Jump to content



 

 

(ask) apakah semua mobil matic sama?


19 replies to this topic

#1 Redoz

    Youth BlueFame

  • Members
  • PipPipPip
  • 162 posts
Click to view battle stats

Posted 03 November 2011 - 10:26 PM

dear bro n sis, langsung aja saya mau tanya 2 hal tentang mobil matic :
1. apakah semua mobil matic (di semua merk) sama pada tuas perpindahan giginya?
n = netral
d = jalan normal
d3 = tanjakan
p = parkir
apakah semua tuas gigi matic (di semua merk) sesimpel itu?
2. apakah pedal (di semua merk) mobil matic itu sama? hanya gas dan rem?
atau ada yg beda?
sekian dan mohon penjelasannya..thx

#2 Redoz

    Youth BlueFame

  • Members
  • PipPipPip
  • 162 posts
Click to view battle stats

Posted 03 November 2011 - 10:33 PM

tambahan...
jika (memang) ada perbedaan antar sesama mobil matic, mohon bro n sis menjelaskan perbedaan antar merk mobil matic.
kalo bisa kasih juga rekomendasi ke saya tentang mobil matic yg paling simpel cara pengoperasiannya.
jujur, saya tidak suka (dan ga lancar juga) bawa mobil manual.
sekian dan mohon maaf jika pertanyaannya agak banyak. :HeHe:

#3 Rakkana

    ~JengkolHolic Sebenarnya~

  • Moderator
  • 14,848 posts
Click to view battle stats

Posted 04 November 2011 - 09:23 AM

Secara sistem iya, sesimpel itu namun masukin tuas gigi ke posisi D, lepas rem mobil udah jalan, injak gas mobil udah ngebut, namun untuk pengkodean pada tuas gigi masing2 merek berbeda walo pada prinsipnya sama.

Selain yang bro sebutkan diatas, ada juga pengkodean menggunakan :

P, R, N, D, 2, L ada juga yang P, R, N, D, 2, 1, walaupun berbeda namun untuk posisi P=parkir, R=mundur, D dan N pasti sama disetiap mereknya.

Nah itu merek2 dan tipe tertentu, ada yang mengaplikasikan sistem shifttronic pada kendaraan otomatic mereka. Sistem transmisi shift-tronic memungkinkan pengendara melakukan perpindahan gigi secara manual. Biasanya di tuas gigi tersedia (-) dan (+) untuk menaikkan atau menurunkan gigi, ada juga yang dibelakang stir atau distir sekalipun juga ada.

Sistem transmisi omomatis hanya menggunakan dua pedal, gas dan rem saja, tapi ada beberapa merek terdapat 1 pedal lagi disebelah kiri, yaitu pedal rem parkir (rem tangan) jadi tuas rem parkir yang berada disekitar tuas gigi dipindahkan kebawah dalam bentuk pedal rem.

Intinya, semua mobil matic itu simpel cara pengoperasiannya, hanya yang membedakannya adalah sistem dan pengkodeannya saja.

Edited by Rakkana, 07 November 2011 - 08:12 AM.


#4 dcL

    ‡‡‡ Morning Star ‡‡‡

  • Moderator
  • 3,929 posts
Click to view battle stats

Posted 04 November 2011 - 03:18 PM

Ikutan jawab ya, hampir semua matik sama

P = Park = Digunakan pada saat parkir. Dalam keadaan mesin menyala, walaupun di gas mobil tidak akan bergerak. Biasanya untuk memindahkan gigi dari P ke N atau D harus menginjak pedal rem. Mobil tidak bisa didorong dan kunci bisa dicabut

R = Reverse = Digunakan untuk memundurkan kendaraan. Untuk memindahkan ke posisi R, mobil harus dalam posisi berhenti total dan menginjak pedal rem.

N = Neutral = Digunakan pada saat mobil berhenti sebentar. Dalam keadaan mesin menyala, walaupun di gas mobil tidak akan bergerak. Biasanya untuk memindahkan gigi dari N ke P atau D harus menginjak pedal rem. Mobil bisa didorong tapi kunci tidak bisa dicabut (kecuali mobil sudah dilengkapi dengan shift lock)

D = Drive = Digunakan untuk berkendara normal. Pada transmisi matik 4 percepatan, semua "gigi" nya dipakai sampai gigi 4. Atau 5/6/7 tergantung merek dan tipenya. Gigi terakhir hanya bersifat overdrive yang menurunkan kecepatan mesin tanpa mempengaruhi kecepatan mobil.

D3 / L = Drive 3 / L = Digunakan pada saat dimana kita tidak ingin transmisi berpindah ke gigi overdrive. Misalnya pada saat sedang menanjak atau menurun, untuk mencegah kehilangan tenaga atau menjaga kecepatan

D2 / D1 = Drive 2 /1 = Jarang ada, digunakan untuk kondisi menanjak atau menurun ekstrem, dimana kita ingin menjaga agar transmisi tetap di gigi 1 / 2 untuk mencegah kehilangan torsi atau menjaga kecepatan dalam turunan.


Untuk pedal rata-rata sama. Kecuali beberapa mobil eropa + Hyundai dimana rem parkirnya menggunakan pedal

#5 Redoz

    Youth BlueFame

  • Members
  • PipPipPip
  • 162 posts
Click to view battle stats

Posted 04 November 2011 - 06:25 PM

thx banget infonya bro rakkana n bro dcl.
:thumbsup:
memperjelas banyak hal tentang matic.
btw saya ada pertanyaan lagi (sebenarnya lebih tepat minta rekomendasi). :HeHe:
kebetulan saya ada niat (keluarga sih) mau membeli mobil terutama matic (budget -250jt.)
list target (halah..) diantaranya :
-suzuki sx4 x-over
-livina x-gear
-toyota rush
-subaru forester
1. mana yg lebih bagus performanya?
2. berapa yah kisaran harganya?
3. adakah diantaranya bertransmisi matic? kalo ada, mana yg lebih simpel.
thx before

#6 .OYON.

    shadowless sword

  • Moderator
  • 16,053 posts
Click to view battle stats

Posted 04 November 2011 - 06:39 PM

Kalo bicara transmisi matic, setau gw yg plg bagus mendrive laju kendaraan itu adalah honda.

Benar2 halus dan perpindahan nya tidak menyentak-nyentak.

Sent from my GT-S5670 using Tapatalk

#7 Redoz

    Youth BlueFame

  • Members
  • PipPipPip
  • 162 posts
Click to view battle stats

Posted 04 November 2011 - 06:44 PM

^^ iya emang om, honda emang adem, tapi kemaren sempet coba2 keluyuran pake innova ama yaris (toyota).
performanya emang halus (banget), empuk n nyaman.
kalo ane pribadi prefer ke yaris atau jazz, tapi berhubung yg pengen beli mobil pihak keluarga (banyak kepala, banyak ide), :axehead:
makanya muncullah list2 diatas sebagai target.
:HeHe:

Edited by Redoz, 04 November 2011 - 06:48 PM.


#8 Jeung Kel Lin

    Nyebelin itu Menyenangkan

  • Members
  • PipPipPipPipPipPip
  • 1,916 posts
Click to view battle stats

Posted 04 November 2011 - 07:17 PM

Walaupun 1 merek tapi kalo beda tipe bakalan beda juga nuansa masing mobil bro, saran saya jangan pake Honda dan Mitsubishi, mahal biaya perawatan soalnya.

Pertanyaan saya, ini untuk keperluan keluarga apa pribadi ya?

Kalo untuk keluarga, kenapa ga pake Innova atau Rush.

Innova New E A/T Gasoline 231juta, New G A/T 250juta
New Rush G A/T 206juta, G A/T luxury 216juta
Avanza 1.3 G A/T 161juta, 1.5 S A/T 174 juta

Livina X gear AT 196juta, grand livina ultimate AT 209juta
Livina autech AT 240juta

Honda Freed S AT 239juta, Freed E AT 260juta

Suzuki SX4 AT 213juta.

Itu semua tipe mobil matic, kalo saya disuruh milih ya cuman 2, Innova atau Rush, alasannya, 2 mobil itu adalah mobil keluarga yang nyaman, layanan purna jual yang kuat, biaya perawatan tidak terlalu mahal dan harga jual kembali yang sangat ??BAgีooบฐ?:p?ฐบบoบss (y).


#9 Redoz

    Youth BlueFame

  • Members
  • PipPipPip
  • 162 posts
Click to view battle stats

Posted 04 November 2011 - 09:45 PM

@jeung kel lin
wah lengkap banget sis infonya soal merk n harganya.. :thumbsup:
sebenernya ni mobil buat keperluan keluarga (di rumah ane ada 4 orang).
tapi ane yg ngasih ide suzuki sx4. coz menurut ane ni mobil keren tampilannya (bisa buat gaya juga...hehe), selain itu ane juga prefer ke city car. :HeHe:
tapi suara ane kayaknya kalah sm kk2 ane yg lain yang pengen mobil keluarga. so, ane usahain pilih mobil keluarga tp ga kaku in dibawa nongkrong.
setelah saya pikir2 mungkin livina x-gear sepertinya cocok.

#10 .OYON.

    shadowless sword

  • Moderator
  • 16,053 posts
Click to view battle stats

Posted 04 November 2011 - 10:41 PM

^^
wew Livina, jangaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaan :ngakak:

tu mobil 11-12 ama daihatsu grandmax untuk trouble nya
tu 2 mobil penyakitnya sama, menyerah total kalo ketemu tanjakan, performa langsung turun !, kacau :axehead:

knp begitu?
soalnya ade gw sendiri udah beli Grand Livina XV 1.5 A/T, dia sih pake di perkotaan, no problem.
Kebetulan beberapa waktu yg lalu, gw pake ke puncak skalian pgn tau kehebatan Livina.

Pegunungan:
Ni mobil terseok2 kalo ketemu tanjakan, jadi jgn coba2 overtake mobil lain kalo ketemu tanjakan.

Tanjakan curam :
Kalo lagi macet di puncak ketemu tanjakan, jgn skali2 ngandelin D1 ! buat tetep diem, ni mobil kagak kuat D1 nya, bisa mundur !
Jadi hampir sama kek manual, harus dibantu rem tangan :axehead:
Knapa begitu ? ratio gear rendah nya kagak beres ni mobil, sumpah saksi hidup gw, livina gw bisa mundur :Hypnotized:

Nah kalo transmisi A/T di mobil2 kelas premium kagak bakal ditemuin ni,
gw pernah coba drive CX-7, Camry, Audi A6, tinggal di gigi terendah aja kalo ketemu tanjakan, paling2 sedikit injak rem, ngga ada gejala mundur.
sumpah pas pake livina gw kaget, ternyata kaga kuat kalo gw gituin di tanjakan pas macet.

Handling : ok banget, gw akuin ni mobil punya stabilitas tinggi dan bisa diandalkan, kalo udah di atas 140 Km/jam, baru deh mulai ngga stabil :p

Perkotaan:
Kalo udah ketemu jalan lurus, ni mobil kek setan, bisa gampang kena 140 Km/jam, apalagi kalo kita pake fungsi overdrive, wus wus wus
Tapi ya itu, karena torsi di gigi rendah ngga beres, jadi kalo overtake bener2 harus lihat kondisi aman.
Perpindahan giginya ngga halus, kerasa di Modus D saat dia berpindah ke gigi yg lebih tinggi, ada jeda penurunan RPM.

Radius Putar :
Ni mobil kurang bersahabat kalo mau manuver putar balik, a little bit tricky, yg harusnya bisa dapet 2x, harus 3x.
Kalau juara putar balik sih, pastinya toyota avanza, guampang banget. (radius putarnya paling besar ni mobil)

ps.
kalo ngga mau repot, pilih honda jazz :p
walaupun mahal, tapi sepadan, fun to drive, irit, tenaga melimpah, harga jual tetep tinggi :)

Smoga membantu,
Salam - OyOn

#11 Redoz

    Youth BlueFame

  • Members
  • PipPipPip
  • 162 posts
Click to view battle stats

Posted 05 November 2011 - 08:31 AM

@oyon,
wah penjelasan yg super sekali om..
ane baru ngeh kalo nanti tu mobil bakal sering2 lewat tanjakan (scara keluarga suka liburan kesana). :axehead:
hadeuh, bingung juga yah. semalem ane udah call nyokap supaya ngincer livina x-gear (coz kesannya keren gimana gitu), ternyata ane baru liat dr satu sisi, ane ga habis pikir ada mobil yg bisa mundur sendiri di tanjakan.
:doh:
kayaknya toyota rush paling cocok nih (soal harga n fungsi, performa ga tau deh).
scara city car kayak jazz,splash ga masuk hitungan

#12 Redoz

    Youth BlueFame

  • Members
  • PipPipPip
  • 162 posts
Click to view battle stats

Posted 05 November 2011 - 08:34 AM

oh iya, geely lc cross sm subaru forester ada yang punya infonya kah??
deadline 16 november sebelum ntu duit kepake buat yg lain :axehead:

#13 dcL

    ‡‡‡ Morning Star ‡‡‡

  • Moderator
  • 3,929 posts
Click to view battle stats

Posted 05 November 2011 - 11:27 AM

Geely :D

Tanpa bermaksud menjelekan produk negeri tirai bambu....

Kalau saya tunggu minimal 5 tahun lagi sebelum mempertimbangkan beli merek itu.

Soalnya ngeri ngeliat pendahulunya cherry yang diputus kerjasama nya oleh Indomobil. Karena Indomobil merasa kualitasnya tidak sesuai dengan standar indomobil

#14 Jeung Kel Lin

    Nyebelin itu Menyenangkan

  • Members
  • PipPipPipPipPipPip
  • 1,916 posts
Click to view battle stats

Posted 05 November 2011 - 11:28 AM

@TS
Masing mobil punya plis minus tersendiri, beda merek beda tipe ya sudah pasti beda gaya, beda nuansa, beda kemampuan.

Daripada pusing mending sesuain ama kebutuhan masbro sendiri, soalnya ketika bicara kelebihan dan kekuarangan ga bakalan ada habisnya, pada sisi ini subjetifitas yang paling banyak berperan, nah kalo diikutin masbro bakalan pusing sendiri.

Mobil itu tidak hanya bicara beli, pakai dan jual tapi harus bicara servis, perawatan, sparepart dan lain2. Nah pada sisi ini orang banyak nyesel, kok ga beli mobil ini aja dulu ya, mobil itu aja dulu ya.

Nah itu kan udah jelas masbro, buat dipakai keluarga, Innova paling cocok, apalagi sekarang dengan tampilan baru, bisa muat bannyak, tenaga melimpah, handling dan akselerasi wokeh, layanan purna jual jangan diragukan tuh jaringan Toyota, harga jual kembali tetep tinggi.

Pengalaman saya sama Honda nih ya, tante punya CRV, terus saya disuruh ganti lampu rem kiri belakang yang mati, akhirnya saya ke Honda, ehhh ternyata ga bisa ganti lampunya doank, mesti ganti tu 1 set, harganya 850ribu dan inden 2 minggu, gile aja kalo harganya mahal sih masih ga apa2 ya, ini harus nginden ituloh padahal tu mobil kan mobil massal.

Akhirnya dijual tu mobil, ganti new xtrail :HeHe:

Nah faktor2 kek gitu juga harus jadi pertimbangan ketika memutuskan membeli sebuah mobil.

#15 Redoz

    Youth BlueFame

  • Members
  • PipPipPip
  • 162 posts
Click to view battle stats

Posted 05 November 2011 - 12:48 PM

@dcl, oh baru tau saya. indomobil pernah talak 3 mobil china :axehead:
@jeung kel lin, yup! belakangan ini saya lebih fokus ke arah manfaat dan performa, ga lagi ke arah gaya. :thumbsup:
soal service center, sparepart, harga jual kembali semuanya masuk hitungan.
nah, belakangan ini saya lebih prefer ke toyota rush. dari perhitungan2 diatas kayaknya rush cukup ideal. mungkin senin atau selasa besok saya akan cek dulu ke showroom. semoga ga mengecewakan. :HeHe:
anyway thx 4 all atas masukan2 nya :Hug:

#16 Jeung Kel Lin

    Nyebelin itu Menyenangkan

  • Members
  • PipPipPipPipPipPip
  • 1,916 posts
Click to view battle stats

Posted 05 November 2011 - 05:37 PM

Setuju masbro :chaong: untuk keluarga jumlah anggota tidak begitu banyak, Rush emang cocok, selain itu si mini SUV ini memang pas buat jalanan JKT yang banyak kubangannya :ngakak: dengan jarak yang lumayan tinggi dari tanah jadi ga terlalu sulit milih jalan ketika melewati jalan berlubang.

Nah perbedaan nyata antara Rush dan Terios adalah pada seat ketiga, pada terios barisa ketiga merupakan bawaan sedangkan pada Rush itu optional. Jadi masbro harus jeli milih showroom yang mau ngasih gratis seat ketiganya, plus bonus2 lainnya. Karena ketika membeli mobil baru, bonus2 itu banyak yang dimainin marketingnya, capekk dikit keliling showroom ga apa2 yang penting bisa dapat bonus banyak :HeHe:

Yang perlu diperjuangkan adalah mendapatkan bonus karpet, sarung jok tambahan, GPS, kaca film dan seat ketiga tentunya.

Nah yang menjengkelkan ketika mau membeli Rush adalah indennya 3 bulan masbro :ngakak:

#17 Rakkana

    ~JengkolHolic Sebenarnya~

  • Moderator
  • 14,848 posts
Click to view battle stats

Posted 14 November 2011 - 08:41 AM

@TS

Udah jadi beli blon nih? :Waiting:

Kalo belum, coba lihat yang ini "Nissan Juke"

Posted Image

Type : 1.5L DOHC 4 CYL Inline (HR15DE)
Max. power (PS/rpm) : 114 / 6000
Max. torsion (Nm/rpm) : 150 / 4000
Transmission : CVT
SRS airbag : DR + AS

Harga
Juke 1.5 CVT Automatic 1500 cc Rp.238.800.000,00
Juke 1.5 CVT RX Automatic 1500 cc Rp.248.800.000,00

#18 dcL

    ‡‡‡ Morning Star ‡‡‡

  • Moderator
  • 3,929 posts
Click to view battle stats

Posted 14 November 2011 - 09:11 AM

^^^

fyi, temen gw beli di september, pertama dijanjiin november, terus mundur ke desember, dan kemungkinan sampe januari :Peace:

#19 Rakkana

    ~JengkolHolic Sebenarnya~

  • Moderator
  • 14,848 posts
Click to view battle stats

Posted 15 November 2011 - 08:13 AM

^
^Resiko mobil laris emang gitu bro, lama nungguinnya :HeHe:

Avanza, Xenia, Rush, Terios, Innova bisa 3-4 bulan tuh baru datang unitnya, sekarang tinggal nekan si showroom aja biar dia bisa mastiin kapan tu unit nyampai ke kita, biar ga janji2 mulu :chaong:

#20 dudung321

    Youth BlueFame

  • Members
  • PipPipPip
  • 101 posts
Click to view battle stats

Posted 12 March 2012 - 10:42 PM

View PostRedoz, on 03 November 2011 - 10:26 PM, said:

dear bro n sis, langsung aja saya mau tanya 2 hal tentang mobil matic :
1. apakah semua mobil matic (di semua merk) sama pada tuas perpindahan giginya?
n = netral
d = jalan normal
d3 = tanjakan
p = parkir
apakah semua tuas gigi matic (di semua merk) sesimpel itu?
2. apakah pedal (di semua merk) mobil matic itu sama? hanya gas dan rem?
atau ada yg beda?
sekian dan mohon penjelasannya..thx


Kembali ke pertanyaan awal. Relatif semua matic seperti itu tuasnya. namun tentu tidak semua. Ferrari atau bahkan atau Lambo beberapa merk malah tidak ada tuasnya. jadi pakai flapping di belakang gear. tentu saja semua matic pasti tidak ada pedal kopling. (ini teknis oprasinya)

kemudian mengenai sistemnya juga macam2. ada yang 4at (4 speed) sampai sekarang ada yang 8 speed. sistem clutch nya juga macam2 dari torq converter conventional sampai dual clutch seperti DSG pada Audi dll.





BlueFame.Com A Blue Alternative Community for Peace, Love, Friendship, and Cyber Solidarity © 2006 - 2011
All Rights Reserved Unless Otherwise Specified

BlueFame Part Division
BlueFameStyle | BlueFame Upload | BlueFame Radio | BlueFameMail | Advertise here!

BlueFame DMCA Policy