Jump to content



 

 

RAHASIA DIBALIK PLAT NOMER


20 replies to this topic

#1 Bulu Baji

    * Tahimpik nak diateh, takuruang nak dilua *

  • Members
  • PipPipPipPip
  • 782 posts
Click to view battle stats

Posted 03 August 2012 - 01:40 PM

RAHASIA DIBALIK PLAT NOMER


Quote

Budi : Lapor pak polisi, suzuki APV saya plat nomor mobil B 9024 HQ baru saja dicuri di xxxxx

Polisi : Saudara jangan berbohong, saudara bisa dijerat pidana atas laporan palsu.
Budi : hmm … (klik) … bunyi telpon ditutup

Apa yang sebetulnya terjadi? betulkan itu sebuah laporan palsu?

Rahasia dibalik plat nomor mobil dan mobil dikelompokkan sesuai jenisnya. Contoh untuk wilayah DKI Jakarta yang berplat "B" untuk sepeda motor menggunakan nomor awalan 3,4,5 dan 6 (sebagian karena kesalahan adm ada yang menggunakan angka 7) sedangkan mobil menggunakan nomor dengan awalan angka 1,2,7,8 dan 9. Pada kasus diatas "B 9024 HQ" mobil dengan awalan angka 9 adalah mobil angkut barang/pick up, jadi pak polisi-nya bisa langsung tahu kalau laporan tersbut adalahlaporan palsu.


Quote

Terkadang menggunakan 3 digit, seperti B 123 AA. Nomor seperti ini memang disiapkan oleh Polda untuk bisa di beli oleh masyarakat yang punya duit lebih. Besaran harga sekitar Rp. 1 juta sampai Rp 5 juta, apalagi bila nomornya (lebih) unik, bisa dibaca akan lebih mahal tarifnya.


contoh : B 234 SG (baca: B 234 56), atau B 168 OS (baca : BIG BOS). Variasi lainnya seperti nomor ganda dan huruf ganda, seperti B 111 SS (baca : BIS) atau B 10 LA (baca : BIOLA)

Untuk angka 1 dan 2 digit biasanya dipakai oleh kalangan pejabat dan pengusaha kaya mulai dari nomor 1 sampai 99. Untuk menandakan punya pemerintah atau pengusaha lihat saja warna platnya, kalau plat merah berarti mobil dibeli dari uang rakyat, kalau plat hitam berarti dibeli atas nama pribadi. Pengeculaian untuk Presiden menggunakan "INDONESIA 1 dan INDONESIA 2" untuk wakil presiden, jajaran mentri dan pembantu setingkat mentri menggunakan RI 3, RI 4, RI 5, RI 6 dan seterusnya sesuai jumlah mentri dan departemen terkait.


Quote

Bagaimana kalau mobil duta besar negara sahabat. Ini menggunakan huruf depan CD (corp diplomatik) dan seluruh negara didunia ada nomor CD nya, sebagai berikut :


CD 12: Amerika Serikat
CD 13: India
CD 14: Britania Raya
CD 15: Vatikan
CD 16: Norwegia
CD 17: Pakistan
CD 18: Myanmar
CD 19: China
CD 20: Swedia
CD 21: Arab Saudi
CD 22: Thailand
CD 23: Mesir
CD 24: Perancis
CD 25: Filipina
dan seterusnya ...


INI YANG PALING ISTIMEWA CUMA ORANG PENTING YANG PUNYA

yang patut kite waspadai dijalan adalah akhiran BP (bantuan polisi),BS (Bebas Sweeping)atau (Bantuan Sipil), BL(Bantuan Laut), BD (Bantuan Darat), BU(Bantuan Udara) karena ini merupakan nomor untuk keluarga besar TNI dan Polisi, kalau bisa beli mobil eks polisi, lumayan dapat B 11 BP minimal saat ada razia gabungan bisa "lewat saja sambil melenggang"

Quote

TAMBAHAN


KODE WILAYAH PLAT NOMER SE INDONESIA

PULAU SUMATERA DAN SEKITARNYA

BL = Seluruh Aceh, Kabupaten Pidie, Kabupaten Pidie Jaya, Barat, Kabupaten Nagan Raya, kabupaten Bener Meriah, Kabupaten Bireuen, Kota Lhokseumawe, Kota Sabang, Kota Subulussalam, Kota Langsa, Kabupaten Gayo Lues, Kabupaten Simeulue

BB = Sumatera Utara bagian Barat (pesisir Barat)

BK = Sumatera Utara bagian Timur (pesisir Timur)

BA = Sumatera Barat Kota Padang, Kota Pariaman, Kota Payakumbuh, Kota Padang Panjang, Kabupaten 50 Kota, Kabupaten Pesisir Selatan

BM = Riau

BP = Kepulauan Riau

BG = Sumatera Selatan

BN = Kepulauan Bangka Belitung

BE = Kota Bandar Lampung, Kota Metro, Kabupaten Lampung Selatan, Kabupaten Pesawaran, Kabupaten Tanggamus, Kabupaten Pringsewu, Kabupaten Lampung Tengah, Kabupaten Lampung Timur, Kabupaten Lampung Utara, Kabupaten Way Kanan, Kabupaten Tulang Bawang, Kabupaten Tulang Bawang Barat, Kabupaten Mesuji, Kabupaten Lampung Barat

BD = Bengkulu

BH = Jambi

PULAU JAWA

JABAR DAN SEKITARNYA

A = Banten: Kabupaten/Kota Serang, Kabupaten Pandeglang, Kota Cilegon, Kabupaten Lebak, sebagian Kabupaten Tangerang

B = DKI Jakarta, Kabupaten/Kota Tangerang, Kabupaten/Kota Bekasi(B-K**), Kota Depok

D = Kabupaten/Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung Barat

E = eks Karesidenan Cirebon: Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Kuningan

F = eks Karesidenan Bogor: Kabupaten/Kota Bogor, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Sukabumi, Kota Sukabumi

T = Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Karawang, sebagian Kabupaten Bekasi, Kabupaten Subang

Z = Kabupaten Garut, Kabupaten/Kota Tasikmalaya, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Ciamis, Kota Banjar

G = eks Karesidenan Pekalongan: Kabupaten/Kota Pekalongan, Kabupaten/Kota Tegal, Kabupaten Brebes, Kabupaten Batang, Kabupaten Pemalang

JAWA TENGAH DAN SEKITARNYA

H = eks Karesidenan Semarang: Kabupaten/Kota Semarang, Kota Salatiga, Kabupaten Kendal, Kabupaten Demak

K = eks Karesidenan Pati: Kabupaten Pati, Kabupaten Kudus, Kabupaten Jepara, Kabupaten Rembang, Kabupaten Blora, Kabupaten Grobogan, Kecamatan Cepu

R = eks Karesidenan Banyumas: Kabupaten Banyumas, Kabupaten Cilacap, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Banjarnegara

AA = eks Karesidenan Kedu: Kabupaten/Kota Magelang, Kabupaten Purworejo, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Temanggung, Kabupaten Wonosobo

AB = DI Yogyakarta: Kota Yogyakarta, Kabupaten Bantul, Kabupaten Gunung Kidul, Kabupaten Sleman, Kabupaten Kulon Progo

AD = eks Karesidenan Surakarta: Kota Surakarta, Kabupaten Sukoharjo , Kabupaten Boyolali, Kabupaten Sragen, Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Klaten

JATIM DAN SEKITARNYA

L = Kota Surabaya (kode nomor polisi L adalah satu-satunya kode nomor polisi yang hanya dimiliki oleh satu daerah setingkat kota/kab)

M = eks Karesidenan Madura: Kabupaten Pamekasan, Kabupaten Sumenep, Kabupaten Sampang, Kabupaten Bangkalan

N = eks Karesidenan Malang: Kabupaten, Kabupaten/Kota Probolinggo Kabupaten/Kota Pasuruan, Kabupaten Lumajang, Kota Batu

P = eks Karesidenan Besuki: Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Jember, Kabupaten Banyuwangi

S = eks Karesidenan Bojonegoro: Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten/Kota Mojokerto, Kabupaten Tuban, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Jombang

W = Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Gresik

AE = eks Karesidenan Madiun: Kabupaten/Kota Madiun, Kabupaten Ngawi, Kabupaten Magetan, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Pacitan

AG = eks Karesidenan Kediri: Kabupaten/Kota Kediri, Kabupaten/Kota Blitar, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Trenggalek

BALI DAN SEKITARNYA

DK = Bali

DR = NTB I (Pulau Lombok: Kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat, Kabupaten Lombok Timur, Kabupaten Lombok Tengah)

EA = NTB II (Pulau Sumbawa: Kabupaten Sumbawa Barat, Kabupaten Sumbawa, Kabupaten Dompu, Kabupaten/Kota Bima)

DH = NTT I (Pulau Timor: Kabupaten/Kota Kupang, Kabupaten TTU, TTS, Kabupaten Rote Ndao)

EB = NTT II (Pulau Flores dan kepulauan: Kabupaten Manggarai Barat, Kabupaten Manggarai, Kabupaten Ngada, Kabupaten Ende, Kabupaten Sikka, Kabupaten Flores Timur, Kabupaten Lembata, Kabupaten Alor)

ED = NTT III (Pulau Sumba: Kabupaten Sumba Barat, Kabupaten Sumba Timur)

PULAU KALIMANTAN

KB = Kalimantan Barat

DA = Kalimantan Selatan, dipakai di seluruh Kalimantan sebelum pembagian provinsi

KH = Kalimantan Tengah

KT = Kalimantan Timur

PULAU SULAWESI DAN SEKITARNYA

DB = Sulawesi Utara Daratan (Kota Manado, Kota Tomohon, Kota Bitung, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Minahasa Tenggara, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan)

DL = Sulawesi Utara Kepulauan (Kabupaten Kepulauan Sangihe, Kabupaten Kepulauan Talaud, Kabupaten Kepulauan Sitaro)

DM = Gorontalo

DN = Sulawesi Tengah

DT = Sulawesi Tenggara

DD = Sulawesi Selatan

DC = Sulawesi Barat

DE = Maluku

DG = Maluku Utara

PAPUA

DS = Papua dan Papua Barat



Semoga bisa bermanfaat buat semua.

#2 ABLO

    Masih Blo'on

  • Moderator
  • 5,367 posts
Click to view battle stats

Posted 03 August 2012 - 06:01 PM

sekdar nambah informasi nya bro :

kalau di Kalimantan Timur (KT), biasanya di ujung nomor menunjukkan wilayah kabupaten/kota masing2.

misalkan Nih Bro :

KT 3123 AB -> kode (A) untuk wilayah balikpapan
KT 3123 BC -> kode (B) untuk wilayah Samarinda
KT 3123 CD -> kode © untuk wilayah kabupaten Kutai

dan kode dari kota2 yang lainnya, yang saya sendiri sebagai orang Kaltim nggak tahu :axehead:

Saya punya sepeda motor, dengan ujung CL, lalu teman saya bilang. kok sepeda motor kamu pakai Plat Kutai?, berasal dari daerah kutai ya?
saya pikir, "kok teman saya tau ini motor dari daerah kutai" :))

kalau ada teman2 dari kaltim yang tau kode plat dari kota-kota di kaltim silakan di share bro
:))

#3 nikeen23

    BlueFame Hotter

  • Members
  • PipPipPipPip
  • 622 posts
Click to view battle stats

Posted 04 August 2012 - 12:14 AM

baru tau! hoh tq hehe info penting

#4 cah_koplak

    BlueFame Typer

  • Members
  • PipPipPipPipPip
  • 896 posts
Click to view battle stats

Posted 04 August 2012 - 07:10 AM

wuih..baru tau aku klau plat nomer motor tuh 3.4.5.6....brarti klau misal trjadi pncurian gampang di lacak...kliatane udah mulai paham cara polisi nglacak kendaraan lintas daerah.....tpi ada 1..klau ganti plat nomer sndiri kan jg bs???gmn si polisi bs membedakan plat nomer itu asli..apa dganti sndiri tanpa izin....wkwkwk...pusing...

#5 Feanor Culnamo

    BlueFame Holic

  • Elite Member
  • 3,915 posts
Click to view battle stats

Posted 04 August 2012 - 07:21 PM

@Ablo: Kalo belakangnya D, pasti dari Bontang :p

Sama kok prinsipnya, semua huruf di belakang menunjukkan daerah tertentu di wilayah plat tersebut.

#6 darkcrow

    Art of the CrowS

  • Elite Member
  • 4,317 posts
Click to view battle stats

Posted 04 August 2012 - 10:47 PM

hehehehe klo di Manado akhirannya sering menggunakan abjad A atau B itu menandakan wilayah'nya
hmm klo di kabupaten minahasa utara, abjad belakangnya F atau kombinasi dengan F seperti BF dsb :D

oya bener gw pernah pake mobil tante gw yang play akhirnya BS /BS (Bebas Sweeping)atau (Bantuan Sipil)
selama razia polisi lolos terus gw hehehehehehe.. lah dapet platnya langsung dari bpk Gordon M :HeHe:


_DC_

#7 The Sy

    unknown

  • Super Moderator
  • 17,769 posts
Click to view battle stats

Posted 05 August 2012 - 05:38 AM

kemaren waktu acara keluarga, ada saudara yang pinjemin mobil kantornya, dengan plat nomor B 8 J...I dan B 9 J...I
saat itu ane iseng ngobrol ke supirnya, dan si supir ngomong sebenarnya ada 22 plat nomor "beli" yang digunakan untuk operasional dari nomor B 1 J...I sampai B 22 J...I dan disebar ke beberapa cabang di pulau Jawa (J...I merupakan initial dari kantor saudara ane kerja)
ga kebayang berapa dana yang disiapkan oleh kantor saudara ane itu buat beli nomor pilihannya :doh:

#8 Garfi3ld

    Bluefame Newbie

  • Elite Member
  • 5,351 posts
Click to view battle stats

Posted 05 August 2012 - 07:28 AM

Nice info om..thanks for sharing om..

Sent from my HTC One X using Tapatalk 2

#9 ciprul

    "murderous"

  • Members
  • PipPipPipPipPip
  • 1,278 posts
Click to view battle stats

Posted 05 August 2012 - 08:12 PM

plat mobil saya belakangnya BR sih, apakah itu artinya Bantuan Rakyat ataukah Bebas Razia ? :D

#10 Rakkana

    ~JengkolHolic Sebenarnya~

  • Moderator
  • 15,294 posts
Click to view battle stats

Posted 06 August 2012 - 12:10 PM

Ada yang tau ga, kenapa A itu justru dimulai dari Banten :Thinking:

#11 bandit_aero

    BlueFame Hotter

  • Members
  • PipPipPipPip
  • 544 posts
Click to view battle stats

Posted 06 August 2012 - 12:10 PM

@ciprul : hihihi... BR artinya "barang rampokan" kali :p
kidding bro


Buat TS, nice info loh.. ane baru tau >.<

#12 van Baso

    BlueFame Typer

  • Members
  • PipPipPipPipPip
  • 1,178 posts
Click to view battle stats

Posted 08 August 2012 - 04:02 AM

Berhubung gua dulu orang Bogor, gua jelasin yg plat F aja deh
Kotamadya Bogor = A - DZ
Bila udah 3 huruf, huruf kedua atau ketiga mewakili masing-masing kecamatan sesuai dengan urutan pada kode pos;
Kode pos 16120 = AAA
Kode pos 16121 = ABA / AAB
Kode pos 16122 = ACA / AAC
Dst....
Ini kuga kalo kebijakannya ga dirubah :chaong:
Sent from my GT-I9300 using Tapatalk 2

Edited by van Baso, 08 August 2012 - 04:04 AM.


#13 dcL

    Morning Star

  • Moderator
  • 3,937 posts
Click to view battle stats

Posted 08 August 2012 - 12:53 PM

ada lagi pelat B yang akhirannya RFS , RFD, RFN, RFO biasanya punya pejabat, polisi atau TNI atau pelat kedua (pelat sipil) kendaraan dinas

CMIIW

#14 Rakkana

    ~JengkolHolic Sebenarnya~

  • Moderator
  • 15,294 posts
Click to view battle stats

Posted 08 August 2012 - 01:21 PM

^
Bos gw pake RFS, entah gimana caranya dia dapat plat nopol itu

#15 Kris_Ade

    Mungkin Tukang Ronda

  • Moderator
  • 6,965 posts
Click to view battle stats

Posted 08 August 2012 - 02:13 PM

di jalan gw pernah lihat nopol tanpa ada hurup dibelakangnya :D
apa itu termasuk nopol "sakti" :HeHe:

#16 .OYON.

    shadowless sword

  • Moderator
  • 16,128 posts
Click to view battle stats

Posted 08 August 2012 - 05:14 PM

View PostRakkana, on 08 August 2012 - 01:21 PM, said:

^
Bos gw pake RFS, entah gimana caranya dia dapat plat nopol itu


bisa kok sipil minta, cuman kudu punya koneksi kuat, dan itu cuman berlaku setahun doang plat nya

#17 millenix

    Youth BlueFame

  • Members
  • PipPipPip
  • 126 posts
Click to view battle stats

Posted 18 August 2012 - 10:21 PM

wah tips-nya keren samape hafal banget plat seluruh indonesia..

jangan-jangan dulu ex-dari samsat yee..he..he..

#18 MinorLeft

    KIRI ITU SEKSI LHO!

  • Elite Member
  • 7,643 posts
Click to view battle stats

Posted 27 August 2012 - 11:21 AM

kalo seri belakangnya KR biasanya milik polisi (KR = Kode Rahasia)

#19 hamidanwar

    BlueFame Hotter

  • Members
  • PipPipPipPip
  • 353 posts
Click to view battle stats

Posted 27 August 2012 - 04:02 PM

Awalan kenapa Banten A, Jakarta B, dst. Itu dulu ceritanya kalo nggak salah warisan dari pembagian karesidenan di Jawa oleh pemerintah Inggris yang mana waktu itu Jawa dibagi 16 Karesidenan. Nah, terus dipake sejak jaman belanda juga.. cmiiw

#20 SENOPATI_999

    Youth BlueFame

  • Members
  • PipPipPip
  • 214 posts
Click to view battle stats

Posted 02 September 2012 - 02:53 AM

Thanks For Info-nya Sangat Bermanfaat.. :thumbsup_still:





BlueFame.Com A Blue Alternative Community for Peace, Love, Friendship, and Cyber Solidarity © 2006 - 2011
All Rights Reserved Unless Otherwise Specified

BlueFame Part Division
BlueFameStyle | BlueFame Upload | BlueFame Radio | BlueFameMail | Advertise here!

BlueFame DMCA Policy