Jump to content



 

 

Tentang Pemeriksaan Laboratorium


64 replies to this topic

#21 rania

    BlueFame ABG

  • Members
  • PipPip
  • 37 posts
Click to view battle stats

Posted 29 July 2008 - 05:45 AM

QUOTE (lelaki_sejati @ May 1 2008, 07:15 AM) <{POST_SNAPBACK}>
ga dpt maksudte gmn bro?tdk melayani atau dah diperiksa tp kaga ada?
Coba maen ke fak kedokteran UI bag mikrobiologi...disana mungkin bs...


Maksudnya, aku dah ke UI, dah diperiksa sample-nya, ada jamurnya,
tapi gak ada titernya (1+, 2+, 3+ atau 4+). Aku butuh ini soalnya
menyangkut diet gulanya, kalau di 3+ ke atas kan sama sekali
gak boleh gula atau apapun yang manis-manis. Kalau tadinya 2+
terus jadi 1+ berarti kan ada penurunan (artinya diet gulanya
berhasil), tapi kalau jadinya malah 3+ berarti kan tambah parah.
Yah gitu deh kira-kira...

Terus ada juga beberapa lab yang tidak menyertakan anti resistensi
test -nya. Jadi gak ketauan apa si jamur/bakteri anaerob tersebut
masih bisa dihilangkan dengan penicilin, cefadroxil, dst. Percuma
kan misalnya tiba-tiba dikasih Nystatin padahal tuh jamur dah
gak mempan Nystatin.

Begitu maksudnya. Thanks yah. Nanti kalau ada info lainnya
tolong kasih tau aku yah..



#22 Hiawata Koga

    -UnderGround-

  • Elite Member
  • 2,310 posts
Click to view battle stats

Posted 29 July 2008 - 08:01 AM

QUOTE (rania @ Jul 29 2008, 05:45 AM) <{POST_SNAPBACK}>
QUOTE (lelaki_sejati @ May 1 2008, 07:15 AM) <{POST_SNAPBACK}>
ga dpt maksudte gmn bro?tdk melayani atau dah diperiksa tp kaga ada?
Coba maen ke fak kedokteran UI bag mikrobiologi...disana mungkin bs...


Maksudnya, aku dah ke UI, dah diperiksa sample-nya, ada jamurnya,
tapi gak ada titernya (1+, 2+, 3+ atau 4+). Aku butuh ini soalnya
menyangkut diet gulanya, kalau di 3+ ke atas kan sama sekali
gak boleh gula atau apapun yang manis-manis. Kalau tadinya 2+
terus jadi 1+ berarti kan ada penurunan (artinya diet gulanya
berhasil), tapi kalau jadinya malah 3+ berarti kan tambah parah.
Yah gitu deh kira-kira...

Terus ada juga beberapa lab yang tidak menyertakan anti resistensi
test -nya. Jadi gak ketauan apa si jamur/bakteri anaerob tersebut
masih bisa dihilangkan dengan penicilin, cefadroxil, dst. Percuma
kan misalnya tiba-tiba dikasih Nystatin padahal tuh jamur dah
gak mempan Nystatin.

Begitu maksudnya. Thanks yah. Nanti kalau ada info lainnya
tolong kasih tau aku yah..

halo...
Pemr lab dikerjakan atas permintaan berdasarkan surat permohonan pemeriksaan/surat pengantar...
Kalo jamur,itu ga pake titer(kuantitatif) tp cm ada tdk (kualitatif) dan Spesiesnya apa...
Trus kalo pgn dilakukan sensitivity test,ya kalo disrt pengantar diminta pasti dilakukan kok..
Kan g mgkn dikerjakan kl ga diminta,ntar biaya yg nanggung siapa..
Utk lbh jelasnya,setiap akan melakukan suatu test,ada baiknya konsultasi dl dgn petugas lab'nya...
CMIIW
Semoga membantu,
-koga-

ps:soal gula maksudnya gmn?aku kok ga nyambung? Tounge.gif

#23 rania

    BlueFame ABG

  • Members
  • PipPip
  • 37 posts
Click to view battle stats

Posted 29 July 2008 - 05:24 PM

QUOTE (Koga Manjidani @ Jul 29 2008, 08:01 AM) <{POST_SNAPBACK}>
halo...
Pemr lab dikerjakan atas permintaan berdasarkan surat permohonan pemeriksaan/surat pengantar...
Kalo jamur,itu ga pake titer(kuantitatif) tp cm ada tdk (kualitatif) dan Spesiesnya apa...
Trus kalo pgn dilakukan sensitivity test,ya kalo disrt pengantar diminta pasti dilakukan kok..
Kan g mgkn dikerjakan kl ga diminta,ntar biaya yg nanggung siapa..
Utk lbh jelasnya,setiap akan melakukan suatu test,ada baiknya konsultasi dl dgn petugas lab'nya...
CMIIW
Semoga membantu,
-koga-

ps:soal gula maksudnya gmn?aku kok ga nyambung? :p


Hehehe.. soal gula nyambung ama jamur aku juga baru tau.
Jadi ada teori bahwa jamur di usus akan makin subur bila
ada gula. Bahkan ketika 'gula' sudah di-stop, akan tetap
craving dengan mengambil 'gula' dari buah2an maupun
karbohidrat (pernah dengar SCD? Specific Carbohydrate
Diet). Ada lab-lab tertentu yang memberikan titer 1+ hingga
4+ untuk jamur ini (kebanyakan sih candida). Kalau 1+ atau
2+ masih boleh dikit atau pakai pengganti gula, kalau dah
3+ apalagi 4+ dah gak boleh sama sekali bahkan disarankan
SCD itu tadi. Kira-kira gitu deh... (maklum dulu dosen gak
nerangin yang beginian)

-rania-


#24 Hiawata Koga

    -UnderGround-

  • Elite Member
  • 2,310 posts
Click to view battle stats

Posted 30 July 2008 - 08:20 AM

And then the point is?
Maksudku yg km tanyain ttg kdr gula trus hubungan dgn candida atau apa sih?
Binun he he...

#25 rania

    BlueFame ABG

  • Members
  • PipPip
  • 37 posts
Click to view battle stats

Posted 30 July 2008 - 10:28 AM

QUOTE (Koga Manjidani @ Jul 30 2008, 08:20 AM) <{POST_SNAPBACK}>
And then the point is?
Maksudku yg km tanyain ttg kdr gula trus hubungan dgn candida atau apa sih?
Binun he he...


Maaf bikin binun hehehe..
Maksudku adalah aku lagi cari lab yang bisa kasih titer
1+ 2+ 3+ atau 4+ buat si jamur itu. Kenapa harus ada
titernya, karena ini permintaan dokter. Dokter tsb cuma
tau lab yg di Bandung ama di luar negeri, lab lain
beliau gak tau. Karena lab yg di Bandung itu mahal,
aku mau cari lab lain yang (kalau bisa) lebih murah
dan dekat (aku di Jakarta). Ada sarankah?
Makasih sebelumnya.


#26 raphontua

    Anak Ingusan

  • Members
  • Pip
  • 18 posts
Click to view battle stats

Posted 30 July 2008 - 01:37 PM

SAYA MAU TANYA JAMU APA SICH UNTUK MENGOBATI JERAWAT N NGA ADA EFEK SAMPING

#27 Hiawata Koga

    -UnderGround-

  • Elite Member
  • 2,310 posts
Click to view battle stats

Posted 30 July 2008 - 04:31 PM

QUOTE (rania @ Jul 30 2008, 10:28 AM) <{POST_SNAPBACK}>
Maaf bikin binun hehehe..

Maksudku adalah aku lagi cari lab yang bisa kasih titer
1+ 2+ 3+ atau 4+ buat si jamur itu. Kenapa harus ada
titernya, karena ini permintaan dokter. Dokter tsb cuma
tau lab yg di Bandung ama di luar negeri, lab lain
beliau gak tau. Karena lab yg di Bandung itu mahal,
aku mau cari lab lain yang (kalau bisa) lebih murah
dan dekat (aku di Jakarta). Ada sarankah?
Makasih sebelumnya.

coba ke lab pramita atau prodia...
Kl di jkt ada kaga ya?

QUOTE (raphontua @ Jul 30 2008, 01:37 PM) <{POST_SNAPBACK}>
SAYA MAU TANYA JAMU APA SICH UNTUK MENGOBATI JERAWAT N NGA ADA EFEK SAMPING

oi yg sopan dong... Waiting.gif
1.matikan kapslock
2.baca judul br nanya... axehead.png

#28 b3njo

    BlueFame Hotter

  • Members
  • PipPipPipPip
  • 310 posts
Click to view battle stats

Posted 19 August 2008 - 04:47 PM

Sep lahhh Praying.gif

#29 MataSiwa

    BlueFame Typer

  • Members
  • PipPipPipPipPip
  • 1,015 posts
Click to view battle stats

Posted 21 December 2008 - 07:51 AM

maaf bro kl ane mo nanya di luar topik (tp tetap dlm lajur lab kok)
Ane berprofesi sbg analis jg..

Minta tolong bro.. bs ndak ente nyariin (kasih link/file dll) protab lab tentang penanganan/perlakuan terhadap sample darah sebelum pemeriksaan, terutama bila waktu pemeriksaannya ditunda (tdk segera dilakukan).
ane minta per parameter pemeriksaan (untuk hematologi, kimia klinik,bakteriologi, serologi,imunologi )

kl bs,ditulis sumbernya dr mana bro..
thx bro...dah ngerepotin..

#30 midow

    Anak Ingusan

  • Members
  • Pip
  • 17 posts
Click to view battle stats

Posted 31 January 2009 - 01:33 AM

QUOTE (MataSiwa @ Dec 21 2008, 07:51 AM) <{POST_SNAPBACK}>
maaf bro kl ane mo nanya di luar topik (tp tetap dlm lajur lab kok)
Ane berprofesi sbg analis jg..

Minta tolong bro.. bs ndak ente nyariin (kasih link/file dll) protab lab tentang penanganan/perlakuan terhadap sample darah sebelum pemeriksaan, terutama bila waktu pemeriksaannya ditunda (tdk segera dilakukan).
ane minta per parameter pemeriksaan (untuk hematologi, kimia klinik,bakteriologi, serologi,imunologi )

kl bs,ditulis sumbernya dr mana bro..
thx bro...dah ngerepotin..


biasanya klo lab gitu, sangat ketat jaga protabnya..
secara umum ya, untuk pemeriksaan yang memerlukan serum.. dipisahkan dulu serumnya, masalah penyimpanan, tergantung stabilitas yg dimiliki serum terhadao pemeriksaan tersebut, misal untuk HBsAg, serum bisa disimpan dalam keadaan beku <20C selama 1 minggu.
Jadi tidak sama jenis perlakuannya, tergantung pemeriksaan apa yg akan dilakukan.

Terkecuali untuk hematologi, darah (biasanya dengan antikoagulan) hanya layak untuk pemeriksaan dalam jarak waktu maksimal 2 jam, itupun darah harus terus dalam keadaan tidak ada bekuan (gumpalan) dgn cara dirotator terus selama menunggu pemeriksaan.

Semoga bisa membantu.. maap2 klo salah ya.

#31 MataSiwa

    BlueFame Typer

  • Members
  • PipPipPipPipPip
  • 1,015 posts
Click to view battle stats

Posted 06 February 2009 - 06:31 PM

maksud ane, protap yg umum tapi resmi (seperti di: buku dsb bro..).

kalo protap yg dimiliki lab yg sudah terakreditasi sih, pasti dijaga ketat tuh...

ane minta referensi buku ato apalah yg bisa digunain sebagai bahan acuan.

Kl yg ente ceritain, ane dah paham... Thx...

#32 Hiawata Koga

    -UnderGround-

  • Elite Member
  • 2,310 posts
Click to view battle stats

Posted 12 February 2009 - 02:43 PM

Pake penuntun praktikum laboratorium klinik by Gandasoebrata... BigGrin.gif

#33 MataSiwa

    BlueFame Typer

  • Members
  • PipPipPipPipPip
  • 1,015 posts
Click to view battle stats

Posted 02 March 2009 - 03:05 PM

QUOTE (Koga Manjidani @ Feb 12 2009, 02:43 PM) <{POST_SNAPBACK}>
Pake penuntun praktikum laboratorium klinik by Gandasoebrata... BigGrin.gif


kalo referensi buku yg laen pny ndak bos..?


#34 Hiawata Koga

    -UnderGround-

  • Elite Member
  • 2,310 posts
Click to view battle stats

Posted 14 March 2009 - 06:55 AM

gua mah itu yg paling yahud kalo buat praktek manual khusus kimia sama hema bro...
jaman sekarang kan alat dah pada canggih,biasanya kalo alat canggih kita kan liat di manual handbooknya...

#35 mambasan

    Youth BlueFame

  • Members
  • PipPipPip
  • 104 posts
Click to view battle stats

Posted 02 August 2009 - 06:18 PM

bos tadi pagi ada yang aneh.
bangun tidur gw sakit pinggang, trus pas gw kencing air kencingnya normal (kuning seperti biasa). terus gw tidur lagi deh...
Selang beberapa jam (2 jam-an) gw bangun lagi mau BAB. pas gw di WC gw kaget liat air kencing berubah warna jadi coklat susu ( kaya air kencing campur darah).... KAGET..... terus pergi ke dokter..

berhubung dokter specialis urologi lagi ga ada... gw inisiatif periksa urin ke laboratorium...
ini hasilnya :

warna : kuning kemerahan, keruh
glukosa : negatif
protein : 1+
ph : 5.0
berat jenis : 1.025
bilirubin : negatif
Urobilinogen : 2+
Eritrosit, Leukosit, epitel : Seluruh lapangan pandang ditutupi sel2 eritrosit.


gw mohon pencerahannya brow.... perasaan gw ga salah makan, ato berhubungan sex (bebas), tapi emang td pagi sakit pinggang. tapi sekarang udah engga lagi....

thanks ya....

mambasan2@gmail.com

#36 Hiawata Koga

    -UnderGround-

  • Elite Member
  • 2,310 posts
Click to view battle stats

Posted 04 August 2009 - 02:11 PM

^ kayanya si suspek batu ginjal/batu saluran kemih bro...
Ente yakin ga 'jajan' sembarangan kan..?

#37 2face

    BlueFame ABG

  • Members
  • PipPip
  • 37 posts
Click to view battle stats

Posted 04 August 2009 - 03:51 PM

thx infonya gw mo tanya klo polisitemia tuh apa
trus cek lab nya hasilnya ap? di tunggu hslnya


#38 Hiawata Koga

    -UnderGround-

  • Elite Member
  • 2,310 posts
Click to view battle stats

Posted 31 August 2009 - 02:32 PM

ni harusnya tanya dokter nih...
sekilas aja yah..

Polisitemia
Definition :
Polisitemia adalah suatu keadaan dimana terjadi peningkatan jumlah sel darah merah akibat pembentukan sel darah merah yang berlebihan oleh sumsum tulang.


Cause :
Resiko terjadinya polisitemia ditemukan pada bayi yang:
- Postmaturitas
- Ibunya menderita tekanan darah tinggi (hipertensi) - Ibunya merokok
- Ibunya menderita diabetes
- Tinggal di daerah pegunungan
- Terlalu banyak menerima darah dari plasenta sebelum tali pusar dijepit pada proses persalinan.


Sign & Symptoms :
Polisitemia menyebabkan darah menjadi kental dan menyebabkan berkurangnya kecepatan aliran darah ketika darah melalui pembuluh yang kecil. Jika penyakitnya berat, bisa menyebabkan pembentukan bekuan darah di dalam pembuluh darah. Kulit bayi tampak kemerahan atau kebiruan. Bayi tampak lemas, pernafasannya cepat, refleks menghisapnya lemah dan denyut jantungnya cepat.


Diagnose :
Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala, hasil pemeriksaan fisik dan hasil hitung jenis darah. selain itu pemeriksaan laboratorium yang dilakukan mencakup pemeriksaan eritrosit, leukosit, platelet, hemoglobin, hematokrit, asam uric, sumsum tulang, zat besi dan bentuk sel darah merah.hasil bervariasi tergantung tipe polisitemia tersebut

Treatment :
Membuang darah bisa membantu mengurangi kelebihan sel darah merah,tetapi juga menyebabkan berkurangnya volume darah dan memperburuk gejala polisitemia. Karena itu dilakukan transfusi ganti parsial untuk membuang sebagian darah bayi dan menggantinya dengan plasma dalam jumlah yang sama.

semoga membantu,
-koga-




#39 Tupaii

    Mungkin Tukang Spam

  • Members
  • 3 posts
Click to view battle stats

Posted 04 October 2009 - 11:13 PM

Bro, mo nanya nih... saya di vonis kena ISK sama dokter. tapi kok di urine setelah di tes nggak ada bakteri ya? masuk akal gak bro? atau dokternya salah diagnosa?

Thanks

#40 Hiawata Koga

    -UnderGround-

  • Elite Member
  • 2,310 posts
Click to view battle stats

Posted 22 October 2009 - 04:33 PM

^ kalo gt hsl cek labnya dibw ke dokter dan minta diagnosa ulang...
Ente pas cek lab ga abis minum antibiotik kan?





BlueFame.Com A Blue Alternative Community for Peace, Love, Friendship, and Cyber Solidarity © 2006 - 2011
All Rights Reserved Unless Otherwise Specified

BlueFame Part Division
BlueFameStyle | BlueFame Upload | BlueFame Radio | BlueFameMail | Advertise here!

BlueFame DMCA Policy