Jump to content



 

 
Photo

Tips Memilih Genset Rumah Tangga yang Tepat Agar Berkualitas

Genset Rumah Tangga Generator Set Tips

  • Please log in to reply
No replies to this topic

#1 shiddieq

shiddieq

    Mungkin Tukang Spam

  • Members
  • 1 posts

Posted 03 May 2016 - 07:58 PM

Generator set atau yang lebih sering kita dengar dengan istilah genset merupakan sebuah mesin yang memiliki fungsi seperti layaknya pembangkit listrik. Hanya saja, genset memiliki bentuk yang lebih sederhana dan yang menjadi sumber energinya adalah energi mekanik.

 

Dulu, genset biasanya hanya dipergunakan untuk acara atau tempat-tempat yang bersifat umum. Namun, seiring dengan berkembangnya zaman, kini tak jarang genset mulai dipergunakan di rumah-rumah pribadi sebagai pengganti listrik yang berasal dari perusahaan-perusahaan.

 

Hal tersebut juga didukung pula oleh banyaknya variasi genset yang ada. Baik dari segi bahan bakarnya, merknya, daya listrik yang mampu dihasilkannya, dan lain sebagainya. Semakin banyak pilihan genset yang ditawarkan, maka semakin banyak pengguna yang membutuhkannya.

 

Namun sebelum memenuhi kebutuhan akan genset tersebut, ada baiknya jika memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu. Hal itu dikarenakan agar kebutuhan bisa dipenuhi dengan baik dan sebagai antisipasi dari kejadian-kejadian yang di luar harapan.

 

Lalu apa saja poin-poin yang perlu diperhatikan ketika memilih genset secara tepat agar mampu memenuhi kebutuhan? Berikut ini merupan 7 poin yang perlu diperhatikan ketika memilih genset untuk dijadikan sebagai genset rumah tangga.

 

Hitung Daya Listrik yang Dibutuhkan

 

Poin pertama yang perlu diperhatikan ialah daya listrik yang dibutuhkan. Menghitung daya listrik

yang dimaksud di sini bukanlah melihat daya listrik yang ada di rumah, melainkan menghitung daya listrik dari semua peralatan elektronik yang digunakan.

 

Mengapa harus demikian? Hal tersebut dilakukan demi menghindari tidak terpenuhinya kebutuhan akan listrik di rumah. Misalnya daya listrik di sebuah rumah adalah 900 watt, namun kebutuhan listrik bagi peralatan elektroniknya 1200 watt, tentu daya listrik yang ada tidak mencukupi kebutuhan bukan?

 

Daya Genset yang Dibeli Harus Lebih Besar dari Kebutuhan

 

Poin yang kedua adalah memilih genset dengan daya yang lebih besar dari kebutuhan. Jangan sampai genset yang dibeli kurang dari kebutuhan listrik yang ada, karena biasanya daya yang mampu dihasilkan genset tidak seratus persen pas dengan daya yang tertera di spesifikasi. Biasanya akan lebih kurang sedikit. Oleh karena itu lebih baik memilih genset dengan daya yang sedikit lebih besar.

 

Memilih Type Genset

 

Mengapa type genset juga perlu diperhatikan? Jelas hal ini sangat berpengaruh dengan kondisi yang ada di rumah. Sesuaikanlah type genset dengan keadaan di rumah. Misalnya dengan memilih type genset silent agar tidak mengganggu tetangga, atau memilih genset berbahan bakar gas karena di rumah sudah tersedia pipa-pipa aliran gas.

 

Perhatikan Juga Merk Genset

 

Walaupun ini bukan menjadi patokan utamanya, namun genset yang memiliki merk biasanya sudah mendapat testimoni baik dari penggunanya. Dengan adanya testimoni baik, kualitas genset akan lebih terjamin ketimbang jenis genset yang merknya belum terkenal.

 

Beberapa jenis merk genset yang cukup diminati oleh banyak kalangan antara lain adalah genset Honda, genset yamaha, genset krisbow, genset firmah, dan masih banyak lagi. Genset-genset tadi biasanya mendapat respon baik dari konsumennya hingga akhirnya menjadi yang paling diminati.

 

Kenali Cara Mengoperasikannya

 

Genset bisa dibagi menjadi 2 type jika digolongkan berdasarkan cara mengoperasikannya, yaitu genset yang menggunakan recoil dan genset yang menggunakan starter listrik. Genset yang menggunakan starter jelas lebih mudah mengoperasikannya karena hanya tingga menekan tombol starter layaknya menyalakan mesin motor.

 

Bahan Bakar yang Digunakan Perlu Diketahui

 

Berdasarkan bahan bakarnya, ada 4 jenis genset yang paling sering digunakan yaitu genset berbahan bakar bensin, solar, gas, dan tenaga matahari. Namun dari keempat jenis genset tadi, genset berbahan bakar bensin dan solarlah yang paling mudah dicari di pasaran. Mungkin dikarenakan faktor konsumennya yang lebih banyak di kedua type genset ini.

 

Jangan Lupakan Soal Harga

 

Setelah semua poin di atas diperhatikan, poin terakhir adalah masalah harga. Pilihlah genset murah atau harganya terjangkau, namun tetap memiliki kualitas dan bisa memenuhi daya listrik yang dibutuhkan.

 


  • 0





Also tagged with one or more of these keywords: Genset, Rumah Tangga, Generator Set, Tips

BlueFame.Com A Blue Alternative Community for Peace, Love, Friendship, and Cyber Solidarity © 2006 - 2011
All Rights Reserved Unless Otherwise Specified

BlueFame Part Division
BlueFameStyle | BlueFame Upload | BlueFame Radio | BlueFameMail | Advertise here!

BlueFame DMCA Policy