penjemuran adalah pukul sepuluh siang hingga pukul tiga sore. Namun hal ini mungkin relatif terhadap letak masing-masing daerah. Kuncinya, pastikan penjemuran mulai dilakukan ketika sinar matahari sudah mulai cukup terik dan harus segera diakhiri sebelum matahari terlalu condong ke barat. Suhu sore hari yang mulai menurun memungkinkan kandungan uap air yang ada di sekitar, kembali akan memasuki pori-pori kerupuk. Padahal proses penjemuran dengan panas sinar matahari dimaksudkan untuk menguapkan secara merata dan menyeluruh partikel-partikel udara yang masih terjebak dalam pori-pori kerupuk.

Semoga pengalaman ini bermanfaat bagi Anda dan selamat menikmati kerenyahan kerupuk hasil gorengan Anda sendiri.

++

#13 Rakkana

    ~JengkolHolic Sebenarnya~

  • Moderator
  • 15,127 posts
Click to view battle stats

Posted 07 February 2011 - 09:53 AM

TIPS SEPUTAR PEMBUATAN PUDING

KLIK - DetailPuding biasanya dimakan dalam keadaan dingin sebagai hidangan penutup setelah makanan utama. Bagaimana cara membuat puding yang baik dan enak, simak kiat Nuraini saat kursus Puding Cantik untuk Pesta di Klub NOVA beberapa waktu lalu:

1. Sebelum dipakai, wadah untuk puding sebaiknya dibasahi dulu dengan air matang, agar puding mudah lepas dari wadahnya.
2. Rebus air, gula dan agar-agar sekaligus. Memasukkan agar-agar bubuk saat air sedang panas, akan membuat puding menggumpal.
3. Jika campuran puding berupa jus buah, sebaiknya jus dicampur setelah agar-agar mendidih. Jika jus buah dimasak bersama agar-agar bubuk, maka hasilnya puding tidak akan mengeras.
4. Jika campuran puding terdiri dari susu dan air koktail, masaklah susu lebih dulu dengan agar-agar bubuk sampai mendidih, kemudian baru campurkan air koktailnya. Kalau air koktail dicampur sejak awal, susu akan pecah.
5. Jika menggunakan kuning telur, sebaiknya tidak dimasak bersamaan dengan agar-agar, karena kuning telur akan matang dan menimbulkan bercak-bercak seperti serabut. Sebaiknya campur kuning telur dengan sedikit agar-agar panas, aduk hingga rata, baru dicampur ke agar-agar mendidih.
6. Bila campurannya putih telur, kocok dulu hingga kaku, baru dicampurkan ke agar-agar yang sudah tidak terlalu panas. Dengan demikian, agar-agar dan putih telur akan tercampur rata.
7. Agar-agar yang telanjur mengeras sebelum dipakai bisa dicairkan kembali dengan jalan di tim. Atau dimasak ulang dengan tambahan sedikit air matang dan aduk sampai mencair kembali.

#14 Rakkana

    ~JengkolHolic Sebenarnya~

  • Moderator
  • 15,127 posts
Click to view battle stats

Posted 07 February 2011 - 09:54 AM

MENGOLAH UDANG DAN KERABATNYA

UDANG
Memilih udang segar:
- Udang segar akan menyebarkan aroma yang khas.
- Jangan pilih udang yang sudah berbau busuk.
- Udang yang sudah membusuk, badannya lembek. Karena itu, pilih udang yang badannya masih keras.
- Warna udang segar jernih berseri, tidak ada bintik-bintik hitam.


Cara menguliti:
KLIK - DetailMenguliti udang yang kecil memang tak mudah. Selain licin, kulitnya pun seakan menempel pad dagingnya. Nah, supaya mudah mengolahnya, cucilah lebih dulu udang hingga bersih. Masukkan ke dalam sebuah wadah, lalu siram dengan air panas secukupnya. Seketika, warna kulit udang pun akan berubah menjadi merah. Setelah itu, buang air panasnya. Kini, udang siap dikuliti.
Untuk menguliti udang, peganglah udang dengan kepala ada di tangan kanan. Putuskan kepalanya tepat di antara batas kepala dan badan. Setelah kepala lepas, kuliti seluruh tubuh udang, mulai bagian atas ke bawah. Jika Anda harus menyisakan ekornya, berhentilah menguliti hingga ruas kulit kedua dari ekor.
Belah punggung udang yang sudah Anda kuliti, sepanjang badannya dan tak lebih dari setengah cm dalamnya. Keluarkan isi perut udang yang berada di punggung tersebut, yang bentuknya seperti tali berwarna hitam. Setelah itu, cuci bersih. Untuk mengawetkannya dalam freezer, tiriskan udang tersebut untuk beberapa saat lamanya, lalu masukkan ke dalam kantong plastik atau wadah lain.


Tips memasak udang:
Daging udang amat lembut, karena itu, hindari memasak terlalu lama di atas api. Pakailah api besar supaya udang cepat matang. Jika terlalu lama, akan menyebabkan air tubuh udang yang sebenarnya penuh gizi jadi larut. Supaya udang rebus tampak cantik kemerah-merahan dan tidak anyir, masukkan setetes cuka ke dalam air rebusannya.

#15 Rakkana

    ~JengkolHolic Sebenarnya~

  • Moderator
  • 15,127 posts
Click to view battle stats

Posted 08 February 2011 - 09:18 AM

KEPITING DAN RAJUNGAN

DetailMemilih kepiting atau rajungan segar:
- Pilih kepiting atau rajungan yang masih lengkap jari-jarinya, terutama yang capitnya belum putus.
- Perhatikan matanya, jika bergerak masuk-keluar, tandanya ia masih hidup. Jari-jari yang bergerak pun bisa dijadikan patokan apakah binatang itu masih hidup atau sudah mati.
- Karena lazimnya dijual dalam keadaan terikat, angkatlah badannya. Bila terasa ringan, artinya dagingnya kurang padat. Kepiting yang berat adalah yang gemuk.
- Jangan sekali-sekali memilih kepiting yang kecil-kecil, karena sulit untuk mengeluarkan dagingnya.


Cara membersihkan kepiting:
Dengan keadaan masih terikat, tanpa dicuci lebih dulu, letakkan kepiting atau rajungan di atas talenan, dengan bagian dada menghadap ke Anda. Belah kepiting tepat di tengah badan dengan pisau tajam. Setelah jari-jarinya tak bergerak lagi, lepaskan tali yang mengikat badannya. Tanggalkan batok yang tinggal separuh, Anda akan melihat insang kepiting. Angkat dan buang. Tanggalkan pula ujung-ujung jari kepiting yang tak ikut dimasak karena tak ada dagingnya.
Cucilah bersih-bersih di bawah keran air, sambil membuang isi perut yang tampak kehijau-hijauan. Bagian yang berwarna kekuning-kuningan di dalam tubuh kepiting bukanlah kotoran, melainkan lemak. Jika Anda suka, bisa ikut dimasak.
Setelah benar-benar bersih, pukul capi dengan gagang pisau supaya tak retak. Dengan demikian, bumbu akan meresap hingga ke daging capit dan saat makan Anda tak sulit lagi mencari alat untuk memecahkannya. Batok kulit yang sudah dilepas tak perlu dibuang, jika di sekitar bagian dalam tampak ada sesuatu yang menempel. Bagian ini pun enak dimakan. Cuci saja di bawah aliran air, tanpa dikorek.


Tips memasak kepiting:
Cuci kepiting di bawah keran air dengan tuuh masih terikat. Gunakan sikat gigi untuk menyikat sela-sela jari yang biasanya terkena lumpur. Setelah itu, rebus sepanci air. Bila sudah mendidih, masukkan kepiting satu-persatu. Setelah kira-kira 15 menit dan batok kepiting sudah berwarna merah, angkat lalu tiriskan. Kini, dengan mudah Anda dapat menguliti kepiting dan mengumpulkan dagingnya untuk dimasak (misalnya untuk sup kepiting).

#16 Rakkana

    ~JengkolHolic Sebenarnya~

  • Moderator
  • 15,127 posts
Click to view battle stats

Posted 09 February 2011 - 09:14 AM

Tips Memasak Menggunakan Microwave



Kalo mau mencoba memasak ngikutin resep masakan di majalah ato resep dari sumber yang lainnya. Kalo di resep tersebut diperintahken dimasak selama 20 menit, ketika kita akan menggunakan microwave saat memasak, ya dikurangi waktunya jadi 15 menit, coz mengolah masakan menggunakan microwave tuh akan lebih cepat mateng.
Jadi dikurangi aja waktunya.

Potonglah bahan makanan seukuran dan sebentuk, biar hasilnya akan matang merata.

Untuk masakan berkuah, kurangi airnya sepertiga dari ukuran normal, karena penguapan di dalam microwave tidak sebanyak seperti memasak menggunakan kompor.

Pilih tempat meletakkan makanan yang berukuran lebih besar dari yang disarankan bila memakai open biasa.

Ikuti saran memasak makanan sesuai petunjuk di microwave. Tergantung jenis bahan makanan yang akan dimasak.

Untuk Menambahkan keju atau topping lainnya sebaiknya dilakukan setelah makanan matang, agar tidak keras atau malah lembek.
Bila perlu, dimasak lagi selama 1 menit pada suhu panas sedang agar topping menyatu dengan makanan.

Jangan lumuri daging dengan tepung bila hendak memasaknya dengan air karena tepungnya akan menjadi lembek.

#17 MALCOM_88

    Youth BlueFame

  • Members
  • PipPipPip
  • 105 posts
Click to view battle stats

Posted 11 February 2011 - 12:28 PM

Nice info bro.

#18 Rakkana

    ~JengkolHolic Sebenarnya~

  • Moderator
  • 15,127 posts
Click to view battle stats

Posted 14 February 2011 - 09:54 AM

Awas Ada Tempe 'Aspal'!!

Jika Anda memilih tempe sebagai menu andalan untuk suguhan tamu. Jangan sampai salah pilih. Gara-gara tempe mahal, kini dijual tempe 'aspal'. Supaya tak salah pilih, cermati info lengkap soal jenis-jenis tempe berikut ini.

Tempe Kacang Kedelai: Tempe ini dibuat dari kacang kedelai kuning yang sudah dikupas kulit arinya dan dikukus. Setelah agak dingin diaduk dengan ragi tempe atau laru tempe dan didiamkan semalam atau lebih hingga muncul kapang atau jamur yang berwarna putih di seluruh biji kedelai. Kini, karena kedelai mahal, tempe dibuat dengan campuran ampas tahu. Perbandingannya sampai 1:1 dalam pemakaian kacang kedelai dan ampas tahu.

Setelah jadi, sekilas tampak sama tetapi setelah dipotong atau ditekan akan terlihat bedanya. Tempe yang memakai campuran ampas tahu akan empuk, lembut saat ditekan. Jika dipotong pada penampang akan terlihat sebaran biji kedelai yang tidak rapat, di sela-selanya ada ampas tahu yang berjamur putih. Tempe kedelai asli sebaliknya. Jika ditekan keras dan saat dipotong akan terlihat sebaran biji kedelai yang sangat rapat. Biasanya tempe 'aspal' dijual dengan harga sama atau tidak naik harga.

Tempe Non Kacang Kedelai: Kecuali kacang kedelai, masyarakat di Jawa sering mengolah ampas tahu menjadi tempe. Proses pembuatannya sama dengan tempe juga memakai ragi. Setelah dicetak dalam bilah bambu, dan tumbuh jamur warnanya putih. Tempe ini empuk mirip busa karet kalau ditekan dan dipotong. Harganya sangat murah. Tempe dari limbah minyak kacang tanah dikenal dengan sebutan tempe bungkil. Tempe ini cukup bagus karena kandungan proteinnya cukup tinggi.

Di daerah Banyumas dikenal jenis tempe bongkrek yang dibuat dari bungkil kelapa, ampas produksi minyak kelapa. Tempe Benguk merupakan jenis tempe yang dibuat dari biji kaang kara benguk yang besar-besar. Pembuatan tempe ini agak rumit karena harus dipastikan raun pada biji kara benguk benar-benar hilang. Di daerah Solo dan Yogyakarta dikenal jenis tempe lamtoro yang dibuatd ari biji kacang lamtoro. Kecuali itu ada juga tempe jenis lain dari biji kecipir, kacang tunggak, buncis dan turi.

Menyimpan: Jika tak habis diolah, tempe segar yang masih berbungkus daun atau plastik bisa disimpan dalam lemari es. Bungkus tempe dengan plastik lalu taruh dalam lemari es. Tempe bisa tahan hingga 3 hari.

Segar dan Hangat: Pastikan tempe yang Anda beli berkualitas bagus. Tempe yang segar memiliki lapisan jamur yang berwarna putih merata, tidak ada bagian yang basah atau kecokelatan. Sajikan olahan tempe dalam keadaan hangat atau baru diolah agar dapat memperoleh manfaat gizi yang optimal.

#19 Rakkana

    ~JengkolHolic Sebenarnya~

  • Moderator
  • 15,127 posts
Click to view battle stats

Posted 14 February 2011 - 09:57 AM

4 Pantangan Ketika Menyantap Hidangan Kepiting


Kepiting Santapan Lezat

Semua pasti tahu yang namanya daging kepiting pasti enak rasanya, selain lembut, kepiting kaya akan gizi.

Kandungan protein yang terkandung di dalamnya lebih banyak dibanding daging ikan maupun babi. Misalnya seperti kalsium, zat fosfor (P), zat besi dan vitamin A. Kepiting juga mengandung asam glutamat, asam amino dan zat asam lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Namun, perlu diingat meskipun kepiting banyak memiliki manfaat bagi tubuh, juga memiliki banyak pantangannya, dan kepiting biasanya tidak dapat disatukan begitu saja dengan jenis makanan tertentu.

Ada baiknya kita menghindari dan mengenali jenis makanan yang harus dihindari ketika sedang menyantap kepiting. Mau tahu apa saja ? ini dia jenis makanannya.

1. BUAH KESEMAK
Setiap tahun saat musim panen kepiting, bersamaan pula musim panen buah kesemak. Walaupun mereka memiliki musim panen yang sama, namun sebenarnya mereka bermusuhan saat dihidangkan dimeja makan. Daging kepiting banyak mengandung protein, sedangkan buah kesemak mengandung banyak asam tanat (yakni asam yang dapat menghancurkan protein).

Jika keduanya dikonsumsi bersamaan, asam tanat yang terkandung dalam buah kesemak akan membuat protein yang ada dalam daging kepiting beku menggumpal, sehingga sulit untuk dicernakan, dan apabila terlalu lama berada dalam usus akan meragi dan membusuk, sehingga menyebabkan rasa mual, muntah, nyeri perut, diare dan lain sebagainya.

2. TEH
Kebanyakan orang setelah makan kepiting secara kebiasaan akan minum teh, mereka mengira dapat membantu pencernaan. Akan tetapi justru dapat menyebabkan pencernaan terganggu. Minum teh saat makan kepiting akan melumerkan getah lambung.


Jangan mengkonsumsi pir dengan kepiting

Bukan saja mempengaruhi pencernaan dan daya serap, namun juga menurunkan fungsi pembasmi kuman dari getah lambung, sehingga bakteri dapat hidup bebas dalam lambung.

Selain itu air teh juga mengandung asam tanat yang sama dengan buah kesemak, mengkonsumsinya bersama akan menimbulkan gejala tidak enak pada usus lambung.

3. BUAH PIR
Meskipun buah pir adalah obat mujarab untuk mengurangi kekeringan di musim gugur, tetapi sewaktu mengkomsumsi kepiting sebaiknya diberi tenggang waktu. Khususnya bagi penderita limpa lambung lemah dingin harus lebih memperhatikan masalah ini.

Hal ini dikarenakan buah pir adalah makanan yang bersifat dingin, makan bersama dengan kepiting yang bersifat dingin , akan melukai limpa lambung, mengakibatkan pencernaan buruk.


Teh tidak baik dikonsumsi bersama kepiting

Dengan alasan yang sama, setelah makan kepiting juga tidak cocok segera minum air es, makan es krim atau minuman dingin lainnya, bila tidak, akan menimbulkan diare.

4. DAGING KAMBING
Daging kambing juga tidak baik jika menjadi pendamping hidangan kepiting. Hal ini dikarenakan daging kambing bersifat panas, sedangkan daging kepiting bersifat dingin.

Apabila dikonsumsi secara bersamaan, tidak saja akan mengurangi fungsi memperkuat dan menghangatkan dari daging kambing, namun juga akan mengganggu limpa lambung.

Dengan alasan yg sama, kepiting juga tidak cocok dikonsumsi dengan ikan gabus yang berfungsi memperkuat dan menghangatkan.

#20 Rakkana

    ~JengkolHolic Sebenarnya~

  • Moderator
  • 15,127 posts
Click to view battle stats

Posted 14 February 2011 - 09:57 AM

4 Pantangan Ketika Menyantap Hidangan Kepiting


Kepiting Santapan Lezat

Semua pasti tahu yang namanya daging kepiting pasti enak rasanya, selain lembut, kepiting kaya akan gizi.

Kandungan protein yang terkandung di dalamnya lebih banyak dibanding daging ikan maupun babi. Misalnya seperti kalsium, zat fosfor (P), zat besi dan vitamin A. Kepiting juga mengandung asam glutamat, asam amino dan zat asam lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Namun, perlu diingat meskipun kepiting banyak memiliki manfaat bagi tubuh, juga memiliki banyak pantangannya, dan kepiting biasanya tidak dapat disatukan begitu saja dengan jenis makanan tertentu.

Ada baiknya kita menghindari dan mengenali jenis makanan yang harus dihindari ketika sedang menyantap kepiting. Mau tahu apa saja ? ini dia jenis makanannya.

1. BUAH KESEMAK
Setiap tahun saat musim panen kepiting, bersamaan pula musim panen buah kesemak. Walaupun mereka memiliki musim panen yang sama, namun sebenarnya mereka bermusuhan saat dihidangkan dimeja makan. Daging kepiting banyak mengandung protein, sedangkan buah kesemak mengandung banyak asam tanat (yakni asam yang dapat menghancurkan protein).

Jika keduanya dikonsumsi bersamaan, asam tanat yang terkandung dalam buah kesemak akan membuat protein yang ada dalam daging kepiting beku menggumpal, sehingga sulit untuk dicernakan, dan apabila terlalu lama berada dalam usus akan meragi dan membusuk, sehingga menyebabkan rasa mual, muntah, nyeri perut, diare dan lain sebagainya.

2. TEH
Kebanyakan orang setelah makan kepiting secara kebiasaan akan minum teh, mereka mengira dapat membantu pencernaan. Akan tetapi justru dapat menyebabkan pencernaan terganggu. Minum teh saat makan kepiting akan melumerkan getah lambung.


Jangan mengkonsumsi pir dengan kepiting

Bukan saja mempengaruhi pencernaan dan daya serap, namun juga menurunkan fungsi pembasmi kuman dari getah lambung, sehingga bakteri dapat hidup bebas dalam lambung.

Selain itu air teh juga mengandung asam tanat yang sama dengan buah kesemak, mengkonsumsinya bersama akan menimbulkan gejala tidak enak pada usus lambung.

3. BUAH PIR
Meskipun buah pir adalah obat mujarab untuk mengurangi kekeringan di musim gugur, tetapi sewaktu mengkomsumsi kepiting sebaiknya diberi tenggang waktu. Khususnya bagi penderita limpa lambung lemah dingin harus lebih memperhatikan masalah ini.

Hal ini dikarenakan buah pir adalah makanan yang bersifat dingin, makan bersama dengan kepiting yang bersifat dingin , akan melukai limpa lambung, mengakibatkan pencernaan buruk.


Teh tidak baik dikonsumsi bersama kepiting

Dengan alasan yang sama, setelah makan kepiting juga tidak cocok segera minum air es, makan es krim atau minuman dingin lainnya, bila tidak, akan menimbulkan diare.

4. DAGING KAMBING
Daging kambing juga tidak baik jika menjadi pendamping hidangan kepiting. Hal ini dikarenakan daging kambing bersifat panas, sedangkan daging kepiting bersifat dingin.

Apabila dikonsumsi secara bersamaan, tidak saja akan mengurangi fungsi memperkuat dan menghangatkan dari daging kambing, namun juga akan mengganggu limpa lambung.

Dengan alasan yg sama, kepiting juga tidak cocok dikonsumsi dengan ikan gabus yang berfungsi memperkuat dan menghangatkan.





BlueFame.Com A Blue Alternative Community for Peace, Love, Friendship, and Cyber Solidarity © 2006 - 2011
All Rights Reserved Unless Otherwise Specified

BlueFame Part Division
BlueFameStyle | BlueFame Upload | BlueFame Radio | BlueFameMail | Advertise here!

BlueFame DMCA Policy