Jump to content



 

 

Resensi Buku, Belajar SAP2000


6 replies to this topic

#1 pro

    Bluefame Pro

  • Elite Member
  • 1,076 posts
Click to view battle stats

Posted 05 October 2011 - 01:07 PM

Posted Image

Judul Buku : Belajar SAP2000
Penulis : Prof. Dr. Ir. Iman Satryarno,M.E., Purbolaras Nawangalam ST., M.Eng. dan R. Indra Pratomo P., ST., M.Eng.
Jumlah Halaman : vii+166
Penerbit : Zamil Publishing (www.zamilengineering.com)
Menulis lagi! Pada kesempatan ini, ada keinginan untuk menulis resensi sebuah buku tentang tuntunan belajar SAP2000. Buku yang sampulnya bisa anda lihat samping, seperti yang terlihat, judulnya “Belajar SAP2000″. Ditulis oleh tiga orang master dalam bidang teknik sipil. Mereka adalah Prof. Dr. Ir. Iman Satryarno,M.E., Purbolaras Nawangalam ST., M.Eng. dan R. Indra Pratomo P., ST., M.Eng. Ketiganya merupakan pakar dan praktisi analisis struktur dan konsultan dibanyak proyek.

Buku ini merupakan seri pertama dari dua seri yang rencanakan. Pada seri pertama ini, terdapat empat bab. Bab 1 berisi pendahuluan yang menyampaikan tentang apa itu SAP2000 beserta fasilitasnya. Pada bab ini pula dilampirkan disclaimer, tentang pentingnya pemahaman bahwa secanggih apapun programnya, tetap saja lebih penting adalah kecanggihan penggunanya. Disini, user tetap adalah pihak yang bertanggung jawab terhadap hasil perhitungan, bukan program atau developer program.
Pada Bab 2, masih merupakan penjelasan seputar SAP2000. Kali ini lebih detail pada tampilan, perintah-perintah dan sistim koordinat. Termasuk dalam bab ini adalah pembahasan tentang sumbu global dan sumbu lokal, derajat kebebasan, obyek dan elemen, pemilihan elemen dan assignment, dan tak ketinggalan tentang pembebanan.

Sementara pada bab 3 dan bab 4 adalah contoh pemodelan SAP2000 dua dan tiga dimensi. Pada dua bab terakhir ini dijelaskan tahap-tahap pemodelan mulai dari merencanakan penampang, pembebabanan sampai dengan running analisys dan membaca gaya-gaya dalam hasil analisys tersebut.

Kelebihan dari buku ini adalah cukup sederhana dan instruktif sehingga saya yakin banyak orang akan mudah mempelajarinya. Dari uraian yang ada dalam buku tersebut, dapat dikatakan buku ini cocok untuk anda yang telah mempunyai dasar pemahaman analisis struktur yang baru belajar SAP2000. Karena jika anda tidak atau belum mempunyai dasar pemahaman tersebut, apalagi anda bukan “orang sipil”, niscaya anda akan sangat dibingungkan dengan apa yang dimaksud dengan output, restrain joint dan sebagainya.
Kelebihan lain adalah bahwa buku ini mencantumkan penulisnya dengan “Gentle”. Sekadar catatan, banyak buku tentang SAP2000 yang terbit tanpa ada nama person pengarangnya, sehingga nilai informasinya tidak cukup jelas siapa penanggung jawab dan kompetensinya. Plus isi buku-buku macam itu hanya “copas” dari sample-sample bawaan program.

Sementara untuk anda yang sudah “kapalan” dengan SAP2000, buku ini cocok untuk refresh hal-hal mendasar yang mungkin terlupakan atau perlu dilihat kembali. Anda yang berharap mendapat pembelajaran yang lebih advance misalnya tentang pemodelan pengaruh dinding terhadap struktur atau bagaimana struktur dengan tanah berinteraksi, atau model-model struktur lain tak ada jawabannya di buku ini. Bahkan, jika anda ingin tahu bagaimana keseuaian atau integrasi program ini dengan code yang berlaku di Indonesia (SNI), tak ada penjelasan tentang itu. Untuk ini, mungkin, diasumsikan pembaca telah tahu sendiri.
Selain itu, jika menyimak judulnya, “Belajar SAP 2000″, rasanya terlalu optimis karena yang dibahas baru sebagian kecil dari fitur sap2000. Mungkin lebih tepat jika judulnya diganti menjadi lebih fokus, misalnya, “Belajar Membuat Model Bangunan Rangka Beton 2 dan 3 Dimensi menggunakan SAP2000″.

Jika ingin “Belajar SAP 2000″, terutama elemen frame, buku lama karangan Dr Wiryanto Dewobroto jauh lebih mendalam dibanding ini.
Tapi memang, seperti yang disampaikan penerbit pada sampul belakang, harapan dari adanya buku ini adalah pembaca yang mahir mendayagunakan program sesuai kebutuhan dan tepat, memenuhi kaidah analisis struktur yang wajar dan benar. Jadi jika kebutuhan anda untuk memahami bagaimana memodelkan bangunan beton bertulang 3 lantai, buku ini cocok untuk anda dan bisa menjadi dasar untuk pemodelan struktur serupa lainnya.

Satu keberhasilan buku ini adalah kemampuannya menghindar dari copyright issue dan hal-hal diseputarnya dengan tidak mendetailkan dengan versi berapa SAP2000 yang dipergunakan dan bagaimana program itu bisa diperoleh. Ini sedikit berbeda misalnya dengan buku sejenis yang ditulis Dr. Wiryanto Dewobroto, yang untuk alasan serupa, menggunakan student version sebagai fokus program yang dibahas.

Notes, lebih detail dari salah satu penulisnya bisa dilihat disini, http://purbolaras.wo...juga-%E2%80%A6/
-==============

BF'ers:
Post Ini cross post dengan di blog'ku.
http://bungtekno.com...elajar-sap2000/

#2 Heil Cяew

    Hail to the Chief

  • The Crew
  • 16,530 posts
Click to view battle stats

Posted 10 October 2011 - 10:39 PM

Mantap pro.. Thanks infonya ya..

Kira2 antara SAP sama Oracle lebih reliable yang mana?

#3 pro

    Bluefame Pro

  • Elite Member
  • 1,076 posts
Click to view battle stats

Posted 25 October 2011 - 10:42 PM

View PostHeil Cяew, on 10 October 2011 - 10:39 PM, said:

Mantap pro.. Thanks infonya ya..

Kira2 antara SAP sama Oracle lebih reliable yang mana?

beda jurusan boss..
yang dibahas ini SAP Structure Analisys Program, mainannya anak-anak sipil :D bukan DB oracle..

#4 Heil Cяew

    Hail to the Chief

  • The Crew
  • 16,530 posts
Click to view battle stats

Posted 26 October 2011 - 04:07 AM

Gw kira ini SAP database :haha:

#5 haislesgens

    Mungkin Tukang Spam

  • Members
  • 7 posts
Click to view battle stats

Posted 26 October 2011 - 07:14 PM

nice post gans w juga anak sipil neh.. maw tanya enakn belajar ndiri apa les y??? trus daerah jkarta kira2 les dimana y

#6 pro

    Bluefame Pro

  • Elite Member
  • 1,076 posts
Click to view battle stats

Posted 26 October 2011 - 08:56 PM

View Posthaislesgens, on 26 October 2011 - 07:14 PM, said:

nice post gans w juga anak sipil neh.. maw tanya enakn belajar ndiri apa les y??? trus daerah jkarta kira2 les dimana y


belajar sendiri aja, download satu tutorial yang bagus, test main main sendiri...

ini salah satunya,..
http://www.scribd.co...ruktur-Sap-2000
http://www.scribd.co...mpa-Trial-Print

kalo bingung, bingungnya dimana catat, post disini lagi ya...

#7 cukong123

    Mungkin Tukang Spam

  • Members
  • 4 posts
Click to view battle stats

Posted 03 June 2012 - 10:51 AM

Mantap... siap hunting................





BlueFame.Com A Blue Alternative Community for Peace, Love, Friendship, and Cyber Solidarity © 2006 - 2011
All Rights Reserved Unless Otherwise Specified

BlueFame Part Division
BlueFameStyle | BlueFame Upload | BlueFame Radio | BlueFameMail | Advertise here!

BlueFame DMCA Policy