Jump to content



 

 

Ini Dia Chef Terkenal di Indonesia


42 replies to this topic

#1 Rakkana

    ~JengkolHolic Sebenarnya~

  • Moderator
  • 14,854 posts
Click to view battle stats

Posted 19 September 2012 - 11:11 AM

Farah Quinn

Posted Image

Nama : Farah Fauzan Quinn
Lahir : 8 April 1980, Bandung - Indonesia
Pekerjaan : Kepala koki, koki selebriti, model
Tahun aktif : 2008 - sekarang
Pasangan : Carson Quinn
Anak : Armand Fauzan Quin

Masa kecilnya di Sumatera kerap ia habiskan untuk membantu sang ibu di dapur. Ia mulai dikenal luas setelah memandu acara kuliner Ala Chef di TransTV.

Sebelum masuk ke dunia kuliner, Farah melanjutkan kuliah di jurusan Finance di Indiana University Of Pennsylvania, Amerika Serikat. Jurusan yang sebenarnya tak ingin ia masuki. Maklumlah ia lebih suka mempelajari resep masakan ketimbang belajar ekonomi. Tapi saat itu, perempuan berkulit coklat ini yakin, keinginannya pasti akan ditentang oleh sang ayah. Karena itulah Farah memutuskan untuk mengambil jurusan finance. Setelah berhasil menyelesaikan gelar sarjananya, Farah pun mengambil keputusan. Ia hanya akan bekerja untuk sesuatu yang ia sukai. Tawaran melanjutkan S2 dari sang ayah pun ditolak.

Farah mengakui bahwa dirinya bukanlah tipikal pekerja kantoran. Karena itulah Farah memulai karirnya di "Lydia's Pittsburgh", sebuah restoran Italia terkenal di Pittsburgh, Pennsylvania. Ia juga melanjutkan pendidikannya di Pittsburgh Culinary Institute dan mengambil keahlian khusus dalam bidang pastry atau kue-kue.

Setelah lulus, Farah pindah ke Phoenix, Arizona. Ia kemudian bekerja di Arizona Biltmore Resort. Farah juga sempat mengikuti World Pastry Championship dan mendapatkan kesempatan belajar memasak pada Chef Ewald Notter and Colette Peters. Tahun 2005, keberuntungan membawa Farah dalam acara pertemuan G8 di Sea Island Georgia. Di bawah bimbingan Chef James Mullaney, ia menciptakan menu dessert yang spesial. Hidangan penutup itu disajikan untuk beberapa orang seperti Ibu Negara Laura Bush dan delegasi dunia lain.

Pada tahun 2005, ia menikah dengan Carson Quinn. Ia dan suaminya kemudian membuka restoran sendiri "Camus" di Phoenix, Arizona. Restoran itu dianugerahi 4 bintang untuk masakan dan juga banyak penghargaan lainnya. Farah memperoleh banyak ketenaran. Gara-gara restorannya, nama Farah mulai tenar. Ia kerap tampil di beberapa koran dan majalah. "Camus" kemudian telah dijualnya.

Suatu hari ia menunjukkan portofolionya kepada Helmi Yahya. Presenter kondang itu tertarik dan kemudian mengajak Farah untuk tampil sebagai bintang tamu dalam sebuah acara. Beberapa lama setelah itu Farah dihubungi oleh stasiun TV TransTV. Ia ditawari untuk membawakan sebuah acara masak-memasak. Farah mengiyakan. Farah Quinnn resmi membawakan acara "Ala Chef" di Trans TV sejak November 2008.

#2 Rakkana

    ~JengkolHolic Sebenarnya~

  • Moderator
  • 14,854 posts
Click to view battle stats

Posted 19 September 2012 - 11:23 AM

Rinrin Marinka

Posted Image

Nama lahir : Maria Irene Susanto
Nama lain : Rinrin Marinka
Lahir : 22 Maret 1980, Jakarta - Indonesia
Pekerjaan : Koki
Tahun aktif : 2009 - sekarang

Maria Irene Susanto atau lebih dikenal dengan panggilan Rinrin Marinka adalah seorang koki-selebriti Indonesia. Hobi memasaknya tumbuh sejak SD. Ia lulusan dari Le Cordon Bleu, Sydney, Australia dengan keahlian khusus French Cuisine & Patisserie. Ia juga mengajar di Pantry Magic Cooking School, Kemang.

Pendidikan :
SD - SMP Gandhi International School, Jakarta
SMA Pelita Harapan, Karawaci, Tangerang
Completed Art & Design KVB Institute College Certificate IV Sydney, Australia (1998-1999)
Attending Visual Comunication, Majoring Fashion Design KVB Institute College Sidney, Australia (1999-2002)
Completed Grand Diploma of French Cuisine & Pattiseire Le Cordon Bleu Sidney, Australia (September 2002-April 2004)

Wanita cantik bertubuh seksi yang menjadi juri pada acara televisi Master Chef Indonesia yang ditayangkan di salah satu televisi swasta kita ini memang benar - benar luar biasa. Selain selalu berpenampilan hot, seksi dan montok begitu menggoda pada setiap acara yang dibawakannya, Chef Marinka juga luar biasa mempesona ketika beraksi menilai setiap masakan yang dihidangkan para peserta di gallery Master Chef Indonesia.

#3 Rakkana

    ~JengkolHolic Sebenarnya~

  • Moderator
  • 14,854 posts
Click to view battle stats

Posted 19 September 2012 - 11:43 AM

Aiko

Posted Image

Nama : Aiko Sarwosri
Lahir : 8 April 1980, Medan - Indonesia
Pekerjaan : Koki selebriti, model, bintang film
Tahun aktif : 20011 - sekarang

Aiko Sarwosri, wanita blasteran Solo - Jepang ini mulai dikenal luas setelah memandu acara kuliner Warna di Trans7. Dia suka masak sejak duduk di bangku SMP dan mulai serius dengan dunia masak-memasak sejak SMA. Kesan smart dan seksi chef melekat dalam dirinya, membuat banyak fans yang mengomentari di dunia maya.

#4 Rakkana

    ~JengkolHolic Sebenarnya~

  • Moderator
  • 14,854 posts
Click to view battle stats

Posted 19 September 2012 - 12:07 PM

Karen Carlotta

Posted Image

Nama : Karen Carlotta
Lahir : 1 Agustus 1982, Jakarta - Indonesia
Pekerjaan : Koki, model
Tahun aktif : 2010 - sekarang

Karen Carlotta adalah model, koki dan selebritis Indonesia. Dia ikut beberapa kompetisi seperti Wedding Cake Competition Food Hotel Asia 2006, dapat medali perak. Di Swiss Hotel ditunjuk untuk ikut kompetisi Californian Raisins Competition, juara kedua. Ketika pulang dari Singapura, ia lalu bergabung dengan Maxi menjadi koki untuk private dining, yang biasanya diselenggarakan perusahaan, kaum sosialita, atau pejabat untuk acara pribadi atau kantor. Kesibukannya bertambah dengan kegiatan di televisi, koki untuk acara demo, dan persiapan membuka restoran.

Pendidikan
- S-1 Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanagara, Jakarta (1999-2003)
- Diploma pastry & baking Shatec, Singapura (2005-2007)

Pengalaman kerja (di antaranya):
- Junior officer Bank Panin, Jakarta (Juni-Desember 2003)
- Pastry trainee Swisshotel The Stamford, Singapura (April-Desember 2006)
- Pastry commis Laurent Bernard Chocolatier, Singapura (Januari-November 2007)
- Pastry chef de partie One Rochester, Singapura (Desember 2007-Mei 2008)
- Pastry chef One Rochester & One Twenty Six, Singapura (Mei 2008-Februari 2009)
- Executive pastry chef One Rochester, One Twenty Six, & One Caramel, Singapura (Februari-Mei 2009)
- Pemilik KC Patisserie (Juli 2009-Desember 2010)
- Pemilik AMKC Food Concept (November 2009-sekarang)

#5 Rakkana

    ~JengkolHolic Sebenarnya~

  • Moderator
  • 14,854 posts
Click to view battle stats

Posted 19 September 2012 - 12:19 PM

William Wongso

Posted Image


Nama : William Wirjaatmadja Wongso
Lahir : 12 April 1947, Malang - Indonesia
Pekerjaan : Koki, Pengusaha, Konsultan, Pembawa Acara

William Wirjaatmadja Wongso atau lebih dikenal dengan nama William Wongso adalah seorang pakar kuliner terkenal Indonesia. Ia dikenal luas sebagai ahli kuliner yang menguasai seni masakan Eropa dan Asia. William pada awalnya bercita-cita menapaki karier di bidang film dan fotografi seperti ayahnya, Soewadi Wongso (Wong See Hwa), namun keahlian sang ayah dalam memasak menumbuhkan minatnya untuk mencintai dunia kuliner. Keahliannya dalam memasak tidak diperoleh melalui pendidikan formal melainkan dari berguru langsung dengan pemilik warung di pinggir jalan hingga penyaji makanan berkelas di restoran atau hotel berbintang. Ia sering melakukan kunjungan ke tempat asal masakan dan langsung berinteraksi dengan ahlinya.

Karier

Pemilik "Vineth Bakery"
Pemilik "William Kafe Artistik"
Pemilik "William Gourmet Catering"
Pemilik Restoran "Hanamasa"[1]
Pemilik Restoran "Munik" dan PT. Sarimunik Mandiri yang memproduksi bumbu tradisional Indonesia[2]
Presiden Chaine des Rotisseurs Indonesia Chapter (1986-1993)
Presiden International Wine & Food Society Cabang Jakarta (1991-1994)
Penasehat kuliner maskapai Garuda Indonesia
Tergabung dalam Industry Advisory Council di Universitas Bina Nusantara, jurusan Manajemen Perhotelan, sebagai penasehat kuliner
Pemandu acara “Cooking Adventure with William Wongso” di Metro TV

Penghargaan

BNSP Competency Award 2008 dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi

#6 Rakkana

    ~JengkolHolic Sebenarnya~

  • Moderator
  • 14,854 posts
Click to view battle stats

Posted 19 September 2012 - 12:25 PM

Rudy Choirudin

Posted Image

Nama : Rudy Choirudin
Lahir : 28 Oktober 1964, Surabaya - Indonesia
Pekerjaan : Koki, Presenter, Penulis Buku

Rudy Choirudin dikenal sebagai ahli boga dan pengisi acara masak-memasak baik di televisi maupun dalam acara off air. Rudy juga dikenal berkat inovasinya dalam pembuatan bumbu dasar. Selain itu, Rudy juga menulis beberapa buku mengenai resep masakan.

Anak keenam dari tujuh bersaudara pasangan almarhum R Soedakso dan RA Sabaria Zannah ini tumbuh di lingkungan yang akrab dengan dunia masakan. Ibunya adalah pengusaha restoran yang sukses karena berhasil menyulap empat warung makan menjadi restoran. Sayangnya empat kali pula ibunya harus menutup restoran itu karena harus mengikuti suaminya yang berdinas di kota lain.

Rudy yang sangat dekat dengan ibunya, telah mengenal masakan dengan berbagai bumbu sejak kecil. Bahkan saat SMP, Rudy telah belajar memodifikasi masakan. Rudy melanjutkan sekolah menengahnya di Lampung, ia pun kemudian kembali ke Surabaya untuk menamatkan SMA-nya. Pada tahun 1985, Rudy hijrah ke Jakarta untuk melanjutkan ke Akademi Pariwisata Trisakti Jakarta. Rudy juga mengikuti berbagai seminar tentang makanan dan masakan serta meraih banyak prestasi di berbagai lomba masak dan festival memasak. Rudy menemukan bumbu dasar pada tahun 1987 dan aktif memperkenalkannya.
Rudy pernah menjadi restaurant manager di Java Garden Restaurant (1988-1990), staff pengajar Lembaga Kuliner Indonesia (1990-1991), pembawa acara di salah satu Radio Wanita di Jakarta (1991-1994), dan staff khusus untuk redaksi masakan majalah wanita Kartini (1988-1995). Nama Rudy melejit berkat acara Selera Nusantara dan Resep Oke Rudy di RCTI yang diasuhnya.

Selain aktif mengisi acara masak-memasak, Rudy juga cukup aktif menulis buku. Beberapa bukunya antara lain Resep Praktis Dengan Bumbu Dasar Merah (2001), Hidangan Nusantara (2000), Cake Cantik dalam Plastik Mika (2004), Seri Mini Layer Cake: Fruit (2007), dan Seri Mini Layer Cake: Cheese (2007).

#7 Rakkana

    ~JengkolHolic Sebenarnya~

  • Moderator
  • 14,854 posts
Click to view battle stats

Posted 19 September 2012 - 12:37 PM

Tatang (alm)

Posted Image

Nama : Muchtar Alamsyah
Lahir : 13 Desember 1966, Jakarta - Indonesia
Pekerjaan : Kepala koki, koki selebriti
Meninggal : 3 Mei 2012 (umur 45) Jakarta - Indonesia

Muchtar Alamsyah atau lebih dikenal sebagai Chef Tatang merupakan seorang pakar kuliner asal Indonesia yang terkenal karena membawakan beberapa acara memasak di berbagai stasiun TV Indonesia. Tatang merupakan alumni dari Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti Jakarta, dimana ketika ia kuliah disana ia sempat diajar oleh salah satu pakar kuliner terkemuka Indonesia, Sisca Soewitomo. Selain sibuk mengisi beberapa acara televisi, Tatang juga merupakan seorang wirausahawan dengan mendirikan sebuah perusahaan bernama PT Miski Global Mandiri. Tatang juga terkenal sebagai penulis dan pencipta resep masakan baru maupun modifikasi dari resep masakan luar negeri di beberapa media massa nasional.

Tatang meninggal dunia pada 3 Mei 2012 akibat serangan jantung di Rumah Sakit Dharma Nugraha di Rawamangun, Jakarta. Ia meninggalkan seorang istri dan tiga orang anak.

#8 Rakkana

    ~JengkolHolic Sebenarnya~

  • Moderator
  • 14,854 posts
Click to view battle stats

Posted 19 September 2012 - 12:44 PM

Sisca Soewitomo

Posted Image

Nama : Sisca Soewitomo
Lahir : 8 April 1949, Surabaya - Indonesia
Pekerjaan : Kepala koki, Selebriti koki, Dosen, Penulis Buku
Tahun aktif : 1979 - sekarang

Sisca Soewitomo merupakan seorang pakar kuliner asal Indonesia. Ia terkenal karena kerap kali muncul sebagai presenter acara memasak di beberapa stasiun televisi Indonesia. Sisca merupakan anak pertama dari lima bersaudara. Ayahnya Rp. Tjipto Soemirat, asli Madura, merupakan seorang pegawai di kantor Bea dan Cukai di Surabaya sementara ibunya Rr. Chrysantini Slamet merupakan seorang ibu rumah tangga yang kerap memasak. Dari hobi memasak ibunyalah Sisca kemudian mengenal dunia kuliner. Sejak masih kecil ia kerap membantu ibunya dalam menyiapkan beragam penganan, terutama menjelang Idul Fitri.

Sisca merupakan alumnus dari Akademi Trisakti jurusan perhotelan. Ia lantas mendapatkan beasiswa dari American Institute of Baking di Manhattan, Kansas, Amerika. Sepulang dari AS-lah nama Sisca mulai terkenal, baik sebagai dosen perhotelan maupun sebagai pakar tataboga. Beberapa nama yang sempat menjadi murid Sisca antara lain Tatang, Rudy Choiruddin, Deddy Rustandi, dan Haryanto Makmoer.

#9 Rakkana

    ~JengkolHolic Sebenarnya~

  • Moderator
  • 14,854 posts
Click to view battle stats

Posted 19 September 2012 - 12:55 PM

Vindex Tengker

Posted Image

Nama : Vindex Valentino Tengker
Lahir : 24 November 1968, Jakarta - Indonesia
Tahun aktif : 1991 - sekarang

Vindex Valentino Tengker atau lebih dikenal dengan panggilan Vindex Tengker adalah seorang koki yang terkenal sejak menjadi juri di acara televisi MasterChef Indonesia. Vindex Tengker, Chef yang berasal dari Manado adalah President Assosiasi Culinary Professional Indonesia yang juga menjabat sebagai Koki Eksekutif Hotel Four Seasons di Jakarta. Karirnya dimulai di Amandari Hotel Ubud Bali sebagai Indonesian Chef dan kemudian bergabung dengan salah satu International hotel chain seperti Four Seasons. Chef Vindex sudah berkecimpung di bidang kuliner selama 21 tahun, pengalaman bekerja di Mallorca, Spanyol dan Los Angeles, Amerika Serikat juga sudah pernah dirasakan.

Pendidikan

SMP PSKD IV Panglima Polim, 1983 – 1985
SMAN 6 Mahakam, IPS, 1985 – 1987
Akademi Pariwisata DKI Jakarta, D III, Hotel Management, 1987 – 1989

Karir

Indonesian Chef at Amandari Hotel and Bali Dynasti, Restaurant Chef at Restaurante Nusa Dua Mallorca Spain, Sous Chef Four Seasons Los Angeles, Executive Sous Chef Four Seasons Jimbaran, Resort Chef Four Seasons Sayan, President of Chef Association Jakarta (ACP), Cooking show at Indonesia Now program at Metro TV, Consulting Restaurants etc
Goals: To become one of the great Chef, own Restaurant/Cafe

Spesialisasi

Indonesian and Asian Cuisine, Fusion Cooking

#10 Rakkana

    ~JengkolHolic Sebenarnya~

  • Moderator
  • 14,854 posts
Click to view battle stats

Posted 19 September 2012 - 12:57 PM

Untuk sementara segitu aja dulu :D

Nanti kita lanjutkan lagi ya, jika terdapat kesalahan data mohon dikoreksi :HeHe:

Sengaja 4 profile pertama gw tarok yang bening2 biar seger bacanya :)) walo dari sisi jam terbang mereka belum ada apa2nya sama yang di #5-9

#11 .OYON.

    shadowless sword

  • Moderator
  • 16,054 posts
Click to view battle stats

Posted 19 September 2012 - 01:40 PM

Postingan urutan 1 sd 4 bikin gw konsentrasi ke bagian dada nya dibanding masakannya :haha:

anyway, oot dikit,
honestly, gw sampai skarang ini, blum menemukan sosok chef yg down to earth ya,
everyday you cooked something, everyday you learned something new :)

menjadi seorang chef, adalah suatu cara berkomunikasi dgn orang lain, melalui masakannya :)
your humble, your arrogance, you ignorance, your love, your tears, your happiness, all flow through it .... :Love:

#12 JOYRIDER

    - ThE SaInT -

  • Elite Member
  • 8,716 posts
Click to view battle stats

Posted 19 September 2012 - 09:47 PM

chef juna dooong :Love:

oh ya nambahin dikit, bapak farah quin (ir.fauzan rahim) itu pejabat di provinsi bengkulu, trakhir waktu ane masih merantau dsno jabatannya sekda prov entah skr masih jabat ga.

Edited by JOYRIDER, 19 September 2012 - 10:03 PM.


#13 dcL

    Morning Star

  • Moderator
  • 3,929 posts
Click to view battle stats

Posted 21 September 2012 - 03:32 PM

View Post.OYON., on 19 September 2012 - 01:40 PM, said:


honestly, gw sampai skarang ini, blum menemukan sosok chef yg down to earth ya,
everyday you cooked something, everyday you learned something new :)



Gw juga sempet di dunia hotel dan satu alumni dari beberapa nama diatas :Smug: , dari yang gw amati, mereka ini sangat bangga akan keahlian yang mereka punya. Yang mereka sudah susah payah mendapatkan berpuluh tahun. jadi bisa dibilang wajar sikap mereka seperti itu :HeHe:
Kalo kita liat mereka didalam dapur mereka sendiri (off cam) mungkin kalau ada panci dilempar sesuatu yang terjadi sehari-hari :ngakak:

#14 .OYON.

    shadowless sword

  • Moderator
  • 16,054 posts
Click to view battle stats

Posted 21 September 2012 - 04:26 PM

^^
nah itu...taste of self proud nya masuk ke taste food nya. Jadinya the taste of love nya ngga kerasa.

That's why i won't spend one hundred thousands rupiahs for a bowl of soto in a fancy restaurant, while i could get a proper taste of same culinary and cheaper price in streetfood.

Ketika mereka grow older, they'll open their own business finally. And that's street food. With a taste like a five star resto :wink;



Sent from my GT-S5670 using Tapatalk

#15 Rakkana

    ~JengkolHolic Sebenarnya~

  • Moderator
  • 14,854 posts
Click to view battle stats

Posted 24 September 2012 - 11:12 AM

View PostJOYRIDER, on 19 September 2012 - 09:47 PM, said:

chef juna dooong :Love:


Juna Rorimpandey

Posted Image

Nama : Junior Rorimpandey
Lahir : 20 Juli 1975, Manado - Indonesia
Pekerjaan : Koki

Junior Rorimpandey atau lebih dikenal dengan panggilan Chef Juna adalah seorang koki yang menjadi terkenal setelah menjadi juri di acara MasterChef. Ia sudah mengundurkan diri dari jabatannya yaitu Executive Chef di Restoran Jack Rabbit Jakarta pada akhir Juli 2011 lalu.

Karier

Selama 12 tahun yang dihabiskan di luar negeri, Chef ini spesialis makanan Jepang dan Perancis. Dia mengaku masuk ke dunia kuliner karena suatu "kecelakaan" yang mana sebelumnya dia sempat mengikuti studi di Amerika untuk menjadi seorang pilot.

Pada tahun 1997, Juna pergi ke Texas - Amerika Serikat untuk sekolah penerbangan. Namun naas, saat dia tengah mengambil lisensi pilot tersebut, sekolah penerbangannya bangkrut. Akhirnya ia pergi ke Houston untuk lanjutkan pelatihan. Saat Indonesia dilanda Krisis Moneter pada tahun 1998 lalu, membuat Juna yang hidup di negeri Orang harus bersusah payah bekerja untuk mencukupi kehidupannya, karena keluarganya di Tanah Air tidak sanggup membantu.

Akhirnya sebuah Restoran Tradisonal Jepang mempekerjakan Chef Juna sebagai Waiter (pelayan) walo pada saat itu dia belum mempunyai visa kerja . Pemilik restoran Jepang itu kagum dengan kinerja dan dedikasi Juna saat bekerja. Akhirnya, pada tahun 2002, Juna di angkat menjadi Head Chef (kepala koki) di Restoran Tradisional Jepang tersebut. Di tahun 2003, Juna pindah kerja ke restoran sushi nomor satu di Houston yang bernama Uptown Sushi. Setelah beberapa bulan, ia menjadi Executive Chef.

2004, Chef Juna pindah kerja ke restoran Perancis, The French Laundry. Di French Laundry, posisi chef Juna hanya koki biasa, hal itu membuatnya harus mencari kerja sambilan untuk memenuhi kebutuhannya. Di restoran ini ia dididik dengan kedisiplinan tingkat tinggi.

#16 Rakkana

    ~JengkolHolic Sebenarnya~

  • Moderator
  • 14,854 posts
Click to view battle stats

Posted 24 September 2012 - 11:28 AM

Bara Pattiradjawane

Posted Image

Nama : Bara Raoul Pattiradjawane
Lahir : 9 Juli 1964, Jakarta - Indonesia
Pekerjaan : Koki, Presenter dan Penulis Buku

Bara Raoul Pattiradjawane atau Bara Pattiradjawane adalah seorang juru masak yang menjadi host di acara Gula-Gula yang ditayangkan di stasiun televisi Trans TV yang dimulai tahun 2005. Ia merasa kurang nyaman dijuluki celebrity chef. Ia telah menulis beberapa buku memasak antara lain Puding Dalam Gelas, Creative Cooking Strawberry, Creative Cooking Apel, Creative Cooking Jeruk, Masak Seru Bareng Si Tukang Masak dan Catatan Dari Balik Dapur Si Tukang Masak. Pada 1995, Ia membuka restoran yang dia beri nama GulaGoela.

Kegemaran Chef Bara yang berdarah Ambon - Manado dalam memasak dimulai sejak umur 12 tahun. Ia mengatakan bahwa kultur keluarganya amat menyukai kuliner. Ia juga telah ikut orangtuanya di Belanda sejak kecil dan mandiri serta banyak melakukan aktivitas di dapur. Chef Bara berobsesi untuk mempopulerkan makanan khas daerah asalnya, membukukan kuliner khas Ambon akan memberikan manfaat kepada lebih banyak orang dibandingkan dengan membuka restoran masakan khas Ambon.

Ia sendiri pernah mengambil kuliah jurusan hubungan internasional di salah satu universitas Austria dan awalnya bercita-cita menjadi diplomat. Ia cukup menyukai dunia politik dan seni namun ia membatalkan niatnya karena tak menyukai menjadi pegawai kantoran. Bara memang sudah akrab dengan dunia kuliner sejak dulu dan tak pernah merasa risih bahwa dunia masak itu identik dengan kaum hawa. Ia merasa tak ada yang salah dengan pria memasak setidaknya mereka bisa memasak untuk diri sendiri.

Kesuksesan yang diraihnya kini bukan dalam waktu instan ia harus menunggu lima tahun untuk bisa memiliki acara sendiri. Ia juga telah membuka sebuah bistro di daerah kuningan Jakarta Selatan. Ia kembali menekankan bahwa tidak ada yang sulit dengan memasak asal mau berusaha dan tidak takut gagal.

#17 .OYON.

    shadowless sword

  • Moderator
  • 16,054 posts
Click to view battle stats

Posted 24 September 2012 - 11:44 AM

Last update kabar dari Chef Bara gmn ya? Gw plg suka acara yg dia bawa, kulinernya gampang dipraktekin dan simple.

Sent from my GT-S5670 using Tapatalk

#18 Rakkana

    ~JengkolHolic Sebenarnya~

  • Moderator
  • 14,854 posts
Click to view battle stats

Posted 24 September 2012 - 11:55 AM

Degan Septoadji

Posted Image

Nama : Degan Septoadji Supriyadi
Lahir : 1 September 1967, Jakarta - Indonesia
Pekerjaan : Koki

Degan Septoadji atau lebih dikenal dengan panggilan Chef Degan, mulai bersentuhan dengan alat masak dan bahan bahan makanan ketika kelas 2 SD. Telur ceplok adalah menu pertama yang dikuasainya. Mulai menekuni Kuliner ketika berada di Jerman, karena kerap ditinggal bekerja orang tua dan mau tak mau ia harus belajar mandiri, termasuk memasak sendiri.

Kebiasaan bergelut di dapur rupanya memunculkan idenya pada sebuah cita-cita. Ketika banyak anak laki-laki seusianya bercita-cita menjadi tentara, dokter, dan pilot, dia justru menyimpan impian lain. Akhirnya, ia punya ide untuk jadi chef, bisa masak di kapal dan keliling dunia.

Chef Degan pun meneguhkan tekadnya, dan mulai menekuni dunia kuliner. Awalnya, pemilik Café Degan di Seminyak, Bali, ini mengganggap ringan profesi chef alias juru masak, rupanya dia menemukan kekeliruan. Kerena memasak itu ternyata susah, capek dan berat profesinya. Namun, tekad sudah telanjur kuat. Chef Degan mengambil pendidikan kuliner di Jerman, dan mulai bekerja di Hotel Hilton pada 1988. Dia kemudian menambah jam terbangnya hingga ke luar Jakarta, seperti Bali, Pulau Bintan, hingga bekerja di beberapa hotel berbintang di luar negeri, seperti Eropa, Amerika, Australia, China Tibet, Srilanka, Panama, Bahama, hingga Afrika. Dengan banyak pengalaman yang telah didapatkan, Chef Degan kini memantapkan diri pada olahan menu Thailand dan Indonesia.

Penghargaan

Chef Degan dinobatkan sebagai Best Chef Indonesia tahun 1996 dan Hotelier (manager hotel) termuda tahun 1997.

#19 Rakkana

    ~JengkolHolic Sebenarnya~

  • Moderator
  • 14,854 posts
Click to view battle stats

Posted 24 September 2012 - 12:26 PM

Haryanto Makmoer

Posted Image

Nama : Haryanto Makmoer
Lahir : 24 Maret 1960, Surabaya - Indonesia
Pekerjaan : Koki, Baking Consultant

Haryanto Makmoer, baginya menjadi seorang Baker bukanlah sebuah cita2. Semua mengalir begitu saja, sejak kecil ia memang sudah menyukai kegiatan keterampilan memasak yang sering dilakukannya bersama sang ibu saat masih remaja di kota Surabaya. Karena tak ingin menjadi sekedar lulusan SMA, Haryanto memutuskan untuk hijrah ke Jakarta untuk melanjutkan pendidikannya. Pilihannya hanya tertuju kepada Akademi Pariwisata Trisakti (sekarang dikenal sebagai Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti)

Sejalan dengan waktu, Haryanto menjadi jatuh cinta dengan ilmu yang ia pelajari, saat teman – teman lain pulang dan gaul, ia malah memilih membantu dosen untuk mempersiapkan bahan – bahan untuk praktek keesokan harinya. Akhirnya ketekunannya membuahkan hasil, setelah lulus iapun melamar menjadi asisten dosen. Hingga akhirnya sang dosen, yaitu Sisca Soewitomo menawarkan pekerjaan lain yang dianggap lebih prestise.

Bergabung di LKI (Lembaga Kuliner Indonesia) bersama Tuti Soenardi, Hiang Marahimin, dan William Wongso, Haryanto makin mantap menapaki bidang kuliner. Akhirnya pada tahun 1991 acara demo televisi pertamanya dimulai bersama Tuti Soenardi, yang kemudian disusul oleh berbagai acara demo masak baik di layar kaca maupun media cetak.Tak puas begitu saja, Haryanto pun kembali serius menekuni dunia baking dengan belajar di luar negeri seperti Manila, Bangkok dan Perancis. Kini secara rutin ia rajin mengunjungi pameran bakery di manca negara.

Dunia pastry dan roti membawanya sukses sebagai baking consultant maupun tenaga pengajar di berbagai kota seluruh Indonesia. Tubuhnya yang ramping dan gaya bicara dengan aksen Suroboyo menjadi ciri khas Haryanto. Tiap sesi cooking class selalu diselingi dengan guyonan, penjelasan yang njlimet plus tips-tips penting. Tak heran jika pria yang setia dengan status lajangnya ini selalu jadi favorit para murid atau peserta.

Kini, selain sebagai Technical Service Manager PT. Sinar Meadow Internasional Indonesia, Haryanto juga bekerja sebagai pengajar berbagai kursus dan konsultan bakery-bakery di seluruh Indonesia. Beliau pun tak segan membuka rahasia membuat roti empuk dan enak kepada pencinta detikfood. "Membuat roti yang enak haruslah dengan perasaan gembira dan ide untuk bentuk atau isi bisa dicari dimana saja dan kapan saja," jelasnya.

Bagi Haryanto saat mengajar merupakan saat yang paling menyenangkan. Karena baginya berbagi ilmu kepada banyak orang merupakan kebahagiaan tersendiri. Melayani berbagai pertanyaan dan masalah dari murid atau peserta justru membuatnya makin bersemangat dan bertambah ilmu.

#20 Rakkana

    ~JengkolHolic Sebenarnya~

  • Moderator
  • 14,854 posts
Click to view battle stats

Posted 24 September 2012 - 12:36 PM

Edwin Handoyo Lau

Posted Image

Nama : Edwin Handoyo Lau
Lahir : 16 November 1982, Ujung Pandang - Indonesia
Pekerjaan : koki, Model
Tahun aktif : 2001 - sekarang

Edwin tidak memiliki latar belakang sebagai koki. Ayahnya seorang kontraktor, sedangkan ibunya adalah ibu rumah tangga. Edwin awalnya juga tak pandai memasak. Tapi ketekunan sekaligus keyakinan untuk menekuni bidang ini membuka pintu-pintu kesuksesan. Edwin mulai terjun dan jatuh cinta pada dunia kuliner ketika kuliah D-3 di Jurusan Perhotelan Pariwisata Akademi Pelita Harapan. Saat kuliah, dia sempat magang di Sakana Japanese Restaurant, Jakarta. Dia lalu menjadi koki di The Ritz-Carlton Bali dan Grand Hyatt Jakarta. Dari riwayat kariernya, dia banyak menangani masakan Jepang. Dalam perjalanannya, Edwin kemudian memutuskan untuk menjadi healthy chef. Kemudian ia belajar tentang nutrisi di Food and Drug Administration (FDA)

Kariernya menanjak cepat ketika menjadi finalis Men's Health Be Our Cover pada 2006. Bentuk tubuhnya yang kekar dan sehat memperkuat citranya sebagai koki makanan sehat. Ia gemar olahraga sejak kecil. Edwin punya pola makan yang berbeda dengan orang kebanyakan. Makanannya dikukus atau dipanggang, tidak pakai garam, minyak, gula, dan bumbu. Perubahan pola makan itu terjadi ketika ia sadar bahwa ada sejumlah anggota keluarganya yang terkena penyakit gula dan kanker. Itu juga memberi nilai positif untuk bidang yang dipilihnya.

Kemudian ia mengikuti kontes bertaraf nasional, Mister Indonesia ditahun 2007. Ia meraih posisi sebagai juara ketiga dan juga penghargaan khusus sebagai Photogenic Awards

Pendidikan

SMA Tarakanita Pluit, Jakarta
D-3 Pariwisata Akademi Pelita Harapan (2000-2003)

Karier

Sakana Japanese Restaurant, Jakarta (2001-2002)
The Ritz Carlton, Bali (2002-2003)
Grand Hyatt Jakarta (2003-2007)

Prestasi

United States Department of Agriculture (USDA) Ambassador of Indonesia – Council Of Chefs (COC).
Runner-up II Mister Indonesia 2007
Finalis Men's Health Be Our Cover 2006





BlueFame.Com A Blue Alternative Community for Peace, Love, Friendship, and Cyber Solidarity © 2006 - 2011
All Rights Reserved Unless Otherwise Specified

BlueFame Part Division
BlueFameStyle | BlueFame Upload | BlueFame Radio | BlueFameMail | Advertise here!

BlueFame DMCA Policy